March 10, 2017

5 Bahaya Mematikan Komputer atau Laptop Tanpa Shutdown

Tags
Mematikan komputer adalah hal yang harus dilakukan sesudah menggunakannya. Fungsinya apa? Ya, kalau tidak dimatikan mau dibuat apa komputernya, selain itu hemat daya listrik juga kan ya.

Banyak cara yang dilakukan untuk mematikan komputer ini, ada cara yang benar dan ada cara yang salah. Terkadang, masih ada saja orang yang tidak memikirkan hal ini. Mereka lebih memilih proses mematikan atau shutdown cepat akan tetapi menggunakan cara yang salah, daripada proses mematikan waktu normal dengan cara yang benar.

Produsen komputer sudah memberikan fungsi pada setiap komponen yang ada, dan fungsi dari setiap komponen itu pasti berbeda. Walaupun ada juga satu komponen yang memiliki beberapa fungsi seperti tombol power misalnya, tombol power bisa digunakan untuk menghidupkan dan juga bisa untuk mematikan.

Namun walaupun begitu, tombol power pada komputer atau laptop tidak disarankan digunakan untuk mematikan perangkat. Karena sebenarnya, dalam mematikan komputer sudah ada prosedurnya sendiri.

Mematikan komputer dengan tombol power memang lebih cepat dibandingkan dengan melakukan shutdown manual. Namun, dengan cepatnya komputer mati juga akan membuat beberapa komponen hardware rusak dengan cepat.

Loh kok bisa? Jadi begini, ketika komputer masih dalam keadaan hidup pasti masih banyak hardware yang berjalan. Nah, ketika Anda mematikan komputer dengan tombol power, itu artinya Anda melakukan atau memberhentikan paksa hardware yang sedang berjalan. Dan yang menyebabkan kerusakan adalah terhentinya hardware secara tiba-tiba.

Ketika Anda pernah menjumpai UPS di suatu perusahaan, itu dimaksudkan agar ketika terjadi pemadaman listrik, komputer di perusahaan tersebut masih dapat hidup. Dengan UPS itu, kita masih ada kesempatan untuk mematikan komputer. Salah satu maksud suatu perusahaan menggunakan UPS adalah karena mereka ingin komputer yang dipunyai bisa digunakan dan bertaham dalam waktu yang lama.

Mematikan komputer dengan tombol power dapat Anda lakukan kalau memang benar-benar dalam keadaan darurat saja. Misalnya komputer Anda hang, not respond, intinya Anda tidak bisa melakukan shotdown, maka Anda boleh mematikan komputer dengan tombol power, tapi ingat jangan lakukan ini secara terus menerus jika ingin hardware Anda awet.

Bahaya Mematikan Komputer atau Laptop Tanpa Shutdown

Oke, jika Anda masih sering melakukan cara salah ini, silahkan simak beberapa dampak negatif dari mematikan komputer tanpa shutdown ini.

1. Mengurangi Umur Komputer
Umur setiap komputer berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Ini disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu kualitas komputer dan cara penggunaan. Kualitas komputer ditentukan oleh pabrik yang membuat komputer tersebut, ketika kualitas yang diberikan dikomputer tersebut baik, maka kemungkinan besar umur komputer juga akan semakin lama.

Namun, kualitas yang diberikan oleh pabrik juga tidak senantiasa menjamin umur komputer akan lama. Namun semua itu juga tergantung dari cara penggunaan juga. Nah, cara penggunaan yang salah adalah, salah satunya mematikan komputer tanpa tombol shutdown.

Mematikan komputer tanpa shutdown bisa dilakukan dengan beberapa cara yaitu, pertama dengan menekan tombol power dan yang kedua dengan mencabut aliran listrik. Dan untuk laptop yaitu dengan menekan tombol power dan menutup laptop. Cara-cara tersebut adalah cara yang salah, namun masih sering dilakukan oleh banyak orang.

Kenapa mematikan komputer atau laptop tanpa shutdown bisa mengurangi umur komputer? Ya memang, karena hardware-hardware komputer akan lebih cepat rusak dengan cara mematikan daya yang salah ini.

Setiap hardware memiliki proses untuk berhenti, itu semua dilakukan ketika sedang shutdown. Nah, ketika Anda mematikan komputer tanpa shutdown maka hardware komputer Anda tidak memiliki waktu untuk berhenti dengan benar, dan hardware tersebut akan berhenti dengan tiba-tiba. Dan inilah yang membuat umur hardware semakin sedikit dan cepat rusak.

2. Data Registry Hilang
Ketika komputer atau laptop masih hidup dan beroperasi, maka ia akan melakukan registry ulang seperti komponen yang digunakan dan tersedia, serta meregistry ulang aplikasi yang sedang digunakan.

Ketika Anda mematikan komputer tanpa shutdown, maka registry dari komponen-komponen tersebut tidak akan disimpan. Dan dalam hal ini, sering mengakibatkan terjadinya beberapa masalah, misalnya aplikasi tidak berjalan dengan semestinya. Dan yang paling parah, ketika komputer Anda terjadi masalah tidak akan bisa mengembalikan data atau recovery berdasarkan waktu yang telah ditetapkan.

3. Processor Cepat Rusak
Processor merupakan otak atau pengendali komponen hardware yang lainnya. Dan ketika processor rusak, maka komputer tidak akan bisa berjalan. Salah satu penyebab kerusakan processor disebabkan karena komputer dimatikan tanpa shutdown.

Jadi, ketika komputer akan shutdown atau sedang shutdown, kipas pendingin akan bekerja dua kali lebih cepat daripada kondisi normal ketika komputer digunakan. Dan ketika Anda mematikan komputer tanpa shutdown, itu artinya kipas fan tidak akan bekerja secara maksimal untuk mendinginkan processor. Dan itulah yang menyebabkan processor seringkali cepat rusak.

4. RAM Cepat Rusak
RAM merupakan tempat dimana aplikasi disimpan secara sementara. Dan ketika aplikasi tersebut ditutup, maka proses didalam RAM akan hilang. Nah, ketika proses shutdown maka RAM akan dikosongkan yang artinya sudah tidak ada lagi program aplikasi yang berjalan.

Dan ketika Anda mematikan komputer tanpa shutdown, maka pengosongan RAM tidak akan berjalan. Yang ada adalah program belum terhenti dan proses masih ada didalam RAM, akan tetapi komputer sudah mati. Jika ini sering terjadi, maka kemungkinan besar RAM akan cepat rusak.

5. Kerusakan Hard Disk
Hard disk merupakan tempat penyimpanan data secara permanen. Hard disk menyimpan berbagai macam file, termasuk file sistem operasi dan file yang dimiliki oleh user.

Hard disk bekerja dengan cara berputar. Jadi perputaran hard disk lah yang merupakan cara hard disk membaca file-file yang ada. Hard disk berhenti juga membutuhkan proses, bukan langsung berhenti begitu saja.

Hal yang kurang diperhatikan pengguna komputer adalah sering mematikan komputer tanpa shutdown. Maka ini akan menbuat hard disk lebih cepat rusak. Kenapa? karena hard disk tidak sempat berhenti denga prosedur yang ditentukan. Dan ketika Anda mematikan komputer secara paksa, hard disk juga akan berhenti dengan tiba-tiba. Ini merupakan penyebab kerusakan hard disk yang lumayan membahayakan.

Itulah bahaya yang ditimbulkan ketika Anda mematikan komputer atau laptop tanpa shutdown. Memang hal ini terkesan sepele, namun akibatnya itu loh yang bisa fatal.

Mungkin ini sudah menjadi kebiasaan Anda dalam mematikan komputer. Walaupun dengan tombol power, menutup laptop, mencabut arus listrik bisa dengan cepat mematikan perangkat. Namun efek yang ditimbulkan akan banyak sekali, seperti 5 bahaya yang saya katakan diatas.

Jadi mulai sekarang, hentikan kesalahan dalam mematikan komputer dan laptop ini. Kalau masuh ngotot dan tidak percaya dengan bahaya ini, ya silahkan saja. Saya hanya memberikan informasi saja.

Semoga artikel mengenai bahaya mematikan komputer atau laptop tanpa shutdown ini bisa bermanfaat untuk Anda.
Terima kasih.

2 komentar

informasi yang sangat bermanfaat gan.... makasih yan gan!!!

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon