Anto Tunggal

Ilmu Komputer dan Desain Grafis

February 08, 2017

Pengertian dan Fungsi Microsoft PowerPoint

Pengertian Microsoft PowerPoint adalah sebuah program aplikasi Microsoft Office yang digunakan untuk membuat dan melakukan presentasi dengan menampilkan sebuah slide.

Pengertian PowerPoint menurut para ahli, salah satunya diungkapkan oleh Susilana adalah sebuah program aplikasi presentasi di dalam komputer. Dengan bantuan PowerPoint, bentuk presentasi profesional bisa dibuat bahkan bisa dimasukkan ke dalam server web untuk bahan pembelajaran.
Pengertian dan Fungsi Microsoft PowerPoint

Mungkin sudah tidak asing lagi dengan program presentasi ini. Ya memang, PowerPoint memang sangat berkaitan erat dengan presentasi. Karena seperti yang dijelaskan diatas, presentasi dapat dibuat lebih profesional dengan PowerPoint.

Sekarang ini, sangat banyak dan hampir semua perusahaan menggunakan PowerPoint sebagai andalan presentasi. Karena dengan kegunaannya yang sangat membantu ini, sehingga banyak perusahaan yang memanfaatkan software PowerPoint sebagai salah satu alat untuk presentasi.

Bukan hanya itu, sekolah-sekolah juga sudah banyak yang menggunakan PowerPoint. Karena PowerPoint merupakan sarana media pembelajaran yang efektif. Kenapa? Karena sudah pasti, tidak memerlukan buku tambahan untuk melakukan pembelajaran. Karena biasanya sudah disediakan modul dalam bentuk format PowerPoint (.ppt) yang nantinya akan ditampilkan melalui proyektor.

Yang saya ketahui, Microsoft PowerPoint ini mulai banyak digunakan dari versi Microsoft PowerPoint 2007, PowerPoint 2010, PowerPoint 2013, dan yang terbaru adalah PowerPoint 2016.
Pengertian dan Fungsi Microsoft PowerPoint

Fungsi Microsoft PowerPoint

Lalu apa saja fungsi atau kegunaan dari Ms PowerPoint? Berikut beberapa diantaranya:
  1. Membuat presentasi dalam bentuk slide.
  2. Membuat presentasi menjadi lebih menarik dan profesional.
  3. Dapat menambahkan audio, animasi, dan video di dalam presentasi sehingga dapat menunjang kualitas presentasi.
  4. Menyimpan file dalam format .ppt sehingga dapat diakses melalui perangkat komputer yang lain.

Pada intinya, fungsi dari Microsoft PowerPoint adalah untuk membuat presentasi. Banyak sekali presentasi-presentasi yang bisa dibuat dengan PowerPoint. Hampir semua  materi bisa dibuat menjadi sebuah slide dengan PowerPoint, misalnya: Presentasi Akuntansi, Presentasi Materi Agama, dan yang lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan PowerPoint

Hampir semua program aplikasi pasti memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda. Dan berikut adalah kelebihan serta kekurangan aplikasi PowerPoint.

Kelebihan:
  1. Membantu presentasi.
  2. Mudah dioperasikan.
  3. Tersedia berbagai macam slide dan animasi.
  4. Dapat menambahkan suara, gambar, dan video di dalam presentasi.
  5. Tersedia berbagai template presentasi yang menarik.
  6. Dapat membuat presentasi lebih keren dan menarik.


Kekurangan:
  1. Harganya Mahal.

Menurut saya pribadi, kekurangan dari Microsoft PowerPoint hanya satu saja, yaitu harganya mahal. Jika Anda lihat harga Microsoft Office (asli), pasti akan terasa sangat mahal.

Namun sekarang ini, sudah banyak alternatif lain sehingga walaupun tidak membeli PowerPoint tetap bisa menggunakan dan menikmati fitur-fitur presentasi yang keren.

Sudah banyak tersedia di website tertentu, Microsoft Office PowerPoint versi pak tani, yaitu dengan lisensi yang bajakan dan sudah tersedia pula cara aktivasinya. Namun ini sangat tidak saya sarankan, karena sama saja dengan tidak menghargai pembuat software tersebut.

PowerPoint Sebagai Media Pembelajaran

Semakin canggihnya teknologi sekarang ini, membuat semua hal banyak yang berkaitan dengan komputer, termasuk dalam dunia pendidikan.

Penyampaian materi juga sudah semakin canggih, dengan adanya Microsoft PowerPoint sangat membantu dalam proses belajar mengajar. Keuntungan didapatkan oleh guru dan siswa, guru tidak perlu lagi memberitahukan halaman berapa materi yang akan dibahas, dan siswa juga dapat dengan mudah memperhatikan materi yang ditampilkan dengan proyektor.

Dengan demikian, kita sebagai pelajar juga harus mempelajari dan mau belajar mengenai PowerPoint. Sebagai langkah awal, kita harus terlebih dahulu mengetahui pengertian dari PowerPoint.

Karena belajar PowerPoint sangat diperlukan mengingat suatu saat kita juga akan melakukan presentasi, entah itu presentasi produk ataupun presentasi yang lainnya. Yang pasti kita harus mempersiapkannya mulai sekarang dengan cara belajar bagaimana cara menggunakan PowerPoint.

Untuk kedepannya, saya akan memberikan tutorial cara menggunakan Microsoft PowerPoint. Jadi, silahkan simak blog ini terus ya.

Mungkin hanya ini saja yang dapat saya sampaikan mengenai pengertian dan fungsi dari Microsoft PowerPoint. Semoga dapat menambah wawasan kita semua, dan semoga juga artikel ini bisa bermanfaat.
Terima kasih.
Rekomendasi Untuk Anda × +
0 Komentar untuk "Pengertian dan Fungsi Microsoft PowerPoint"

Silahkan berkomentar

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top