Anto Tunggal

Ilmu Komputer dan Desain Grafis

April 12, 2017

Cara Ampuh Mempercepat Loading Blog Agar Ringan

Cara Mempercepat Loading Blog Menjadi Super Ringan - Membahas mengenai kecepatan loading blog memang tidak terlepas dari berbagai hal yang ada di blog, mulai dari template, widget, gambar, javascript, dan lain-lain. Mungkin bagi blogger yang baru saja terjun, hal ini tidak begitu penting karena kebanyakan yang diperhatikan pertama kali adalah tampilan blog.

Tampilan blog memang menjadi penilaian pertama dari pengunjung. Namun jangan cuma memikirkan tampilan saja, pikirkan juga soal kecepatan loading blog. Ini sebenarnya jauh lebih penting daripada tampilan blog. Tapi alangkah baiknya, tampilan blog tetap bagus dan kecepatan loading blog juga cepat dan ringan.
Cara Ampuh Mempercepat Loading Blog Agar Ringan

Keuntungan memiliki blog yang cepat adalah lebih disukai oleh pengunjung, terutama pengguna mobile. Karena sekarang memang sudah banyak pengguna mobile smartphone, jadi kecepatan blog juga sangat penting untuk memberikan pengalaman pengguna yang bagus kepada mereka.

Selain disukai pengungjung, google juga lebih menyukai blog dengan kecepatan blog yang ringan. Mungkin ini menjadi salah satu faktor dari sekian juta faktor penentu sebuah halaman blog untuk menduduki posisi page one.

Kecepatan blog yang ringan juga akan lebih berpeluang mendatangkan banyak traffic dibandingkan dengan blog dengan loading yang berat. Semisal saya mempunyai blog dengan loading berat dan ada pengunjung yang hendak mengakses blog saya, pengunjung tersebut lebih cenderung langsung meninggalkan blog saya karena tidak sabar menunggu loading yang lama.

Cara Ampuh Meringankan Loading Blog

Sebagai pemilik blog, kita harus mengupayakan agar blog yang kita miliki bisa memberikan manfaat kepada orang lain. Disamping itu, kita juga harus memperhatikan kondisi blog terutama mengenai kecepatan loading. Nah, untuk mengptimalkan kecepatan loading blog Anda, beberapa cara berikut efektif untuk meringankan loading blog.

1. Pilih Template yang Fast Load

Menurut saya, ini yang pertama dan yang paling utama. Template sangat berpengaruh dalam kecepatan blog. Banyak template-template blog yang tersedia diluar sana, namun tidak semuanya memiliki kecepatan yang benar-benar cepat dan ringan untuk diakses.

Mungkin kalau soal tampilan, memang saya juga percaya kalau template-template yang tersedia keren-keren. Namun kata keren ini, mengharuskan template tersebut menggunakan kode-kode yang berlebihan. Jadi malah semakin menambah berat loading blog saja.

Seperti yang saya katakan sebelumnya, antara tampilan dan kecepatan blog itu haruslah seimbang. Percuma kan tampilan blog bagus, tapi loadingnya lemot. Jadi jika ingin mencari template, carilah yang benar-benar fast load, walaupun tampilannya sederhana itu tidak masalah. Yang pasti nyaman dipandang mata dan loadingnya cepat.

2. Upload Gambar Manual Saat Posting

Yang saya maksud disini adalah, saat kita sedang posting dan hendak menggunakan gambar, alangkah baiknya melakukan upload gambar secara manual diserver Google (Blogger). Jangan sekali-kali menggunakan gambar dari server lain, misalnya flickr ataupun yang lainnya.

Jika kita menggunakan server lain, hal ini tentu akan membuat kecepatan loading blog menjadi lambat. Sebab, saat proses loading blog akan melakukan komunikasi terlebih dahulu dengan server tempat gambar tersebut. Akan lebih lambat lagi ketika servernya jelek. Jadi lebih baik google lah, upload secara manual saja.

3. Compress Gambar Sebelum Diupload

Hal ini sangat penting untuk kecepatan blog namun sering dilupakan. Dengan melakukan compress gambar, setidaknya lebih meringankan loading blog kita. Karena biasanya ada saja ukuran gambar yang digunakan untuk blog lebih dari 5MB, tentu ini akan sangat mempengaruhi kecepatan blog.

