February 22, 2017

Penyebab dan Cara Mengatasi Blue Screen Windows

Penyakit yang sering muncul di sistem operasi Windows adalah blue screen, entah itu laptop atau komputer sama saja. Selama saya menggunakan Windows (dulu), sudah beberapa kali mengalami masalah blue screen ini, dan penyebabnya juga bermacam-macam.

Windows merupakan sistem operasi laptop dan komputer yang saat ini paling banyak disukai karena kemudahannya. Windows ditemukan oleh Bill Gates. Meskipun harga Windows mahal, tapi sangat banyak yang memakainya. Entah itu lisensi hasil membeli atau hasil mencari di internet. Yang pasti, Windows sangat banyak penggunanya.

Blue screen atau Layar Biru adalah keadaan dimana ketika layar monitor sistem operasi Windows berwarna biru dengan tulisan putih. Dan dari tulisan-tulisan tersebut mengandung makna, biasanya penyebab kenapa kok blue screen. Blue screen sering terjadi secara tiba-tiba, mungkin ketika Anda bermain game tiba-tiba blue screen atau aktivitas yang lainnya.

Blue Screen sering juga disebut dengan istilah Blue Screen of Death atau Layar Biru Kematian yaitu keadaan dimana terjadi ketika terdapat sistem yang error. Anda hanya akan menemukan blue screen di sistem operasi Windows.

Pada sistem operasi yang lain seperti Linux, Ubuntu, Linux Mint, pokoknya yang berbasis Linux, Anda tidak akan menemukan blue screen, karena yang saya tahu blue screen hanya terjadi pada sistem operasi yang berbasis Windows. Dan ketika saya memakain Linux (sekarang), memang sama sekali belum pernah mengalami blue screen.

Penyebab dan Cara Mengatasi Blue Screen Windows

Lalu apa saja penyebab-penyebab Windows tiba-tiba blue screen. Oke, silahkan simak beberapa penyebab serta cara mengatasinya.

1. Komputer atau Laptop Panas
Ketika Anda menjalankan komputer atau laptop Anda terlalu lama atau menggunakannya untuk bermain game, mungkin yang Anda rasakan pertama kali adalah panas pada bagian laptop, atau pada CPU komputer. Hal ini pasti sering dirasakan oleh para gamers. Pesan blue screen yang ditampilkan adalah sebagai berikut.

MACHINE_CHECK_EXCEPTION

Setiap perangkat komputer dan laptop pasti akan panas jika digunakan secara terus menerus tanpa berhenti. Dan dalam hal ini, perangkat bisa saja akan menjadi lemot pada awalnya. Dan lama kelamaan bisa saja terjadi blue screen.

Lebih parahnya jika komputer dan laptop terlalu panas, bisa-bisa ada bagian yang hangus terbakar. Hal ini dikarenakan suhu pada komponen semakin tinggi dan lama kelamaan bisa terjadi over-heat.

Cara mengatasi:
Silahkan gunakan kipas atau cooling pad untuk mendinginkan processor Anda. Dengan kipas tambahan ini, akan mengurangi kenaikan suhu. Jadi perangkat Anda lebih kecil terkena masalah blue screen.

2. Kesalahan File Sistem Windows
Permasalahan yang menjadi penyebab blue screen adalah kesalahan hardisk dan memori RAM penuh. File system yang digunakan Windows adalah FAT, FAT32, dan NTFS. Dan pesan yang muncul pada blue screen karena kesalahan file system adalah sebagai berikut.

Stop Error 0x00000024

Ketika Anda mengalami blue screen karena file system, ingatlah apa yang tadi Anda lakukan dengan Windows Anda. Ketika Anda menjalankan program banyak sekaligus (multitasking), mungkin penyebabnya karena RAM penuh. Namun bisa juga karena masalah fisik. Mungkin kabel hardisk rusak atau permasalahan lainnya yang berhubungan dengan memori.

Cara mengatasi:
  1. Coba lepas RAM dan bersihkan dengan penghapus karet, setelah itu pasang kembali dan coba hidupkan komputer atau laptop Anda. Coba jalankan juga Memory Diagnostic Tool, untuk tutorialnya bisa Anda cari di Google.
  2. Periksa kedua ujung kabel Hardisk. Pastikan kondisi fisiknya masih bagus dan bisa digunakan. Kalau sudah dirasa perlu diganti, maka silahkan ganti dengan yang baru. Dan jangan lupa pasang dengan benar.
  3. Lakukan check disk melalui tool bawaan Windows. Biasanya dengan melakukan cara ini, masalah blue screen dengan kode 0x00000024 sudah bisa teratasi.

Nah, ketika dengan cara-cara di atas masalah blue screen belum bisa teratasi. Mungkin memang sudah saatnya untuk mengganti hardisk atau RAM dengan yang baru.

3. Kerusakan Memory VGA
Memory VGA yang rusak akan menyebabkan output yang keluar di monitor tidak berjalan dengan semestinya. Dan bahkan bisa menyebabkan blue screen juga. Kode yang muncul adalah sebagai berikut.

PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA

Hal ini sering terjadi ketika Anda sedang memainkan sebuah game HD dengan spesifikasi minimal yang cukup besar, misalnya memerlukan memory VGA 2GB, sedangkan memory VGA Anda masih di bawah spesifikasi minimal tersebut, nah yang terjadi adalah VGA Anda tidak kuat menjalankan grafis dari game tersebut.

Hal ini juga merupakan pemaksaan terhadap VGA. Karena VGA disuruh untuk menjalankan grafis melebihi kapasitasnya sendiri.

Cara mengatasi:
Untuk cara mengatasinya cukup mudah saja. Silahkan Anda upgrade terlebih dahulu memory VGA Anda, kalau sudah silahkan main game HD lagi. Yang jelas, jangan memainkan game yang memerlukan VGA di atas kapasitas memory VGA laptop atau komputer Anda.

4. Kerusakan RAM (Random Access Memory)
RAM merupakan tempat penyimpanan data sementara. Maksudnya begini, ketika Anda menjalankan sebuah program maka data program tersebut akan disimpan di RAM selama program tersebut berjalan. Kerusakan pada RAM ditandai dengan pesan berikut ini.

PEN_LIST_CORRUPT

Kerusakan RAM memang sering terjadi. Entah karena kondisi RAM kotor atau memang sudah harus ganti dengan yang baru.

Cara mengatasi:
Untuk cara mengatasinya, silahkan Anda coba lepas RAM dari slot. Kemudian bersihkan dengan menggunakan penghapus karet. Usahakan jangan keras-keras, dan pastikan juga sudah benar-benar bersih. Kemudian pasang kembali dan coba hidupkan laptop atau komputer Anda. Ketika masih blue screen, silahkan coba pasang RAM yang lain.

5. Driver Rusak (Bentrok)
Driver merupakan komponen software yang mengizinkan sistem komputer untuk dapat berkomunikasi dengan hardware (perangkat keras). Dan masalah ini sering sekali muncul di Windows dan menyebabkan blue screen. Pesan blue screen yang ditampilkan adalah sebagai berikut.

VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE

Blue screen dapat disebabkan oleh driver yang bentrok. Maksudnya begini, ketika Anda mengupgrade hardware Anda pasti akan disuruh menginstall driver guna mengenali hardware baru tersebut. Nah, ketika Anda hendak menginstall driver, Anda tidak tahu kalau ternyata masih ada driver lama. Dan dari itulah driver baru dan driver lama akan bentrok atau tabrakan sehingga bisa mengakibatkan blue screen.

Atau bisa juga karena driver yang terinstall tidak cocok dengar hardware Anda. Jadi, hardware Anda tidak dikenali sepenuhnya oleh sistem operasi. Sehingga, ketika hardware yang diperlukan atau diberikan perintah tidak merespon, ini akan mengakibatkan blue screen.

Cara mengatasi:
Silahkan sebelum menginstall driver untuk hardware baru, terlebih dahulu periksa driver lama. Jika terdapat driver lama, lakukan uninstall kemudian install driver yang baru. Ini juga penting, carilah driver yang cocok dengan hardware yang Anda gunakan. Anda bisa menanyakan terlebih dahulu di forum terkait mengenai hal ini.

Mungkin hanya ini saja yang dapat saya sampaikan. Semoga artikel mengenai penyebab dan cara mengatasi blue screen ini bisa menambah wawasan serta bisa untuk mengatasi masalah blue screen Anda.
Terima kasih.

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon