February 09, 2017

Pengertian, Fungsi, dan Sejarah Microsoft Word

Pengertian Microsoft Word adalah sebuah program aplikasi keluarga Microsoft Office yang memiliki fungsi sebagai pengolah kata.

Sedangkan menurut Wikipedia, Microsoft Word atau Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata atau word processor yang menjadi andalan Microsoft.

Mungkin kita semua sudah tidak asing lagi ya dengan Microsoft Word ini. Karena saya yakin, dari mulai SMP sudah diperkenalkan dan diajarkan materi mengenai Ms Office Word, mulai dari cara membuka program Word, cara menggunakan Word, dan cara menjalankan Microsoft Office Word.

Dengan diajarkannya Microsoft Office di sekolah, maka ini akan menjadi keuntungan tersendiri. Karena mengetahui ilmu Office ini akan berguna sampai kapan pun. Karena di zaman modern ini, sudah banyak pekerjaan yang memerlukan software pengolah kata seperti Office Word, bahkan hampir semua pekerjaan kantoran menggunakan MS Office Word ini.

Versi Microsoft Word paling awal saya ketahui adalah Ms Word 2007, kemudian 2010, 2013, dan terakhir ini adalah 2016. Namun, versi paling stabil menurut saya adalah Ms Word 2007 dan Ms Word 2013.
Pengertian dan Fungsi Microsoft Word

Pengertian dan Fungsi Microsoft Word

Fungsi Microsoft Word

Berbagai macam kegunaan dapat ditemukan di Microsoft Word. Fungsi paling utama dari Microsoft Word adalah sebagai software pengolah kata, maksudnya adalah Ms Word dapat digunakan untuk membantu pembuatan sebuah karya tulis.

Microsoft Word biasa digunakan untuk pembuatan sebuah makalah, laporan, ataupun karya tulis yang lain. Ms Word dipilih karena memiliki keunggulan dibandingkan perangkat lunak pengolah kata lainnya.

Apa sih sekarang ini yang tidak memerlukan Microsoft Word? Hampir semua tugas dari sekolah ataupun kantoran memerlukan software ini. Dalam pembuatan laporan-laporan biasanya selalu menggunakan Ms Word ini.

Dengan adanya Microsoft Word ini, proses pengerjaan sebuah pekerjaan akan sangat terbantu. Karena tool-tool yang ada sangat lengkap dan mempermudah.

Kelebihan Microsoft Word
  1. Mempermudah pekerjaan.
  2. Auto Correct kalimat.
  3. Auto Formating.
  4. HTML Editor.
  5. Mendukung berbagai extensi.

Kekurangan Microsoft Word
  1. Harganya Mahal.

Sejarah Microsoft Word

Tahun 1990-1995
Versi pertama Microsoft Word rilis pada tahun 1989 dengan harga 500 (lima ratus) Dolar Amerika Serikat. Harga tersebut termasuk sangat mahal pada waktu itu. Pada tahun selanjutnya, Microsoft Windows 3.0 dirilis. Dengan rilisnya Ms Windows 3.0 ini, penjualan di pasaran akhirnya naik drastis.

Microsoft Word 2003 dan 2007
Pada awalnya, Microsoft Word mempunyai nama Multi-Tool Word. Namun setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System, namanya menjadi Microsoft Word. Dan khusus untuk versi 2003, namanya hanya Word saja.

Microsoft Word 2010
Seperti namanya, Microsoft Word 2010 dirilis oleh Microsoft pada tahun 2010. Versi ini merupakan versi yang dikeluarkan untuk Sistem Operasi Windows. Dan Sistem Operasi yang mendukung Ms Word 2010 ini adalah Windows XP SP3, Windows Vista SP2, Windows 7, Windows 8, dan Windows 10.

Yang baru pada Ms Word 2010:
  1. Lebih ringan dengan hilangnya fitur yang tidak diperlukan.
  2. Grafis 3D yang lebih baik tentunya.
  3. Mendukung format .odf (Open Document Format)
  4. Penyuntingan gambar lebih kompleks.
  5. Penyimpanan .xps dan .pdf lebih mudah.
  6. Penyimpanan cloud.
  7. Mendukung OS 32bit dan 64bit.

Microsoft Word 2013
Microsoft Word 2013 dirilis oleh Microsoft pada tahun 2013. Versi ini merupakan versi baru yang stabil selain Word 2007. Sistem Operasi yang mendukung versi ini adalah Windows 7, Windows 8, dan Windows 10.

Yang baru pada Ms Word 2013:
  1. Interface Metro seperti Windows 8.
  2. Penggeseran gambar lebih baik.
  3. Dukungan pdf editor.
  4. Penyimpanan cloud.
  5. Mendukung OS 32bit dan 64bit.

Pada intinya, pengertian dari Microsoft Word adalah sebuah perangkat lunak Microsoft yang berfungsi sebagai pengolah kata. Dan dengan aplikasi ini, hampir semua pekerjaan yang berhubungan dengan kata akan dipermudah oleh Ms Word.

Mungkin hanya ini saja artikel mengenai pengertian, fungsi, dan sejarah Microsoft Word. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua,
Terima kasih.

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon