Anto Tunggal

Ilmu Komputer dan Desain Grafis

March 27, 2017

6 Tips Merawat Laptop dan Komputer Agar Awet

Komputer dan laptop sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia yang digunakan untuk memudahkan pekerjaan yang ada. Seperti pegawai kantor contohnya, mereka 90% menghabiskan waktu pekerjaan menggunakan komputer atau laptop. Karena memang sekarang, hampir semua perusahaan sudah menggunakan teknologi komputer ini.

Adapun pada sekolah-sekolah yang juga sudah hampir semuanya memiliki fasilitas komputer walaupun hanya beberapa unit saja. Yang pasti, keberadaan komputer untuk sekolah ini sangat membantu pembelajaran. Apalagi ditambah dengan materi pelajaran komputer yang juga sangat penting guna menunjang pengetahuan siswa tentang komputer dan cara pengoperasiannya.

Di samping itu, pebisnis-pebisnis online juga sangat memerlukan komputer. Banyak sekali pebisnis online yang pekerjaan utamanya hanya berada di depan komputer saja, namun penghasilannya sangat menggiurkan. Dan salah satu jaringan bisnis online yang sangat menguntungkan sekarang ini adalah program dari Google, yaitu Google AdSense. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Google AdSense, bisa cari informasi yang lebih banyak melalui search engine Google.

Kembali ke topik utama, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips-tips mengenai cara merawat laptop dan komputer agar awet dan tahan lama. Karena saya yakin, ini sangat penting untuk Anda para pengguna komputer dan laptop.

Tips Merawat Laptop dan Komputer Agar Awet

Artikel ini saya buat guna memberikan tips dan informasi sekaligus berbagi pengalaman mengenai cara merawat perangkat komputer. Dan ini merupakan langkah yang saya lakukan selama ini untuk merawat laptop pribadi saya. Dan alhamdulillah, sampai saat ini laptop saya belum pernah masuk service. Mungkin ya karena cara-cara yang saya lakukan.

Ok, mungkin bagi Anda yang membutuhkan tips ini bisa disimak 7 tips merawat laptop dan komputer agar tahan lama dibawah ini.

1. Simpan di Tempat Aman
Menyimpan perangkat komputer ini sangat penting untuk menjaga kondisi perangkat agar tetap aman. Karena sering terjadi, meletakkan komputer atau laptop di tempat yang tidak aman, jadi sering juga mengalami hal yang tidak diinginkan.

Untuk perangkat laptop, silahkan apabila tidak dipakai segera simpan di tempat yang menurut Anda paling aman. Arti aman disini adalah, aman dari pencuri serta aman dari hal-hal yang lain. Misalnya, jangan sampai laptop Anda ketumpahan minuman Anda, atau terkena air hujan karena genteng bocor. Jadi, silahkan simpan di dalam lemari atau di laci meja belajar Anda. Karena menurut saya, kedua tempat itu sangat aman.

Dan untuk perangkat komputer sendiri. Silahkan kalau bisa Anda buatkan tempat khusus. Karena ini akan membuat nyaman ketika Anda sedang menggunakan dan juga membuat aman perangkat komputer. Kalau kurang tahu seperti apa contohnya, bisa Anda cari di Google image karena disana akan sangat banyak contoh-contohnya.

2. Bersihkan Hardware
Terkadang tanpa kita sadari, seringkali kondisi hardware perangkat kita banyak kotoran dan debu. Dengan ini, mungkin saja usia perangkat kita akan relatif lebih pendek. Ini mungkin loh, tapi kenyataannya juga memang begitu, banyak kasus kerusakan komputer ataupun laptop yang disebabkan oleh kotornya hardware.

Kalau selama berbulan-bulan tidak pernah dibersihkan, saya yakin debu-debu yang ada akan semakin besar, dan itu semua akan membuat hardware tidak berjalan dengan semestinya, biasanya pasti ada kendala ketika hardware tersebut sedang bekerja.

Nah maka dari itu, silahkan jangan bosan-bosan membersihkan perangkat laptop atau komputer Anda agar hardware-hardware tidak cepat rusak dan awet digunakan. Selain itu, seringnya Anda membersihkan perangkat juga akan mencerminkan kepribadian Anda sendiri, apakah Anda tipe orang yang rajin atau tipe orang yang pemalas. Hehe.

3. Jangan Internetan Ketika Hujan dan Petir
Memang akan sangat berbahaya kalau sedang ada hujan dan petir, lalu Anda internetan dengan perangkat Anda. Bisa-bisa perangkat dan Anda tersambar petir, dan ini pasti tidak diinginkan oleh siapapun.

Namun sayang, hal ini seringkali tidak diperhatikan atau sering diabaikan. Masih banyak saja orang yang terus asyik bermain ketika ada petir. Mungkin mereka tidak terlalu memikirkan keselamatan mereka dan lebih memilih meneruskan permainan mereka.

Pengalaman saya sendiri, ketika ada hujan petir saya bermain laptop. Dan tiba-tiba ada petir, dan saya sangat merasakan seperti tersengat aliran listrik dibagian tangan saya, dan kebetulan waktu itu saya sedang mengetik. Dan untungnya, saya dan laptop saya masih selamat.

Jadi, jangan sekali-kali bermain komputer atau internetan ketika sedang ada hujan petir. Karena dikhawatirkan akan mengalami hal yang tidak diinginkan. Dan tentunya semua ini akan membahayakan diri Anda dan perangkat Anda.

4. Matikan Perangkat dengan Shutdown
Mungkin ini juga seringkali diabaikan oleh para pengguna komputer, terlebih mereka yang baru saja mengenal komputer. Masih banyak saja orang yang mematikan perangkat dengan prosedur yang salah.

Kebanyakan, cara yang dipakai adalah dengan menekan tombol power langsung. Mungkin alasannya adalah karena lebih mudah dan cepat. Memang sih mudah, tapi ini sangat berisiko. Parahnya bisa membuat rusak hardware-hardware.

Hardware yang bisa rusak karena kesalahan ini adalah harddisk. Jadi ketika ingin mematikan laptop atau komputer, ya sebaiknya selalu menggunakan shutdown. Karena ini adalah prosedur yang benar.

5. Perhatikan Pendingin Perangkat
Pendingin ini sangat berguna untuk mendinginkan hardware-hardware penting seperti prosessor. Karena ini juga akan membantu meningkatkan kinerja komputer. Karena sering, ketika perangkat panas performanya juga akan menurun.

Jadi pastikan Anda selalu memperhatikan kondisi pendingin komputer atau laptop Anda. Jangan sampai ada debu atau kotoran yang bersarang. Karena ini akan menghambat proses pendinginan dan ujung-ujungnya komputer jadi cepat panas dan tidak menutup kemungkinan akan membuat perangkat menjadi lambat.

Kalau perlu, silahkan tambahkan pendingin external. Ini juga sering dipakai oleh para gamer. Karena ini juga sangat berfungsi dan berperan penting dalam mendinginkan perangkat komputer atau laptop.

Ini juga akan membantu prosessor untuk bisa terus dingin. Walaupun tidak dingin banget, setidaknya mengurangi suhu. Karena kalau suhunya terlalu panas bisa saja terjadi overheat. Dan biasanya yang terkena (rusak) pertama kali dalam kasus ini adalah prosessor. Sedangkan prosessor sendiri adalah otak komputer, jadi sudah bisa disimpulkan ketika komputer atau laptop tanpa prosessor maka tidak akan bisa dioperasikan.

6. Perhatikan Tempat (Tas Laptop)
Ini khusus untuk pengguna laptop. Alasan utama seseorang membeli laptop adalah agar bisa dibawa dan digunakan dimanapun. Nah, dalam hal ini kita juga harus memperhatikan kondisi laptop ketika sedang dibawa bepergian.

Maksudnya begini, ketika laptop dibawa pergi pasti akan dimasukkan ke dalam tas. Dan ini harus sangat diperhatikan, pastikan tas yang Anda gunakan memang tas khusus untuk membawa laptop. Karena umumnya, tas laptop sudah ada pelindungnya agar laptop bisa aman saat dibawa kemana saja.

Pada intinya, ketika Anda membawa pergi laptop Anda, gunakan tas yang didalamnya ada pelindung berupa busa atau spons agar ketika terjadi benturan, tidak ada kerusakan pada laptop.

Nah, mungkin hanya ini saja yang dapat saya sampaikan mengenai tips merawat laptop dan komputer agar awet. Sebenarnya masih banyak sekali tips-tips yang lainnya. Namun yang sering saya lakukan adalah ke-6 tips diatas.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda, serta bisa membantu Anda.
Terima kasih.
Rekomendasi Untuk Anda × +
0 Komentar untuk "6 Tips Merawat Laptop dan Komputer Agar Awet"

Silahkan berkomentar

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top