April 15, 2017

Pengertian Sistem Operasi Berbasis CLI (Command Line Interface)

Pengertian Sistem Operasi CLI atau Command Line Interface adalah antar muka pada sistem operasi yang menggunakan menu baris perintah atau text. Jadi saat menggunakan sistem operasi CLI kita hanya dapat menggunakan keyboard saja untuk berinteraksi, kita tidak bisa menggunakan mouse.

Jadi, CLI menggunakan sarana keyboard untuk berinteraksi dengan komputer tersebut. Sistem operasi lebih sering digunakan sebagai admin server karena dianggap lebih cepat daripada GUI.

Untuk berinteraksi dengan komputer, OS CLI harus menggunakan perintah baris (command line) yang bisa dikenali oleh komputer. Jadi untuk orang yang awam mengenai CLI ini pasti akan kesulitan pada saat awal mengoperasikan.
Pengertian Sistem Operasi Berbasis CLI (Command Line Interface)

Kelebihan dan Kekurangan CLI

Setelah mengetahui tentang pengertian dari sistem operasi CLI (Command Line Interface), kurang lengkap rasanya jika belum mengetahui kelebihan dan kekurangan dari sistem operasi jenis CLI ini.

Setiap sistem operasi pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, termasuk sistem operasi berbasis CLI. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan sistem operasi CLI.

Kelebihan Sistem Operasi CLI

1. Performa Lebih Cepat
Ya, jika dibandingkan dengan sistem operasi GUI, CLI memang jauh lebih cepat. Karena pada sistem operasi CLI ini interface yang ditampilkan tidak terlalu membutuhkan banyak resource.

Maka dari itu, CLI lebih sering dijadikan sebagai server karena cepat. Interface yang ditampilkan CLI hanyalah perintah baris, seperti namanya. Jadi sangat wajar kalau sistem operasi CLI mempunyai performa yang cepat.

2. Membutuhkan Spesifikasi Hardware Rendah
Sistem operasi CLI hanya membutuhkan spesifikasi rendah karena interface yang ditampilkan tidak membutuhkan spesifikasi hardware yang tinggi. Jadi bisa dikatakan kalau sistem operasi CLI ini sangat ringan walaupun spesifikasi hardware komputer rendah.

Kekurangan Sistem Operasi CLI

1. Tampilan Tidak Menarik
Ya, tampilan dari sistem operasi memang hanya perintah baris saja jadi memang tidak menarik. Apalagi bagi yang masih awam menggunakannya, pasti sangat tidak user friendly.

CLI jauh beda dengan GUI dalam hal interface. Interface GUI lebih maju daripada CLI, jadi sistem operasi CLI memang kebanyakan digunakan sebagai server saja.

2. Harus Mengerti Perintah
Untuk mengoperasikan sistem operasi CLI, kita harus mengerti apa saja perintah dan fungsi agar CLI dapat berjalan. Perintah ini memang tidak sedikit, jadi otak kita harus bisa menguasai semua perintah tersebut.

Macam-Macam Sistem Operasi CLI

Keluarga DOS (Disk Operating Sistem)
  1. MS DOS (Microsoft Disk Operating Sistem) 
  2. IBM PC-DOS (International Business Machine Personal Computer Disk Operating Sistem)
  3. DR-DOS (Digital Research Disk Operating Sistem)
  4. Novell Personal Netware
  5. Caldera DOS
  6. Free DOS
Keluarga POSIX
  1. POSIX.1
  2. POSIX.2
  3. POSIX.3
  4. POSIX.4
  5. POSIX.5
  6. POSIX.6
  7. POSIX.7
  8. POSIX.8
  9. POSIX.9
Linux
Tidak semua distro Linux itu CLI, ada pula yang GUI. Jadi sangat banyak macam-macam distro Linux yang tersedia baik itu CLI maupun GUI.

Nah, mungkin hanya ini saja artikel mengenai pengertian sistem operasi CLI (Command Line Interface), kelebihan dan kekurangan, serta macam-macam sistem operasi berbasis CLI.

Semoga bermanfaat.
Terima kasih.

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon