Anto Tunggal

Ilmu Komputer dan Desain Grafis

April 25, 2017

Windows vs Linux, Mana yang Lebih Baik?

Windows dan Linux, sistem operasi berbasis Open Source dan Close Source. Kedua sistem operasi ini akan memberikan sensasi yang berbeda untuk penggunanya. Pengguna Windows akan menganggap kalau Windows itu lebih nyaman dan lebih baik daripada Linux. Sedangkan pengguna Linux akan menganggap Linux lebih baik dan nyaman digunakan daripada Windows. Ya itu memang sangat wajar, karena kebiasaan akan membuatnya lebih pro dengan apa yang digunakannya.

Sering orang membanding-bandingkan Windows dan Linux, kenapa? Kalau menurut saya, banyak orang yang membandingkan kedua OS ini karena adanya perbedaan diantara kedianya. Perbedaan itu diantaranya:
  1. Linux Gratis sedangkan Windows berbayar.
  2. Aplikasi Linux banyak yang gratis sedangkan Windows banyak yang berbayar.
Dalam artikel ini, saya akan mencoba mengulas mengenai macam-macam perbedaan, masing-masing kekurangan serta kelebihan Windows dan Linux. Mungkin artikel ini akan sedikit panjang, namun tidak masalah semoga saja Anda tidak bosan membacanya.

Mungkin saja nanti ketika Anda membaca artikel saya ini ada beberapa pendapat yang menurut Anda salah, itu tidak mengapa. Karena saya yakin perndapat setiap orang itu berbeda-beda. Jadi artikel ini bisa disebut sebagai pendapat yang saya jadikan sebuah artikel. Jadi bebas lah kita mau berpendapat apa saja, dan jika memang saya salah dalam menuliskan artikel ini bisa Anda beri komentar.

windows vs linux
Windows vs Linux, Mana yang Lebih Baik

Kelebihan dan Kekurangan Windows

Yang pertama akan saya bahas adalah mengenai kelebihan dan kekurangan sistem operasi Windows. Windows merupakan OS yang paling banyak digunakan di Indonesia. Mulai dari rumah tangga, sekolahan, universitas, pemerintahan, hampir semua menggunakan Windows. Dan berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan dari Windows.

Kelebihan Windows

1. GUI dan User Friendly
Windows sudah menggunakan GUI (Graphical User Interface) yang memang sangat user friendly. Apa itu user friendly? User friendly adalah ramah pengguna, artinya pengguna Windows akan lebih mudah memahami kegunaan dari tool, aplikasi, dan interface (antar muka) yang disediakan.

Dengan dukungan GUI, Windows menjadi salah satu sistem operasi yang paling banyak digunakan. GUI memungkinkan Windows terlihat menarik dan nyaman dilihat. Dengan efek-efek dan grafis yang keren, tentunya akan membuat pengguna Windows betah menggunakannya.

2. Banyak Aplikasi yang Kompatibel dengan Windows
Dengan banyaknya aplikasi PC yang bermacam-macam, Windows mampu menjalankan hampir semua aplikasi tersebut. Windows memang sangat kompatibel dengan berbagai aplikasi. Dengan ini, pengguna Windows tentu akan lebih mudah menjalankan aplikasinya tanpa sering mengalami kendala.

Aplikasi kantoran juga sangat didukung oleh Windows, misalnya Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Powerpoint, dan masig banyak lagi. Jadi wajar saja jika banyak kantor yang menggunakan Windows sebagai pilihan sistem operasi mereka.

3. Dukungan Driver yang Baik
Dengan dukungan driver yang baik, tentu akan membantu banyak pihak yang menggunakan aplikasi pihak ketiga. Barcode Scanner misalnya, sebagian kasir pada sebuah toko sudah banyak yang menggunakan Barcode Scanner untuk memudahkan pekerjaan, dalam hal ini berjalannya Scan tentu didukung dengan driver yang cocok dengan sistem operasi. Dan Windows menjadi salah satu sistem operasi yang memiliki dukungan driver yang baik.

Dukungan driver yang baik dalam sebuah sistem operasi memang sangat penting, mengingat berjalannya sebuah aplikasi atau hardware juga sangat dipengaruhi oleh driver. Dan Windows memiliki dukungan driver yang baik sebagai salah satu kelebihan darinya.

Kekurangan Windows

1. Windows Berbayar
Walaupun banyak kelebihan dari Windows, namun tetap ada saja kekurangan darinya. Dan kalau menurut saya, kekurangan dari Windows yang utama yaitu berbayar. Ya, Windows memang berbayar. Ini memang wajar, karena saking banyaknya kelebihan yang dimiliki, maka tidak mungkin Windows akan diberikan secara gratis begitu saja.

Mungkin ada yang berpikir "Loh, tapi kok banyak website yang memberikan Windows secara gratis?" Memang banyak, tapi apakah Anda tahu kalau itu semua adalah Ilegal!. Website yang memberikan Windows secara gratis, ketika disuruh aktivasi tidak menggunakan lisensi resmi, mereka hanya menggunakan Cr*ck saja.

2. Aplikasi Berbayar
Selain sistem operasi Windows yang berbayar, sebagian besar program aplikasinya juga berbayar. Dan yang lebih parah lagi, aplikasi yang berbayar ini adalah aplikasi yang benar-benar dibutuhkan seperti Microsoft Office, Corel Draw, Photoshop, dan yang lainnya.

3. Rentan terhadap Virus
Tahukan Anda kalau ternyata Windows rentan terhadap virus? Kalau Anda sering mengamati, mungkin akan terasa kalau Windows memang mudah terkena virus. Sumber dari virus sangat bermacam-macam, salah satunya adalah melalui flashdisk yang dicolokkan.

Karena Windows mudah terkena virus, jadi bagi Anda yang menggunakan Windows harus selalu waspada agar data-data hardisk Anda aman. Karena kita tidak akan tahu kapan datangnya virus. Untuk itu, sebaiknya gunakan pengamanan dengan memasang antivirus. Dengan ini, mungkin Windows Anda akan lebih aman.

Kelebihan dan Kekurangan Linux

Yang berikutnya akan dibahas adalah kelebihan dan kekurangan Linux. Linux merupakan sistem operasi yang penggunanya masih lebih sedikit dibandingkan Windows. Namun disamping itu, banyak juga para pengguna Linux yang mengembangkan sistem operasi ini menjadi Distro sendiri, karena Linux bersifat Open Source.

Kelebihan Linux

1. Linux Gratis dan Open Source
Berbeda dengan Windows, Linux merupakan sistem operasi yang gratis. Jadi untuk menggunakannya, kita tidak perlu melakukan aktivasi terlebih dahulu. Karena Linux bersifat open source, kita bebas mengutak-atik bagian-bagian Linux sesuai dengan keinginan kita.

Tentu ini akan sangat berguna bagi seseorang yang gemar melakukan oprek. Linux bisa dijadikan sistem operasi yang nyaman dioprek. Terlebih gratis, kita jadi bisa mengembangkan sendiri sistem operasi ini menjadi Distro baru.

2. Linux Ringan dan Stabil
Linux memang sangat ringan, resource memory yang digunakan sangat sedikit. Berbeda dengan Windows yang memerlukan memory yang lebih banyak untuk menjalankannya dengan lancar. Dengan memory RAM sebesar 1GB saja sudah bisa dengan lancar menjalankan Linux Ubuntu ataupun Distro Linux yang lain.

Linux juga stabil. Jarang sekali ketika menggunakan Linux kok tiba-tiba nge-crash. Pokoknya ketika menggunakan Linux akan terasa nyaman sekali karena bisa berjalan tanpa banyak kendala dan tentunya stabil.

3. Aplikasi Alternatif
Karena aplikasi pada sistem operasi Windows banyak yang berbayar, Linux memiliki aplikasi alternatifnya sendiri. Yang paling keren sih karena gratis. Walaupun gratis, aplikasi alternatif ini tetap memiliki kegunaan dan fungsi yang sama seperti aplikasi yang umum digunakan.

Seperti halnya Gimp, yaitu aplikasi alternatif Photoshop. Gimp memiliki berbagai macam tool editor foto yang hampir sama dengan Photoshop. Selain itu Inkscape juga, yaitu aplikasi alternatif Corel Draw. Aplikasi editor vector ini juga memiliki tool yang hampr sama dengan Corel draw.


4. Tidak Mudah Terkena Virus
Ya ini memang fakta, Linux memang sulit untuk terkena virus. Lain halnya dengan Windows yang sangat rentan terhadap virus. Pengalaman saya ketika menggunakan Linux Ubuntu memang sama sekali belum pernah terkena virus. Jadi tidak perlu khawatir denga virus di Linux.

Kekurangan Linux

1. Belum Familiar
Sistem operasi Linux memang belum familiar. Lain halnya dengan Windows yang sudah sangat melekat dengan masyarakat. Pengguna Windows lebih banyak daripada Linux. Yang menyebabkan ini terjadi mungkn adalah karena sudah terbiasa dengan Windows, jadi enggan mencoba sistem operasi baru seperti Linux.

2. Dukungan Software Populer Kurang
Ketika Anda menggunakan Linux pertama kali, pasti akan mencari aplikasi umum seperti Photoshop ataupun Microsoft Word. Dan kemudian Anda akan berpikir, loh kok tidak ada aplikasinya. Namun Anda dapat mengatasinya dengan menggunakan aplikasi alternatif seperti yang saya jelaskan di atas.

Perbandingan Windows vs Linux

Di bawah ini akan saya uraikan sedikit mengenai perbedaan antara Windows dan Linux dari beberapa segi. Silahkan simak agar mendapatkan informasi yang lebih banyak.

1. Proses Instalasi
Proses instalasi Windows dan Linux sama-sama mudah ketika sudah mengetahui caranya. Namun untuk pemula, instalasi Windows akan lebih mudah dilakukan dibandingkan dengan Linux. Ini disebabkan karena untuk Linux sendiri biasanya ada beberapa proses yang tidak ada dalam Windows (tidak semua distro Linux).

Saat proses instalasi, ada berbagai aplikasi yang sekaligus diinstal di dalamnya. Untuk perbedaanya dari segi ini adalah, Linux memiliki lebih banyak aplikasi bawaan dibandingkan dengan Windows. Hampir semua program aplikasi Linux yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari sudah ada, diantaranya Libre Office Writter (pengganti Microsoft Word), Libre Office Calc (pengganti Microsoft Word) dan aplikasi lainnya.

Jadi, dengan waktu instalasi yang hampir sama, Anda akan mendapatkan aplikasi yang banyak sekaligus ketika menggunakan Linux. Dan ketika menggunakan Windows, aplikasi penting seperti Microsoft Word dan Photoshop mungkin belum ada di dalamnya, jadi harus membeli terlebih dahulu dan menginstallnya.

2. Konfigurasi Sistem
Windows memiliki kemudahan dalam konfigurasi sistem, maksudnya adalah ketika ingin melakukan setting atau konfigurasi sudah bisa dilakukan sepenuhnya dengan menggunakan mouse. Sedangkan dalam Linux, kebanyak konfigurasu sistem harus dilakukan dengan Terminal. Namun sekarang, sebagian distro Linux sudah mendukung PCLinux Control Center sehingga konfigurasi akan lebih mudah lagi.

Jadi, untuk segi konfigurasi sistem Windows memang lebih mudah dibandingkan dengan Linux. Karena dukungan interface Windows yang memang sudah mudah dipahami. Berbeda dengan beberapa distro Linux yang masih belum mendukung GUI, jadi konsigurasi sistemnya harus dengan Command Line.

3. Hardware Support
Hardware support ini berhubungan dengan hardware pihak ketiga yang memerlukan driver pendukung. Kalau untuk Windows, sudah hampir semua hardware pihak ketiga support (ada drivernya) dan kompatibel jadi hampir tidak ada masalah hardware.

Berbeda dengan Windows, hardware support untuk Linux belum sebanyak Windows. Masih ada sebagian hardware yang belum mempunyai hardware support untuk Linux, jadi hardware tersebut tidak bisa berjalan dengan baik dan bahkan sama sekali tidak bisa berjalan.

Jadi, dari segi hardware suport Windows lebih baik karena kompabilitas Windows terhadap driver hardware memang sangat tinggi. Jadi sudah banyak hardware pihak ketiga yang dapat berjalan dengan baik di Windows.

4. Ketersediaan Aplikasi
Linux mempunyai ketersediaan aplikasi yang banyak di Software Center. Di sana sangat banyak berbagai macam aplikasi mulai dari aplikasi grafis, browser, office, tweaks, dan masih banyak lagi. Hampir semua aplikasi di Software Center adalah aplikasi gratis. Jadi Anda bebas mendownload aplikasi apa saja tanpa dikenai biaya.

Untuk Windows juga memiliki ketersediaan aplikasi yang banyak. Namun, sebagian besar aplikasi tersebut tidak bisa didapatkan dengan gratis, melainkan harus membelinya terlebih dahulu. Karena untuk Windows, memang aplikasinya membutuhkan lisensi berbayar. Mungkin kalau Anda mempunyai uang untuk membeli, ini tidak akan menjadi masalah. Lah kalau tidak punya uang gimana? Mau cari software yang b*j*k*n?

Jadi, untuk segi ketersediaan aplikasi. Windows dan Linux sama-sama memiliki aplikasi yang sangat banyak. Namun disamping itu, Linux menyediakan aplikasi yang sebagian besar gratis. Dan untuk Windows sendiri sebagian aplikasinya berbayar. Kalau menurut saya, dari segi aplikasi saya tetap memilih Windows. Tapi karena saya belum punya uang untuk membeli aplikasi Windows dengan lisensi berbayar, ya udah deh saya memilih Linux karena aplikasinya gratis.

5. Keamanan
Sudah saya singgung diatas mengenai Windows vs Linux dari segi keamanan. Windows lebih rentan terkena virus dibandingkan dengan Linux. Dan Linux sendiri sangat sukar dan bahkan tidak dapat terkena virus.

Berdasarkan pengalaman saya pribadi ketika menggunakan Windows, banyak sekali virus-virus yang bersarang di dalam sistem operasi. Sehingga paling parah saya kehilangan data-data yang ada dalam disk C (data termakan virus) karena harus instalasi Sistem Operasi.

Dan ketika menggunakan Linux Ubuntu, saya sendiri sama sekali belum pernah menemui virus dalam sistem operasi. Entah ini memang benar-benar tahan terkena virus atau tidak, namun faktanya Ubuntu saya belum pernah terkena virus.

Jadi dari segi keamanan, Linux lebih unggul dibandingkan dengan keamanan Windows. Ini menurut saya loh ya, mungkin berbeda kalau menurut Anda pribadi.

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas ada beberapa alasan kenapa memilih Windows ataupun Linux, silahkan simak dibawah ini.

Alasan Memilih Windows
  1. Mudah digunakan.
  2. Dukungan hardware.
  3. Kompatibel dengan banyak aplikasi.
  4. Tampilan grafis menarik.
Alasan Memilih Linux
  1. Gratis.
  2. Tidak mudah terkena virus.
  3. Ringan.
  4. Stabil.

Kalau saya pribadi untuk keseharian saya sudah menggunakan Linux Ubuntu. Sehari-hari Ubuntu saya gunakan untuk ngeblog, internetan, mendengarkan musik, menonton film, menulis (LibreOffice Writer), desain (Gimp dan Inkscape), dan masih banyak lagi.

Saya sudah jarang menggunakan Windows karena beberapa alasan, yang paling utama sih karena untuk menghindari Pemb*j*k*n. Namun katanya kalau dilakukan untuk pendidikan diperbolehkan, tapi saya tidak tahu itu benar atau tidak.

Tapi kalau untuk pendidikan tidak diperbolehkan, maka kemungkinan besar akan banyak pihak yang kecewa. Sebagai contoh, sebuah sekolah akan melakukan instalasi Windows dan membeli lisensi untuk 40 unit komputer dalam 1 lab. Nah, jika dihitung sudah habis berapa tuh? Belum lagi kalau ada praktikum instalasi Windows, mau habis berapa banyak uang lagi?

Jadi, silahkan Anda mau pilih Windows atau pilih Linux itu merupakan hak Anda. Kalau saya pribadi tetap memilih Linux. Dan alasan paling utama saya memilih Linux ya karena ingin menghindari pemb*j*k*n itu. Kalau sudah punya uang sih rencana mau beli lisensi Windows sama aplikasinya sekalian. Tapi untuk sementara tetap nyaman menggunakan Linux.

Mungkin ini saja yang dapat saya sampaikan mengenai kelebihan serta kekurangan Windows dan Linux. Semoga dapat memberikan gambaran kepada Anda mana yang lebih baik dan harus dipilih. Namun mungkin saja pendapat saya ini akan berbeda dengan pendapat Anda. Ini tidak mengapa, karena wajar kalau pendapat setiap orang berbeda-beda.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda semua. Apabila ada kekeliruan dalam berbahasa saya mohon maaf dan mohon koreksinya.
Terima kasih.
Rekomendasi Untuk Anda × +
0 Komentar untuk "Windows vs Linux, Mana yang Lebih Baik?"

Silahkan berkomentar

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top