Pengertian Router dan Fungsinya Lengkap

Diposting pada

Pengertian Router dan Fungsinya Lengkap – Selamat datang teman-teman TKJ Indonesia. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan artikel mengenai pengertian dan fungsi dari Router. Mungkin sudah banyak yang mengerti mengenai hal ini, namun tidak mengapa artikel ini hanya untuk yang belum mengetahuinya saja. Apa yang dimaksud router itu? Apa saja fungsi dari router? Router sendiri memiliki beberapa fungsi di dalamnya untuk melengkapi sebuah jaringan.

Pengertian Router adalah sebuah perangkat jaringan yang digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan, baik jaringan yang sama maupun jaringan yang berbeda. Router adalah sebuah perangkat yang memiliki tugas untuk mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau internet melalui sebuah proses yang dikenal dengan routing. Proses routing terjadi pada lapisan 3 OSI yaitu Network. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian router dan fungsi lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Router dan Fungsinya Lengkap

Router dapat diartikan sebagai sebuah perangkat jaringan yang digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan, baik jaringan yang sama maupun jaringan yang berbeda. Fungsi Router sendiri adalah untuk menghubungkan antara dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari sebuah jaringan ke jaringan yang lain. Router dapat digunakan untuk menghubungkan banyak jaringan kecil ke sebuah jaringan yang lebih besar yang biasa disebut dengan internetwork.

Router berbeda dengan switch, switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu jaringan LAN. Kalau Router digunakan sebagai penghubung sebuah jaringan. Jadi mudahnya, fungsi utama router adalah merutekan paket. Sebuah router memiliki kemampuan routing, yaitu dapat mengetahui kemana rute atau jalur informasi paket akan dilewatkan, apakah ditujukan untuk host yang satu network atau yang berbeda network.

Pengertian Router dan Fungsinya Lengkap
Router

Jenis-Jenis Router

Setelah mengetahui pengertian dan fungsi dari router, kurang lengkap rasanya jika tidak mengetahui jenis-jenis Router. Berikut adalah beberapa jenis-jenis router yang sering dijumpai.

  1. Router Aplikasi merupakan sebuah aplikasi yang dapat di install dalam sistem operasi komputer dan memiliki fungsi yang sama dengan sebuah router yaitu untuk mengubungkan jaringan.
  2. Router PC merupakan sebuah Personal Computer yang khusus dijadikan sebuah router dan sistem operasinya pun juga dikhususkan untuk router. Dan sistem operasi yang umum adalah Mikrotik.
  3. Router Hardware merupakan sebuah perangkat keras komputer yang memiliki fungsi yang sama dengan router, sebagai contoh membagi IP Address pada suatu wilayah (Access Point).
Baca Juga  Cara Mengatasi Error Code 0x80070017 Saat Install Windows

Mungkin hanya ini saja yang dapat saya bagikan mengenai pengertian Router, fungsi Router, serta jenis-jenis Router. Router merupakan perangkat yang tugasnya untuk mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau internet melalui sebuah proses yang dikenal dengan routing. Semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan untuk Anda semua. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.