Anto Tunggal

Ilmu Komputer dan Desain Grafis

April 20, 2017

Pengertian Router dan Fungsinya Lengkap

Selamat datang teman-teman TKJ Indonesia. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan artikel mengenai pengertian dan fungsi dari Router. Mungkin sudah banyak yang mengerti mengenai hal ini, namun tidak mengapa artikel ini hanya untuk yang belum mengetahuinya saja. 

Pengertian Router adalah sebuah perangkat jaringan yang digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan, baik jaringan yang sama maupun jaringan yang berbeda.

Router adalah sebuah perangkat yang memiliki tugas untuk mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau internet melalui sebuah proses yang dikenal dengan routing. Proses routing terjadi pada lapisan 3 OSI yaitu Network.

Fungsi Router  adalah untuk menghubungkan antara dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari sebuah jaringan ke jaringan yang lain. Router dapat digunakan untuk menghubungkan banyak jaringan kecil ke sebuah jaringan yang lebih besar yang biasa disebut dengan internetwork.

Router berbeda dengan switch, switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu jaringan LAN. Kalau Router digunakan sebagai penghubung sebuah jaringan.

Jadi mudahnya, fungsi utama router adalah merutekan paket. Sebuah router memiliki kemampuan routing, yaitu dapat mengetahui kemana rute atau jalur informasi paket akan dilewatkan, apakah ditujukan untuk host yang satu network atau yang berbeda network.

Pengertian Router dan Fungsinya Lengkap

Jenis-Jenis Router

Setelah mengetahui pengertian dan fungsi dari router, kurang lengkap rasanya jika tidak mengetahui jenis-jenis Router.

Berikut adalah beberapa jenis-jenis router yang sering dijumpai.

  1. Router Aplikasi merupakan sebuah aplikasi yang dapat di install dalam sistem operasi komputer dan memiliki fungsi yang sama dengan sebuah router yaitu untuk mengubungkan jaringan.
  2. Router PC merupakan sebuah Personal Computer yang khusus dijadikan sebuah router dan sistem operasinya pun juga dikhususkan untuk router. Dan sistem operasi yang umum adalah Mikrotik.
  3. Router Hardware merupakan sebuah perangkat keras komputer yang memiliki fungsi yang sama dengan router, sebagai contoh membagi IP Address pada suatu wilayah (Access Point).

Mungkin hanya ini saja yang dapat saya bagikan mengenai pengertian Router, fungsi Router, serta jenis-jenis Router. Semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan untuk Anda semua.
Terima kasih.
Rekomendasi Untuk Anda × +
0 Komentar untuk "Pengertian Router dan Fungsinya Lengkap"

Silahkan berkomentar

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top