Anto Tunggal

Ilmu Komputer dan Desain Grafis

April 26, 2017

Heimdall, Aplikasi Flashing Android di Linux Alternatif Odin

Android merupakan device yang sangat banyak digunakan pada zaman sekarang ini. Ini disebabkan karena semakin banyak pula produsen smartphone yang bermunculan. Smartphone memang banyak kelebihannya, selain mudah dibawa kemana saja, fitur-fitur yang ditawarkan pun sudah lengkap dan menarik. Jadi tidak salah banyak pengguna smartphone sekarang ini.

Namun disamping itu, banyak permasalahan-permasalahan yang sering muncul pada smartphone android, khususnya Samsung. Samsung merupakan smartphone yang sangat bagus dari segi desain maupun kaulitas. Harganya mahal memang wajar karena spesifikasi yang diberikan juga tinggi.

Banyak pengguna android Samsung yang mengalami masalah dalam penggunaanya, seperti bootloop, terkena virus, lemot, sering restart sendiri. Dengan ini, pengguna tersebut lalu mencari cara untuk mengatasinya sendiri, tidak lain dan tidak bukan yaitu dengan cara melakukan flashing.

Aplikasi flashing Samsung yang umum digunakan di Windows adalah Odin. Odin merupakan aplikasi flashing yang sangat populer dan mudah digunakan. Aplikasi ini memang sangat ampuh untuk mengatasi android yang bermasalah.

Lalu kalau untuk Linux, aplikasinya apa? Ini yang sering dipertanyakan. Sebenarnya di Linux tidak ada aplikasi Odin, namun tenang saja karena Linux mempunyai aplikasi alternatifnya yaitu Heimdall.

Aplikasi Flashing Android di Linux

Heimdall, Aplikasi Flashing Android di Linux Alternatif Odin

Heimdall, Aplikasi Flashing Android di Linux Alternatif Odin

Heimdall merupakan aplikasi flashing yang bisa berjalan di sistem operasi Linux, Windows, maupun Mac OS. Aplikasi ini menjadi alternatif Odin karena di Linux memang tidak ada Odin. Heimdall dapat digunakan untuk flashing berbagai macam device android Samsung.

Untuk Anda yang membutuhkan aplikasi ini untuk flash Samsung, silahkan download aplikasinya melalui ppa terminal. Langsung ketik perintah di bawah ini satu per satu ke terminal Ubuntu atau Distro Linux lainnya.

sudo add-apt-repository ppa:modycz/heimdall
sudo apt-get update
sudo apt-get install heimdall
sudo apt-get install heimdall-frontend

Setelah selesai menginstall, Anda dapat membuka aplikasinya melalui perintah di bawah ini (terminal)

sudo heimdall-frontend

Ketika menggunakan aplikasi ini, silahkan selalu masuk sebagai root atau superuser, karena jika tidak maka aplikasinya tidak akan bisa digunakan.

Untuk cara flash Android di Linux dengan menggunakan Heimdall. Bisa Anda baca di artikel tutorial di bawah ini.


Nah, mungkin hanya ini saja yang dapat saya bagikan mengenai aplikasi flashing alternatif Odin di Linux. Semoga bisa bermanfaat dan bisa menyelesaikan permasalahan pada Android Anda.
Terima kasih.
Rekomendasi Untuk Anda × +
0 Komentar untuk "Heimdall, Aplikasi Flashing Android di Linux Alternatif Odin"

Silahkan berkomentar

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top