Anto Tunggal

Ilmu Komputer dan Desain Grafis

December 27, 2016

Hukum Bacaan Izhar Syafawi dan Contohnya

Bacaan Tajwid Izhar Syafawi - Selamat datang di blog Anto Tunggal yang pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai Tajwid. Mempelajari tajwid memang sangat asik, terlebih lagi ini akan membuat kita lebih terhindar lagi dari kesalahan dalam membaca Al-Qur'an. Dan yang akan dibahas pada kesempatan kali ini adalah hukum bacaan izhar syafawi. Izhar syafawi sendiri merupakan salah satu contoh bacaan mim sukun (mati) yang bertemu dengan huruf tertentu.

Dalam artikel ini, sub kategori yang akan saya bahas adalah mengenai pengertian izhar syafawi, huruf-huruf izhar syafawi, dan contoh bacaan izhar syafawi berupa contoh singkat dan juga contoh yang ada dalam  ayat Al-Qur'an.

Untuk yang belum paham banget dengan hukum bacaan izhar syafawi ini bisa disimak artikel ini sampai sekesai. Semoga saja bisa menambah pengetahuan Anda mengenai izhar syafawi.

Pengertian Izhar Syafawi

Pengertian Izhar Syafawi adalah suatu hukum bacaan tajwid mim sukun yang cara membacanya harus dengan tegas dan jelas. Jadi, ketika menemui bacaan ini dalam Al-Qur'an, kita tidak boleh membacanya dengan berdengung atau samar-samar, melainkan harus dengan tegas.

Izhar berarti tegas atau jelas, sedangkan Syafawi berarti bibir. Jadi, arti dari Izhar Syafawi adalah membaca atau mengeluarkan huruf mim dari bibir harus dengan jelas.

Lalu, kapan kita akan bertemu dengan bacaan izhar syafawi?
Apabila ada mim sukun bertemu dengan semua huruf hijaiyah kecuali mim dan ba. Jadi, huruf bacaan izhar syafawi ini ada banyak sekali, karena hanya mim dan ba saja yang tidak termasuk.

Lihat huruf-huruf hijaiyah di bawah ini, yang tidak termasuk huruf izhar syafawi hanya mim dan ba. Lihat tandanya.

Hukum Bacaan Izhar Syafawi dan Contohnya
Izhar Syafawi from IlmuTajwid

Sekarang sudah jelas kan mengenai pengertian dan macam-macam huruf izhar syafawi? Kalau masih belum, mungkin bisa ditanyakan melalui kolom komentar. Kalau sudah paham ya alhamdulillah.

Contoh Bacaan Izhar Syafawi

Sekarang masuk ke contoh. Sekali lagi saya ingatkan, pokoknya kalau ada mim sukun bertemu dengan seluruh huruf hijaiyah kecuali mim dan ba maka dibaca jelas di bibir.

1. Contoh Izhar Syafawi
Untuk bentuk contohnya akan saya berikan yang versi singkatnya dan contoh yang ada dalam ayat Al-Qur'an.

Contoh bacaan izhar syafawi

Dari contoh diatas bisa diperhatikan pada bagian yang ditandai merah. Pada contoh tersebut terdapat huruf mim sukun yang bertemu dengan huruf kaf dan dal, maka dibaca jelas.

2. Contoh Izhar Syafawi dalam Al-Qur'an
Sekarang adalah contoh yang ada dalam Al-Qur'an. Saya akan memberikan satu contoh saja yaitu pada Surah Al-Fatihah ayat 2, silahkan lihat di bawah ini.

Contoh bacaan izhar syafawi

Dari contoh di atas yang diberi tanda merah berarti cara membacanya adalah dengan tegas dan jelas dalam bibir.

Mungkin hanya ini saja penjelasan mengenai bacaan izhar syafawi, tepatnya pengertian izhar syafawi, huruf izhar syafawi, dan juga contoh izhar syafawi. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda semua.
Terima kasih.
Rekomendasi Untuk Anda × +
0 Komentar untuk "Hukum Bacaan Izhar Syafawi dan Contohnya"

Silahkan berkomentar

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top