Macam Simetri Lipat dan Simetri Putar Bangun Datar

Diposting pada

Macam Simetri Lipat dan Simetri Putar Bangun Datar – Setiap bangun datar memiliki sifat dan ciri ciri yang berbeda satu sama lain. Hal ini sesuai dengan rumus dasar matematika pada bangun datar. Kita bisa menemukan simetri lipat dan simetri putar sebagai salah satu sifat bangun datar tersebut. Bahkan sifat dan macam simetri pada bangun datar sendiri telah menjadi materi yang umum kita jumpai di sekolah.

Terdapat banyak sekali jenis jenis bangun datar yang tentunya memiliki simetri lipat dan simetri putar yang berbeda beda. Diantaranya adalah Persegi, Persegi Panjang, Segitiga sama kaki, Belah Ketupat, Jajar Genjang, Segitiga sama sisi, Segitiga siku-siku, Trapesium siku-siku. Selain itu ada juga bangun datar Trapesium sama kaki, Trapesium sembarang, Layang layang, dan Lingkaran. Setiap bangun datar tersebut memiliki simetri lipat dan simetri putar yang berbeda satu sama lain. Namun pada dasarnya dapat kita identifikasi dengan menggunakan pemikiran atau logika semata.

Macam Simetri Lipat dan Simetri Putar Bangun Datar

Materi bangun datar sudah diberikan pada kita bahkan semenjak kita berada di jenjang sekolah dasar. Namun tingkatan pembelajaran materi ini pun disesuaikan dengan level kita. Nah tibalah saatnya kita mempelajari simetri lipat bangun datar dan mengetahui simetri putar bangun datar tersebut. Oleh karenaya saya merangkum materi tersebut menjadi sebuah artikel singkat.

Dalam artikel kali ini kita akan membahas materi tentang sifat bangun datar yakni simetri baik itu simetri lipat dan simetri putar yang terdapat pada semua bangun datar. Langsung saja kita simak materi kali ini. Perlu kita ingat bahwa terdapat bangun datar yang dengan kriteria dibawah ini:

  • Memiliki simetri putar dan simetri lipat.
  • Memiliki simetri putar dan tidak memiliki simetri lipat.
  • Tidak memiliki simetri putar tetapi memiliki simetri lipat.
  • Tidak memiliki simetri putar dan simetri lipat.

Simetri lipat bangun datar

Simetri lipat pada bangun datar dapat diartikan sebagai jumlah lipatan yang ada pada bangun datar yang dapat membagi bangun datar itu hingga setengah bagiannya menutupi setengah bagian bangun datar yang lainnya. Singkatnya garis yang mampu membagi bangun datar menjadi dua buah dan kongruen disebut sumbu simetri. Tidak semua jenis bangun datar memiliki sumbu simetri karena ada beberapa bangun datar yang tidak memiliki sumbu simetri bahkan memiliki sumbu simetri yang tidak terbatas.

Simetri putar bangun datar

Sebuah bangun datar dikatakan memiliki simetri putar jika bangun datar tersebut memiliki ttik pusat yang apabila diputar kurang dari satu putaran  mampu menghasilkan bangun dengan bentuk yang semula. Jadi dapat disimpulkan simetri putar pada bangun datar adalah banyaknya bayang bayang bangun yang mampu dihasilkan dalam kurang dari satu putaran.

Fakta unik yang harus anda ketahui tentang simetri putar adalah tidak semua bangun datar memilikinya. Bisa dibilang meskipun bangun datar memiliki simetri lipat namun tidak berarti bangun tersebut juga memiliki simetri putar. Kita ambil saja contoh segitiga sama kaki yang memiliki 1 simetri lipat, namun apakah bangun datar yang satu ini memiliki simetri putar? tentu saja tidak.

Simetri putar dan simetri lipat persegi

Untuk mengetahui perbandingan bangun datar mana saja yang memiliki simetri lipat dan simetri putar maka kita harus mengetahui setiap contohnya. Lantas bangun apa saja yang memiliki dua sifat duatas? untuk lebih jelasnya simak terus artikel ini hingga akhir.

Persegi merupakan bangun datar yang bisa dikatakan fleksibel karena memiliki 4 simetri lipat dan 4 simpetri putar. Apabila kita lipat persegi tersebut maka akan terdapat 4 lipatan yang mampu menutupi bagian lain. Dan apabila kita putar sebanyak 90 derajat maka akan membentuk persegi juga.

Selain bangun persegi pada dasarnya masih terdapat banyak sekali bangun datar seperti segitiga sama sisi, segitiga sama kaki, segitiga tak beraturan, jajar genjang, layang layang, belah ketupat, persegi panjang, lingkaran dan sebagainya. Untuk lebih jelasnya silahkan simak tabel di bawah ini:

Simteri lipat dan simetri putar bangun datar
Simteri lipat dan simetri putar bangun datar

Itulah materi tentang Macam Simetri Lipat dan Simetri Putar Bangun Datar yang dapat saya sampaikan kali ini. Pada dasarnya selain memiliki simetri bangun datar juga memiliki sifat sifat dan ciri ciri yang akan kita bahas dalam artikel selanjutnya. Terimakasih.

1 komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *