Anto Tunggal

Ilmu Komputer dan Desain Grafis

April 27, 2017

Maksud dan Tujuan Prakerin (Praktek Kerja Industri)

Kembali membahas mengenai Prakerin atau PKL, tepatnya maksud dan tujuan pelaksanaan kegiatan prakerin. Penting bagi siswa yang akan prakerin untuk mengetahui maksud dan tujuan prakerin ini. Karena nantinya ini bisa menjadi gambaran, mau apa sih ketika prakerin nanti. Jadi, silahkan simak artikel ini untuk menambah sedikit ilmu.

Prakerin bukan lagi menjadi hal baru untuk siswa SMK. Pasalnya, setiap siswa dari berbagai jurusan mulai dari TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan), Pemesinan, Akuntansi, Tata Boga, dan jurusan yang lainnya pasti melaksanakan kegiatan prakerin/pkl ini. Karena ini merupakan hal penting yang harus dijalani siswa SMK.

PKL merupakan singkatan dari Praktek Kerja Lapangan, yaitu salah satu bentuk implementasi sistematis dalam program pendidikan khususnya SMK dengan program penguasaan keahlian siswa yang diperoleh melalui kegiatan kerja lapangan langsung di dunia kerja.

Prakerin ini bisa dijadikan sebagai ajang untuk unjuk gigi para siswa. Materi keahlian yang diajarkan sekolah bisa dipraktekkan di dunia kerja yang sebenarnya. Jadi ini akan sangat menambah point penting guna menyongsong pekerjaan sebenarnya setelah lulus nanti.
Maksud dan Tujuan Prakerin

Maksud dan Tujuan Prakerin

Setelah mengulang pembahasan mengenai pengertian prakerin di atas, sekarang saatnya membahas mengenai maksud dan tujuan prakerin. Pada umumnya, prakerin merupakan salah satu syarat tugas akhir kenaikan atau kelulusan siswa. Kegiatan ini memang sengaja dilakukan di akhir untuk menambah pengetahuan lebih sebelum berkecimpung dalam dunia kerja yang sesungguhnya.

Setelah mengikuti kegiatan PKL, siswa diharapkan menjadi lebih terampil dan mendapat wawasan yang lebih luas mengenai pandangan dalam dunia kerja, khususnya untuk menumbuhkan etos kerja yang tinggi dan sifat dewasa yang bisa lebih profesional. PKL merupakan salah satu wadah bagi siswa agar lebih siap dan tidak kaget lagi ketika memasuki dunia kerja yang sesungguhnya dan semakin ketat persaingannya.

Jika Anda belum paham dengan maksud dan tujuan prakerin di atas, silahkan lihat ringkasannya di bawah ini.

  • Membentuk mental siswa menjadi pekerja keras.
  • Menambah wawasan dalam dunia kerja.
  • Menjadikan siswa lebih terampil.
  • Menumbuhkan etos kerja yang tinggi.
  • Membentuk sifat dewasa yang profesional.
  • Menambah bekal siswa sebelum terjun ke dunia kerja.
  • Menambah wawasan ilmu pengetahuan yang belum didapatkan di sekolah.

Nah, itulah maksud dan tujuan dari pelaksanaan kegiatan prakerin/PKL. Sebenarnya masih banyak lagi maksud dan tujuan prakerin ini jika dikaji lebih dalam. Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan Anda mengenai maksud dan tujuan prakerin.
Semoga bermanfaat.
Rekomendasi Untuk Anda × +
0 Komentar untuk "Maksud dan Tujuan Prakerin (Praktek Kerja Industri)"

Silahkan berkomentar

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top