Compress gambar ini dimaksudkan agar gambar yang hendak digunakan ukurannya lebih kecil, jadi lebih menghemat proses me-load gambar tersebut. Bisa disimpulkan dengan ini bahwa mengkompress gambar akan membuat loading blog lebih ringan.

4. Jangan Gunakan Gambar Untuk Background Blog

Memang dengan ini tampilan blog akan lebih menarik, namun terlepas dari itu kecepatan blog kita juga akan semakin menurun karena ketika sebuah halaman dibuka, proses loading blog akan ditambah dengan proses loading gambar background, jadi loading akan semakin berat.

Sebaiknya untuk background halaman blog, gunakan warna solid saja, misalnya putih, abu-abu, dan warna lainnya. Karena sudah jelas kalau warna solid lebih ringan dimuat dibandingkan dengan gambar.

Jika saat ini Anda masih menggunakan gambar sebagai background halaman blog, alangkah baiknya mengganti dengan warna solid saja loading blog semakin cepat. Ingat, jangan cuma memperhatikan tampilan blog saja, perhatikan juga kecepatannya.

5. Compress CSS dan JavaScript

Javascript sangat berfungsi untuk memberikan efek-efek pada blog dan fungsi-fungsi lainnya. Namun terkadang, kebanyakan menggunakan javascript malah akan memperlambat loading blog. Untuk mengatasinya cukup simple, silahkan gunakan javascript yang sudah dicompress.

Untuk bentuk javascript yang sudah dicompress adalah seperti ini nama_file.js dan untuk css yang sudah dicompress adalah seperti ini nama_file.css. Yang membedakan dari kedua file tersebut adalah extensinya, memang secara umum kegunaan dari extensi tersebut sudah berbeda.

6. Kurangi Widget yang Tidak Penting

Banyak macam-macam widget yang dapat digunakan di blog, namun dari berbagai macam widget tersebut pilihlah widget yang benar-benar ada manfaatnya dan berfungsi untuk pengguna.

Widget-widget yang biasanya berfungsi untuk pengguna adalah sebagai berikut:
  1. Popular Post
  2. Recent Post
  3. Subscriber Box
  4. Archive
  5. Kategori
Silahkan minimalkan penggunaan widget di blog Anda untuk mempercepat loading blog. Karena jika tidak, proses load akan semakin lama karena sebuah browser harus meload widget-widget yang terlalu banyak.

7. Kurangi Jumlah Iklan

Blog selain digunakan untuk media berbagi, juga bisa digunakan untuk media mencari pundi-pundi uang. Dengan adanya iklan, para pemilik blog bisa mendapat uang dari iklan tersebut. Salah satu iklan yang paling banyak diminati adalah Google AdSense.

Namun disamping itu, iklan juga bisa menyebabkan loading blog menjadi berat. Script yang digunakan oleh sebuah periklanan bermacam-macam, dan script yang digunakan tersebut biasanya berfungsi untuk menampilkan sebuah iklan. Jadi tentu ini akan membuat blog semakin lama.

Saya pernah mencoba membandingkan blog dengan template, widget, pokoknya semuanya sama. Saya coba pasang iklan dan saya cek kecepatannya, dan untuk mobile mendapat 89% dan desktop 91%. Sedangkan saat saya cek blog yang tanpa iklan, score yang didapat adalah 92% untuk mobile, dan 94% untuk desktop.

Jadi bisa disimpulkan dari sini kalau iklan memang menambah berat loading blog. Jadi kita sebagai pemilik blog memang perlu memperhatikan jumlah iklan. letakkan iklan hanya di bagian yang sekiranya memang lebih cenderung mendapat klik saja.

Kesimpulan
Jadi, cara mempercepat loading blog agar menjadi ringan ini sebenarnya banyak sekali. Namun yang menurut saya sangat mempengaruhi kecepatan blog adalah 7 cara di atas. Untuk Anda yang belum mencoba cara-cara meringankan loading blog ini, saya sarankan segera mencoba. Siapa tahu score kecepatan blog Anda meningkat.

Semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam mencoba meringankan loading blog Anda. Semoga bermanfaat.
Terima kasih.
Rekomendasi Untuk Anda × +
0 Komentar untuk "Cara Ampuh Mempercepat Loading Blog Agar Ringan"

Silahkan berkomentar

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top