Cara Mudah Mengetahui Kecepatan Loading Blog

Diposting pada

Cara Mudah Mengetahui Kecepatan Loading BlogMengetahui kecepatan loading blog kita sangat penting, karena nantinya kita bisa memperbaiki blog kita agar kecepatannya lebih maksimal lagi. Kecepatan loading blog sangat berpengaruh terhadap pengunjung, semakin lambat sebuah situs blog atau website diakses maka semakin tidak suka seseorang untuk menunggu loading website tersebut berlama-lamaan. Dan tentu ini akan memberikan user experience yang tidak bagus.

Tahun 2017 ini, sudah hampir sebagian besar orang lebih memilih beralih menggunakan mobile smartphone dibandingkan dengan desktop. Dan ini menjadikan kita sebagai pemilik blog harus mempertimbangkan mereka agar mendapatkan pengalaman pengguna yang bagus, salah satunya adalah dengan meningkatkan kecepatan loading blog.

Mungkin kecepatan loading blog kita di desktop sangat cepat, namun kecepatan di mobile smartphone sangat lambat, ini tidak baik. Sebisa mungkin kita harus menyeimbangkan kecepatan blog agar sama-sama cepat.

Cara Mudah Mengetahui Kecepatan Loading Blog

Tool yang akan kita pakai pada kesempatan kali ini adalah PageSpeed Insights dan Mobile Website Speed Testing Tool. Saya memilih kedua tool itu karena semuanya milik google, dan disana kita bisa mengetahui apa saja yang harus diperbaiki agar kecepatan blog bisa meningkat.

Menggunakan Mobile Website Speed Testing Tool

Di bawah ini adalah hasil pengecekan blog saya menggunakan tool ini, dan hasilnya lumayan lah, ijo semua.

Cara Mudah Mengetahui Kecepatan Loading Blog
Cara Mengetahui Kecepatan Loading Blog

Untuk menggunakan tool ini, silahkan ikuti langkah berikut ini:

  1. Silahkan masuk ke sini Mobile Website Speed Testing Tool.
  2. Kemudian masukkan alamat url blog Anda di tempat yang sudah disediakan, sebagai contoh saya masukkan www.antotunggal.com
  3. Jika sudah, klik Test Now.
  4. Silahkan tunggu proses sampai selesai.
  5. Jika sudah selesai, maka Anda dapat melihat kecepatan blog Anda baik kecepatan desktop maupun mobile.
Baca Juga  Manfaat Utama Sosial Media Untuk Meningkatkan Traffic Blog

Menggunakan PageSpeed Insight

Ini adalah hasil dari pengecekan blog saya di pagespeed insight. Ini juga lumayan lah, ijo semua.

Cara Mudah Mengetahui Kecepatan Loading Blog
Menggunakan PageSpeed Insight

Untuk menggunakan pagespeed insight bisa simak cara berikut:

  1. Silahkan masuk ke sini PageSpeed Insight.
  2. Kemudian masukkan alamat blog Anda.
  3. Jika sudah klik Analyze dan silahkan tunggu.
  4. Jika sudah selesai maka akan nampak kecepatan blog Anda baik dari desktop maupun seluler.

Nah, dengan melakukan pengecekan kecepatan blog ini kita jadi tahu apa saja yang harus kita perbaiki. Di speedpage insight ada laporannya kok mengenai apa saja yang harus di perbaiki.

Kesimpulan
Memang penting melakukan atau mengecek kecepatan blog ini karena kita bisa segera memperbaiki blog kita agar lebih cepat lagi. Karena jika blog kita cepat, otomatis pengunjung blog kita akan merasa senang karena tidak harus menunggu loading blog yang lama, dan tentu ini akan memberikan pengalaman pengguna yang baik.

Semoga dengan artikel ini, bisa membantu Anda dalam melakukan perbaikan mengenai kecepatan blog. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.