Anto Tunggal

Ilmu Komputer dan Desain Grafis

February 13, 2017

Tips Merawat Baterai Laptop Agar Awet dan Tidak Cepat Bocor

Baterai menjadi daya bagi laptop agar bisa hidup. Karena tanpa baterai laptop tidak akan bisa hidup, kecuali diberikan daya listrik melalui charge. Untuk itu, sangat penting memperhatikan keadaan baterai laptop dan menghindari hal-hal yang bisa merusak komponen tersebut.

Ketika masih baru, mungkin baterai akan awet-awet saja. Namun setelah beberapa lama pemakaian, maka daya baterai akan lebih cepat berkurang daripada sebelumnya. Ini bisa saja karena baterai sudah drop atau bocor. Keadaan ini disebabkan oleh banyak faktor.

Mungkin semua pemilik laptop menginginkan daya baterai yang dimiliki bisa awet ketika digunakan. Namun tidak jarang, mereka tidak mempedulikan kondisi baterai bahkan malah melakukan hal-hal yang dapat merusak baterai.

Baterai yang masih normal, biasanya dari daya 100% bisa bertahan mulai dari sekitar 4-6 jam. Itu pun tergantung dari pemakaian. Jika hanya digunakan untuk aktivitas biasa, mungkin masih kuat. Namun jika digunakan untuk pekerjaan berat, multitasking, ataupun bermain game, mungkin hanya kuat sekitar 2-3 jam saja.

Dan biasanya, baterai laptop memiliki masa pakai sekitar 2 sampai 4 tahun. Namun, ada juga yang belum sampai batas waktu tersebut sudah rusak atau bocor. Nah, hal ini bisa dikarenakan oleh hal-hal yang dilakukan pengguna. Itu semua tergantung dari pemakaian dan juga cara perawatannya.

Untuk mengatasi dan mengantisipasi kejadian tersebut, silahkan simak beberapa tips berikut.

cara merawat baterai laptop agar awet dan tidak cepat bocor

Tips Merawat Baterai Laptop

1. Selalu Charge Sampai Penuh
Jika Anda merasa daya baterai laptop sudah akan habis. Segera lakukan pengisian daya untuk menghindari baterai kehabisan daya tanpa sisa sedikitpun. Karena hal ini akan membuat baterai menjadi kering dan biasanya akan susah masuk ketika di charge.

Dan biasakan, ketika mengisi daya usahakan sampai benar-benar penuh. Sebisa mungkin jangan mencabut charge jika  daya belum penuh, Karena jika terlalu sering melakukan hal ini, lama kelamaan baterai laptop Anda akan drop dan bocor.

2. Jangan Digunakan Main Game
Ketika main game, saya yakin Anda akan menghabiskan waktu yang lama. Dan saya yakin juga kalau daya baterai laptop Anda tidak akan kuat untuk menemani Anda bermain game. Jadi, jangan pernah digunakan untuk main game.

Selain daya akan cepat habis, main game juga akan membuat suhu baterai panas. Dan jika ini terus dilakukan maka tidak menutup kemungkinan baterai akan cepat rusak, drop dan bocor.

3. Jangan Dicharge Sambil Dimainkan
Mungkin ini sering dilakukan oleh hampir semua pemilik laptop. Dengan alasan banyak kerjaan, tugas nanggung, dan lainnya pasti ada saja waktu Anda memakai laptop Anda sambil dicas.

Hal ini sebaiknya dihindari. Karena jika Anda mengisi daya baterai sambil digunakan, yang ada hanya akan membuat baterai cepat rusak. Karena listrik akan terus mengisi daya baterai, sedangkan aktivitas yang Anda lakukan akan menguranginya.

4. Lepas Baterai Laptop
Yang saya maksud disini adalah, silahkan lepas baterai laptop Anda ketika hendak digunakan untuk aktivitas yang sekiranya membutuhkan waktu yang lama. Hal ini akan membuat baterai laptop Anda lebih awet.

Namun kekurangan dari melepas baterai laptop adalah, daya yang masuk akan langsung menuju ke hardware. Jadi bisa disimpulkan, dengan melepas batre dari laptop akan cepat merusak komponen-komponen laptop.

5. Gunakan Adaptor Original
Mungkin bagi sebagian orang, adaptor original tidak terlalu penting untuk melakukan pengisian. Padahal, ini sangat mempengaruhi umur baterai juga loh. Karena daya yang diberikan setiap adaptor berbeda-beda. Memang jika adaptornya memiliki daya yang besar, proses charge akan semakin cepat. Namun perhatikan juga masalah kesehatan baterai laptop Anda.

Jadi intinya, selalu perhatikan kondisi baterai laptop Anda. Jangan sampai hal-hal sepele yang Anda lakukan dapat merusak baterai dan bisa membut drop dan bocor. Pokoknya selalu hindari hal-hal yang sekiranya dapat membuat drop dan bocor baterai laptop Anda.

Mungkin hanya ini artikel mengenai tips merawat baterai laptop agar awet dan tidak cepat bocor. Semoga bisa menambah wawasan untuk Anda semua, dan semoga bisa bermanfaat,
Terima kasih.
Rekomendasi Untuk Anda × +
0 Komentar untuk "Tips Merawat Baterai Laptop Agar Awet dan Tidak Cepat Bocor"

Silahkan berkomentar

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top