Anto Tunggal

Ilmu Komputer dan Desain Grafis

April 29, 2017

Kamu Bisa Mendapat Banyak Uang Saat Prakerin, Ini Caranya

Kegiatan prakerin memang sudah seperti bekerja yang sesungguhnya. Karena dalam kegiatan itu, kita banyak melakukan berbagai pekerjaan yang membutuhkan skill dan keterampilan. Maka dari itu, prakerin ini memang digunakan sebagai ajang meningkatkan potensi siswa dalam bekerja sebelum terjun ke dunia kerja yang sesungguhnya.

Mungkin di antara kita ada yang bertanya-tanya, prakerin itu digaji tidak ya? mana tempat prakerin yang digaji?. Sebenarnya saat prakerin, kita tidak usah mengharap gaji bayaran, karena yang kita butuhkan atau yang paling utama saat itu adalah ilmu pengetahuan.

Namun tidak mengapa sih kalau sedikit berpikir tentang dibayar atau tidak, karena disana kita sudah banyak melakukan sebuah pekerjaan yang mungkin juga sangat membantu. Maka dari itu, tidak heran kalau banyak siswa yang bertanya-tanya masalah gaji.

Lalu, bagaimana agar saat prakerin bisa mendapatkan uang saat prakerin? Mungkin beberapa tips ini bisa Anda coba, karena saat prakerin kemarin saya juga mendapatkan uang walaupun tidak banyak.
cara mendapatkan uang saat prakerin

Cara Mendapatkan Gaji Prakerin

Sedikit cerita, beberapa waktu lalu teman saya bercerita kalau selama prakerin kemarin kira-kira 3 bulan, dia mendapat uang 3.000.000 kalau tidak salah. Lumayan kan, 1 bulan gajian 1.000.000. Fasilitas yang disediakan tempat prakerin itu pun bisa dibilang sangat lengkap untuk ukuran anak prakerin diantaranya tempat tidur, makan, kendaraan, pokoknya semua itu gratis. Bayangkan saja anak prakerin mendapatkan uang dan fasilitas seperti itu.

Mau? Pasti semua mau lah, ingat mungkin tips yang saya berikan tidak berlaku untuk semua tempat prakerin. Karena setiap tempat prakerin memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

1.Disiplin
Pasti, kedisiplinan akan selalu dinilai. Usahakan selalu disiplin ketika mengikuti kegiatan prakerin. Ini penting, kedisiplinan akan selalu dibutuhkan sampai bekerja nanti. Kedisiplinan menjadi poin penting bagi setiap pekerja, karena ketika Anda tidak disiplin mungkin akan mendapatkan penilaian yang kurang dan mungkin juga tidak akan lama dalam pekerjaan tersebut.

Banyak sekali hal-hal yang menyangkut kedisiplinan. Maka dari itu, dari sekarang belajarlah disiplin dalam hal apapun. Ini akan berguna sampai kapanpun, terutama saat bekerja nanti.

2. Tunjukkan Semangat Kerja
Ini penting, semangat kerja Anda akan memberikan efek pada hasil kerja Anda. Jika tidak semangat, mungkin pekerjaan yang dilakukan tidak akan maksimal hasilnya. Jadi, selalu lakukan pekerjaan yang ada dengan penuh semangat. Kenapa? Karena pihak prakerin juga mempertimbangkan mau memberi imbalan kepada Anda atau tidak itu dari semangat kerja juga.

Coba bayangkan, jika seorang pekerja tidak memiliki semangat untuk pekerja, apakah pemilik perusahaan tersebut rela memberikan uang banyak kepadanya? Tentu tidak, maka dari itu tetap semangat dalam melakukan pekerjaan apapun selama prakerin.

3. Tunjukkan Kelebihan Anda
Mungkin ini juga akan sangat berpengaruh terhadap gaji yang akan didapatkan. Seorang pekerja yang memiliki kelebihan dibandingkan pekerja yang lain tentu akan mendapatkan nilai plus dari perusahaan. Seseorang yang memiliki kelebihan tentu akan lebih berpengaruh terhadap kemajuan perusahaan.

Jadi, selalu tunjukkan kelebihan Anda ketika bekerja. Selalu berikan yang terbaik selama mengikuti kegiatan prakerin. Keluarkan semua ilmu yang telah diajarkan di sekolah, praktekkan.

4. Dekati Pemimpin Perusahaan
Dekati bagaimana maksudnya? Maksudnya adalah, kenali terlebih dahulu karakter pemimpin perusahaan tempat Anda prakerin. Jangan sungkan untuk bercakap-cakap, ini juga akan menambah nilai plus. Karena ketika Anda bercakap-cakap dengan pemilik prakerin tersebut, tentu dia akan lebih mengenali Anda. Nah, dengan ini Anda sudah memiliki jalan untuk bisa mendapatkan gaji.

5. Lakukan Cara Di Atas dengan Benar
Mungkin ada yang berpikir, loh kok sedikit sekali caranya? Ya memang sedikit, tapi apakah Anda sudah yakin bisa mempraktekkan ketiga cara di atas? Jika diamati lebih dalam lagi, Anda sudah cukup melakukan tips-tips di atas untuk bisa mendapatkan uang tambahan saat prakerin.

Ingat, tips ini tidak berlaku di semua tempat prakerin. Hanya beberapa tempat prakerin saja yang mungkin bisa memberikan gaji kepada Anda. Karena tujuan utama prakerin memang mencari pengetahuan tentang pekerjaan, bukan mencari uang. Jadi, uang belakangan saja lah walaupun tidak digaji ya tidak masalah.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda. Dan semoga yang sedang prakerin bisa mendapatkan uang tambahan di akhir bulan.
Terima kasih.
Rekomendasi Untuk Anda × +
0 Komentar untuk "Kamu Bisa Mendapat Banyak Uang Saat Prakerin, Ini Caranya"

Silahkan berkomentar

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top