Anto Tunggal

Ilmu Komputer dan Desain Grafis

February 17, 2017

4 Penyebab Keyboard Laptop Cepat Rusak

Keyboard merupakan perangkat keras yang memiliki fungsi sangat penting. Karena tanpa keyboard, kemungkinan besar tidak akan bisa menuliskan suatu pesan berupa tulisan, karena umumnya sebuah laptop atau komputer memerlukan keyboard sebagai perangkat dan alat tulisnya.

Yang akan saya bahas pada kesempatan kali ini adalah penyebab-penyebab kerusakan keyboard laptop. Jika sebuah perangkat keras seperti keyboard itu rusak, maka itu wajar saja karena setiap perangkat pasti sudah memiliki usia sendiri-sendiri. Namun, ada saja faktor-faktor lain yang juga dapat memperpendek umur sebuah perangkat.

Pada umumnya, kerusakan keyboard yang cepat disebabkan oleh kurangnya perawatan pengguna. Selain itu, mungkin juga karena terjadi kecelakaan dan menyebabkan laptop jatuh atau terbentur, ini juga salah satu penyebabnya.

Jadi, mungkin penyebab kerusakan yang dialami oleh setiap orang itu berbeda-beda, namun dibawah ini akan saya berikan hal-hal yang sering menjadi penyebab keyboard laptop cepat rusak.

Penyebab Keyboard Laptop Cepat Rusak

1. Ada debu masuk keyboard
Kebersihan pangkal kesehatan, ini sangat benar. Ketika disekitar keyboard yang Anda gunakan terdapat debu, kemungkinan besar sudah masuk ke bawah tombol. Ini akan sangat mengganggu kinerja keyboard, karena ketika ditekan keyboard akan terasa berat.

Hal ini umum terjadi. Mungkin karena laptop digunakan diluar ruangan sehingga debu-debu yang ada dapat masuk dengan mudah.
Jika terlalu lama dibiarkan, maka debu-debu yang ada akan semakin mengeras dan keyboard akan semakin sulit untuk ditekan. Jadi, kinerja keyboard akan semakin tidak baik dan lama kelamaan akan rusak.

Tips, ketika keyboard kotor itu wajar. Namun ketika hal ini terjadi, maka yang pertama harus Anda lakukan adalah membersihkan bagian luar keyboard yang kotor. Setelah itu baru bagian-bagian dalam keyboard dengan menggunakan kuas. Lebih baik lagi jika ada penyedot debu mini, ini akan sangat membantu dalam membersihkan bagian keyboard yang sulit dijangkau.

2. Terkena cairan
Penyebab keyboard cepat rusak yang selanjutnya adalah karena terkena cairan. Cairan yang dimaksud disini bermacam-macam ya, mungkin air minum, air hujan, dan yang lainnya.
Karena ketumpahan air, komponen-komponen keyboard mungkin tidak akan bisa digunakan. Pada awalnya sih masih bisa, tapi setelah beberapa saat pasti akan tidak bisa digunakan karena cairan yang tumpah akan terus masuk ke dalam keyboard.

Solusinya adalah dengan membersihkan dan mengeringkan cairan. Caranya adalah dengan mencopot bagian tombol yang tidak bisa ditekan, kemudian keringkan. Untuk alat pengeringnya silahkan bebas mau menggunakan apa saja, kalau ada sih alat pengering rambut atau yang lainnya.

3. Digunakan untuk main game
Nah kalau ini sih sering banget saya temui. Kebanyakan orang masih main game menggunakan keyboard bawaan laptop. Sebenarnya tidak masalah, karena biasanya sebuah laptop gaming memiliki keyboard yang sudah didesain sedemikian rupa.

Tapi walaupun begitu, keyboard laptop gaming juga tetap memiliki kekurangan dalam faktor usia. Yang paling utama disebabkan karena seringnya memencet tombol dengan keras. Ciri khas gamer adalah menggunakan keyboard dengan menekannya secara keras.

Tips, silahkan kalau Anda main game menggunakan laptop. Alangkah baiknya menggunakan keyboard external saja. Walaupun keyboard laptop gaming sudah keren, tapi lebih baik gunakan yang external dan khusus untuk game. Ini akan membuat keyboard asli laptop Anda lebih awet dan tahan lama.

4. Laptop terjatuh
Kalau laptop terjatuh, yang terkena dampaknya adalah hampir semua hardware. Karena ketika laptop jatuh, akan terjadi benturan dengan benda tempat dimana laptop itu jatuh, semisal lantai. Dengan benturan ini, maka hardware layaknya dipukul. Jadi kemungkinan besar akan terjadi kerusakan.
Untuk keyboard sendiri juga bisa saja rusak. Karena benturan yang terjadi tidak hanya pada bagian luar saja, yang dalam pasti juga akan terasa. Jadi, ketika laptop jatuh hampir semua komponen hardware akan terkena dampaknya.

Solusinya adalah, berhati-hatilah ketika membawa laptop Anda keluar. Saya sarankan gunakan tas yang ada pelindung busanya. Karena ini akan menjadi penolong pertama ketika laptop Anda terjatuh.

Semua penyebab-penyebab diatas merupakan hasil pengamatan yang sering saya lakukan. Dan dari keempat penyebab diatas, yang nomor satu yang sering terjadi. Mungkin karena terlalu sibuknya, sehingga tidak sempat membersihkan keyboard.

Jadi, silahkan Anda rawat baik-baik kondisi hardware laptop Anda, salah satunya keyboard. Karena jika salah satu hardware ada yang rusak, maka kinerja sebuah laptop akan berkurang dan bahkan terganggu.

Mungkin hanya ini saja yang adapat saya sampaikan, semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan Anda. Dan semoga bisa menjadi sedikit gambaran mengenai apa saja yang menyebabkan keyboard laptop cepat rusak.
Terima kasih.
Rekomendasi Untuk Anda × +
0 Komentar untuk "4 Penyebab Keyboard Laptop Cepat Rusak"

Silahkan berkomentar

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top