April 12, 2017

Cara Mendaftarkan Blog ke Google Webmaster Tool

Tags
Google Webmaster merupakan sebuah tool yang digunakan untuk memperkenalkan blog kepada Google. Jadi pada intinya, tujuan kita mendaftarkan blog ke google webmaster adalah agar blog yang kita miliki bisa dikenali google dan bisa dicari melalui google.

Ini sangat penting untuk kita lakukan mengingat tujuan kita ngeblog adalah untuk berbagi. Dan pastinya setelah membangun blog dan membuat artikel, kita ingin agar artikel yang dibuat bisa ditemukan dan dibaca oleh orang lain. Maka dari itu, kita harus mendaftarkannya ke google webmaster.


Sebenarnya tanpa mendaftarkan atau submit blog ke google webmaster, blog kita tetap akan muncul di google, namun akan membutuhkan waktu yang lama. Nah untuk mempercepat index di mesin pencari google kita gunakan google webmaster ini.

Mungkin artikel semacam ini sudah banyak di google, namun tidak ada salahnya saya membuatnya di blog ini karena mungkin saja dari teman-teman saya ada yang membutuhkan artikel cara mendaftarkan blog ke google webmaster tool ini.

Cara Submit Blog ke Google Webmaster Tool

Mungkin banyak blogger yang belum tahu mengenai hal ini. Mereka terus-terusan posting saja dan suatu saat kebingungan karena tidak ada pengunjung yang datang kecuali dirinya sendiri. Ini pernah saya alami dulu, setiap hari post artikel namun tidak ada pengunjung sama sekali.

Oke, bagi teman-teman yang belum mendaftarkan blognya ke google webmaster tool silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

1. Silahkan login akun Google Anda.

2. Kemudian masuk ke halaman ini Google Webmaster Tool

3. Jika baru pertama kali masuk dan belum pernah mendaftarkan blog, maka Anda akan mendapati tampilan seperti dibawah ini.

Cara Mendaftarkan Blog ke Google Webmaster Tool.png

4. Kemudian isikan alamat alamat blog Anda di kolom yang sudah disediakan. Sebagai contoh misal saya masukkan alamat blog saya http://charisgan.blogspot.com kemudian klik Add A Property untuk melanjutkan. Lihat gambar di bawah ini.

Cara Mendaftarkan Blog ke Google Webmaster Tool

5. Setelah itu akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Silahkan pilih yang HTML Tag kemudian salin kode verifikasi (yang saya tandai kotak merah) yang diberikan oleh Google. Lihat gambar.

Cara Mendaftarkan Blog ke Google Webmaster Tool

6. Setelah itu, masuk ke Dashboard Blogger Anda, dan pilih menu Template (Tema) kemudian pilih Edit HTML. Setelah masuk ke edit HTML, cari kode ini <head> lalu letakkan kode verifikasi tepat di bawah kode <head>. Jika sudah silahkan simpan tema. Lihat gambar.

Cara Mendaftarkan Blog ke Google Webmaster Tool

7. Kalau sudah disimpan temanya, silahkan kembali ke halaman google webmaster tool lagi. Silahkan Anda klik Verify/Verifikasi pada bagian bawah. Jika sudah maka akan seperti ini. Lihat gambar.

Cara Mendaftarkan Blog ke Google Webmaster Tool

Kalau sudah seperti gambar di atas, itu tandanya proses pendaftaran google webmaster sudah selesai.

Dengan ini, blog kita akan semakin cepat diindex oleh mesin pencari google. Semoga artikel ini mudah dipahami dan bisa membantu Anda untuk mendaftarkan blog ke google agar bisa ditemukan di mesin pencari.

Semoga bermanfaat.
Terima kasih.

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon