Pengertian dan Fungsi ISP (Internet Service Provider)

Diposting pada

Pengertian dan Fungsi ISP (Internet Service Provider)Internet Service Provider atau biasa disingkat ISP adalah perusahaan yang menawarkan jasa layanan kepada perseorangan, sekolah, kampus, perkantoran, dan masyarakat luas sehingga bisa terhubung ke jaringan internet. Aktivitas yang paling digemari oleh masyarakat luas sekarang ini adalah menggunakan internet. Entah itu browsing, chatting, bisnis online, ataupun aktivitas yang lain. Dan alat yang digunakan juga bermacam-macam seperti handphone, laptop, tablet, komputer, dan yang lainnya.

Dan untuk menggunakan internet, terlebih dahulu harus berlangganan ke Internet Service Provider agar bisa mendapatkan akses ke jaringan luas. Sebagai penyedia jasa layanan internet, ISP bisa kita gunakan sebagai akses utama untuk menuju ke internet. Keberadaan ISP saat ini sangat dibutuhkan mengingat banyaknya kebutuhan manusia yang harus menggunakan jaringan internet. Kehandalan dari sistem ISP juga akan sangat berpengaruh pada baik buruknya jaringan yang diterima, dan itu otomatis akan berpengaruh juga pada kecepatan koneksi.

Pengertian dan Fungsi ISP (Internet Service Provider)

Seperti yang telah saya jelaskan di atas bahwa definiisi Internet Service Provider (ISP) ialah perusahaan yang menawarkan jasa layanan kepada perseorangan, sekolah, kampus, perkantoran, dan masyarakat luas sehingga bisa terhubung ke jaringan internet. ISP memberikan pelayanan jaringan secara lokal maupun internasional sehingga pengguna ISP dapat terhubung dengan baik ke jaringan internet yang lebih luas.

Pengertian dan Fungsi ISP (Internet Service Provider)
Internet Service Provider

Fungsi Internet Service Provider

Selain pengertian ISP (Internet Service Provider) di atas, adapula beberapa fungsi ISP. Internet Service Provider (ISP) memiliki beberapa fungsi di dalamnya yaitu meliputi:

  1. Menyediakan jasa layanan kepada masyarakat luas untuk bisa terhubung dengan jaringan internet.
  2. Menghubungkan pelanggan internet ke gateway terdekat.
  3. Menyediakan modem sebagai dial-up .
  4. Menghubungkan pengguna ke layanan World Wide Web atau WWW.
  5. Memungkinkan pengguna untuk saling bertukan surat elektronik dengan menggunakan layanan email.
  6. Memungkinkan pengguna untuk melakukan percakapan suara melalui jaringan internet.
  7. Sebagai perantara untuk terhubung ke jaringan internet.
  8. Dapat melakukan proteksi dari penyebaran virus dengan memberikan sistem antivirus kepada pengguna.

Jenis-Jenis ISP

Internet Service Provider pada dasarnya dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Adapun jenis jenis Internet Service Provider (ISP) yaitu meliputi:

Dial Up Connection
Dial up connection adalah sebuah koneksi ke internet yang bersifat sementara saja, maksudnya pengguna tidak bisa terhubung secara terus menerus ke jaringan. Untuk biaya sendiri, pengguna hanya dikenakan biaya berdasarkan lama waktu yang mereka gunakan untuk terhubung ke jaringan internet.

Baca Juga  Pengertian Sistem Operasi Berbasis GUI (Graphical User Interface)

Untuk melakukan dial up connection, kita bisa menggunakan modem untuk sarananya. Langkahnya cukup mudah, siapkan laptop kemudian pasang modem dan install aplikasi yang ada di dalam modem tersebut. Lalu lakukan konfigurasi terhadap modem.

Dedicated Communication
Dedicated communicated adalah sebuah koneksi ke internet yang bersifat tetap, artinya pengguna dapat terhubung ke jaringan internet selama 24, biasanya selama satu bulan penuh.

Dedicated communication biasa digunakan oleh sebuah perusahaan untuk memenuhi kebutuhan karyawan yang membutuhkan banyak komputer. Sistem dedicated communication termasuk jangauan yang mahal. Untuk itu ISP memberikan pilihan batasan jumlah kepada pengguna, berapa yang boleh diupload dan didownload,

ISP sangat bermacam-macam, dan setiap ISP tidak selalu memiliki service yang sama. Maka dari itu penting untuk memperhatikan hal-hal berikut sebelum berlangganan Internet Service Provider.

Kecepatan Transfer
Karena kecepatan akses internet setiap ISP berbeda-beda, maka Anda harus teliti dalam memilih ISP. Sesuaikan juga dengan kebutuhan Anda, apakah Anda memerlukan koneksi yang cepat atau sedang-sedang saja.

Penyedia layanan internet dikatakan semakin bagus apabile memiliki kecepatan akses yang cepat. Namun disini, semakin cepat sebuah akses yang diberikan ISP harga yang dipatok juga semakin mahal. Tapi ini wajar saja, kualitas yang bagus memang tidak bisa didapat dengan harga yang murah.

Jenis Jaringan
Jaringan pada saat ini sudah mencapai 4G. Anda dapat menggunakan jaringan 4G ditempat Anda apabila memang perangkat dan tempat Anda sudah support 4G.

Kecepatan akses 4G memang lebih cepat dibandingkan dengan 3G. Dan harga yang dipatok untuk sekarang ini memang masih murah, mungkin karena masih terbilang baru ya jaringan 4G nya.

Mungkin hanya itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai pengertian ISP (Internet Service Provider) dan fungsinya, Semoga bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih.

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.