Cara Mengubah Video Menjadi Animasi Gif Online Tanpa Software

Diposting pada
Banyak sekali fungsi dan tujuan mengapa kok suatu video harus diubah/diconvert menjadi gambar animasi gif. Salah satunya adalah agar bisa digunakan untuk thumbnail pada bahan postingan di blog. Itu hanya salah satu contoh saja, masih banyak tujuan lain dari mengubah video menjadi gambar yang bergerak ini.
Langkah
yang dilakukan dalam tutorial ini sangatlah mudah sekali. Anda tidak
membutuhkan software-software konverter pada komputer/laptop Anda. Yang
dibutuhkan hanyalah koneksi internet dan video yang akan diubah menjadi
animasi. Kenapa kok tidak membutuhkan software konverter gambar? Karena
cara yang akan saya berikan adalah melalui internet alias online.
Pada
tutorial ini saya menggunakan sebuah website yang keren karena bisa
mengkonversi sebuah video menjadi gambar animasi. Format video yang
didukung sangatlah banyak, bahkan hampir semua format video bisa
digunakan dalam proses pembuatan animasi ini. Jadi, Anda tidak perlu
repot-repot mempersiapkan dan mendownload software ini itu, cukup
menggunakan website ini saja.
Sebagai contoh, lihat gambar dibawah ini. Ini merupakan hasil dari video yang saya ubah menjadi animasi.
Cara mengubah video menjadi animasi gif

Bagaimana, tertarik untuk membuatnya? Oke, baca sampai habis ya postingan ini. Postingan pada kali ini khusus membahas mengenai cara mengubah video menjadi gambar animasi gif. Karena banyak dari teman-teman saya yang meminta dan pengin dibuatkan tutorialnya, maka dari itu baru sekarang saya sempat membuat tutorial ini.
Berikut adalah tool-tool yang ada di online-convert.com:
1. Audio Converter
Pada tool audio converter, Anda bisa mengubah suara-suara menjadi berbagai format/ekstensi diantaranya: AAC, AIFF, FLAC, M4A, MP3, OGG, OPUS, WAV, WMA. Jadi Anda bisa mengubah suara Anda sesuai keinginan Anda dengan catatan hanya format yang disediakan diatas.
.2. Video Converter
Sama halnya dengan audio converter, video converter bisa mengubah video Anda menjadi file dengan berbagai formar diantaranya: 3GP, AVI, FLV, MP4, MKV, MOV, dan masih sangat banyak lagi.
3. Image Converter
Nah, tool ini yang akan kita gunakan untuk mengubah video menjadi gambar animasi gif. Format yang diberikan dan didukung oleh image converter antara lain: BMO, EPS, GIF, ICO, JPG, PNG, SVG, TIF, WBMP.
4. Document Converter
Kalau yang ini digunakan untuk mengkonversi file dokumen. File ekstensi yang didukung adalah: DOC, DOCX, FLASH, HTML, ODT, PDF, PPT, PPTX, RTF, TXT.
5. Ebook Converter
Tool ini digunakan untuk mengkonversi sebuah ebook. File yang didukung diantaranya: AZW, EPUB, FB2, LIT, LRF, MOBI, PDB, PDF, TCR.
6. Archive Converter
Kalau tool ini digunakan untuk membuat archive/arsip duatu file. Ekstensi yang didukung antara lain: 7Z, TAR BZ2, TAR GZ, ZIP.
7. Hash Converter
Kalau tool yang satu ini saya kurang tahu fungsinya. Namun Anda bisa langsung mempraktekkannya langsung.
Kembali ke pokok bahasan yaitu cara membuat/mengubah video menjadi animasi bergerak. Oke, sekarang pastikan Anda sudah mempunyai video yang akan dibuat animasi. Kalau belum punya, Anda bisa membuatnya terlebih dahulu. Kalau sudah mempunyai videonya, langsung praktekkan tutorial ini.
  1. Masuk ke website http://image.online-convert.com/convert-to-gif
  2. Setelah itu, Anda masukkan video Anda pada bagian Upload your image you want to convert to GIF. Klik Choose file lalu pilih video Anda.
  3. Kemudian scroll ke bawah dan klik Convert file. Maka video Anda akan langsung diproses menjadi animasi GIF. Cepat dan lambatnya proses tergantung ukuran video yang diupload dan kecepatan internet Anda.
  4. Setelah proses selesai, file tersebut akan langsung mendownload dengan sendirinya.
  5. Pilih tempat menyimpan file.
  6. Selesai.
Sekarang, Anda coba lihat file yang barusan didownload. Pasti akan sama dengan video yang diupload tadi. Pada dasarnya, gambar gif memang sama dengan file video yang diupload karena ini hanyalah pengubahan jenis file/ekstensi saja namun hasilnya tetap sama. Yang membedakan hanyalah ekstensinya saja, kalau video pasti tidak akan bisa digunakan untuk foto DP BBM, namun kalau gambar GIF pasti bisa.
Semoga artikel mengenai cara mengubah video menjadi gambar animasi bergerak gif ini bisa bermanfaat.
Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *