Anto Tunggal

Ilmu Komputer dan Desain Grafis

April 07, 2017

Pengertian Komputer Server dan Fungsinya

Istilah server mungkin sudah umum di telinga kita, khususnya di bidang komputer. Server sendiri merupakan suatu komputer yang menyediakan dan memberikan layanan kepada komputer client dalam suatu jaringan komputer.

Pada umumnya, komputer server menggunakan sistem operasi khusus yang biasa disebut dengan sistem operasi jaringan untuk mengontrol akses dan sumber daya di dalamnya. Selain itu, spesifikasi komputer server juga haruslah tinggi baik dari segi prosessor, RAM, dan yang lainnya.

Keberadaan komputer server sangatlah penting, mengingat untuk melakukan penghematan. Karena tanpa komputer server ini, mungkin saja sebuah perusahaan akan tidak hemat alias boros. Sebagai contoh, jika kita akan melakukan print, tanpa komputer server setiap komputer harus memiliki printer sendiri-sendiri, dan sudah dipastikan ini merupakan suatu keborosan. Maka memang sudah jelas, komputer server itu sangat penting.
Pengertian Komputer Server dan Fungsinya

Pengertian Komputer Server

Komputer server adalah komputer yang dirancang khusus untuk memberikan pelayanan kepada komputer client dengan menyediakan berbagai sumber daya.

Selain itu, server juga mengatur lalu lintas di dalam jaringan serta menyediakan resource yang dapat digunakan oleh komputer lain (client) yang sedang terhubung dengan jaringannya.

Jadi, apapun yang dibutuhkan oleh komputer client akan langsung dipenuhi oleh komputer server. Maka tidak heran jika sebuah komputer server harus memiliki spesifikasi yang tinggi, sebab komputer server harus selalu aktif melayani kebutuhan komputer client.

Jadi pada intinya, komputer server akan dan harus selalu menyala untuk memenuhi kebutuhan komputer client. Karena jika komputer server mati, maka komputer client tidak akan bisa mengakses sumber daya yang ada. Seperti website contohnya, jika server website tersebut dimatikan maka para pengunjung tidak akan bisa membuka dan mengakses website tersebut.

Fungsi Komputer Server

Adapun fungsi dari komputer server adalah sebagai berikut:
  1. Melayani permintaan komputer client.
  2. Memberikan resource (sumber daya) untuk komputer client.
  3. Mengatur lalu lintas data.
  4. Mengatur hak akses, jadi tidak semua pengguna bisa mengakses file dari server.
  5. Menyediakan aplikasi yang dapat digunakan secara bersamaan dalam sebuah jaringan.
  6. Menyimpan file yang dapat digunakan bersama dalam sebuah jaringan.

Manfaat menggunakan komputer server yang paling terlihat adalah mampu menghemat pengeluaran biaya.

Sebagai contoh, Anda merupakan pemilik perusahaan dan kebetulan baru memiliki satu buah printer. Nah, untuk menghemat pengeluaran daripada harus membeli printer baru, akan lebih hemat jika menggunakan komputer server. Karena nantinya, satu printer tersebut dapat digunakan bersama-sama oleh client di dalam jaringan tersebut.

Ini hanya satu contoh saja, masih banyak yang dapat di share oleh server kepada client seperti Scanner, Hard Disk, RAM, dan yang lainnya.

Nah, mungkin hanya ini saja yang dapat saya bagikan mengenai pengertian dan fungsi komputer server. Sebenarnya jika diulas lebih dalam lagi akan sangat panjang, namun yang saya tulis ini hanyalah secara garis besar saja.
Semoga bermanfaat.
Rekomendasi Untuk Anda × +
0 Komentar untuk "Pengertian Komputer Server dan Fungsinya"

Silahkan berkomentar

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top