Pengertian Sistem Operasi Berbasis CLI (Command Line Interface)

Diposting pada

Pengertian Sistem Operasi Berbasis CLI (Command Line Interface) – Pengertian Sistem Operasi CLI atau Command Line Interface adalah antar muka pada sistem operasi yang menggunakan menu baris perintah atau text. Jadi saat menggunakan sistem operasi CLI kita hanya dapat menggunakan keyboard saja untuk berinteraksi, kita tidak bisa menggunakan mouse. Jadi, CLI menggunakan sarana keyboard untuk berinteraksi dengan komputer tersebut. Sistem operasi lebih sering digunakan sebagai admin server karena dianggap lebih cepat daripada GUI.

Pengertian Sistem Operasi Berbasis CLI (Command Line Interface)
Sistem Operasi CLI

Untuk berinteraksi dengan komputer, OS CLI harus menggunakan perintah baris (command line) yang bisa dikenali oleh komputer. Jadi untuk orang yang awam mengenai CLI ini pasti akan kesulitan pada saat awal mengoperasikan. Apa yang dimaksud sistem operasi CLI itu? Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian sistem operasi berbasis CLI (Command Line Interface). Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Sistem Operasi Berbasis CLI (Command Line Interface)

CLI merupakan media antarmuka pada sistem operasi yang menggunakan menu baris perintah atau text. Setelah mengetahui tentang pengertian dari sistem operasi CLI (Command Line Interface), kurang lengkap rasanya jika belum mengetahui kelebihan dan kekurangan dari sistem operasi jenis CLI ini. Setiap sistem operasi pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, termasuk sistem operasi berbasis CLI. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan sistem operasi CLI.

Kelebihan Sistem Operasi CLI

Setelah membahas tentang pengertian CLI, selanjutnya saya akan menjelaskan tentang kelebihan dari SO CLI. CLI memiliki beberapa kelebihan di dalamnya. Adapun beberapa kelebihan sistem operasi berbasis CLI yaitu meliputi:

Performa Lebih Cepat
Ya, jika dibandingkan dengan sistem operasi GUI, CLI memang jauh lebih cepat. Karena pada sistem operasi CLI ini interface yang ditampilkan tidak terlalu membutuhkan banyak resource. Maka dari itu, CLI lebih sering dijadikan sebagai server karena cepat. Interface yang ditampilkan CLI hanyalah perintah baris, seperti namanya. Jadi sangat wajar kalau sistem operasi CLI mempunyai performa yang cepat.

Membutuhkan Spesifikasi Hardware Rendah
Sistem operasi CLI hanya membutuhkan spesifikasi rendah karena interface yang ditampilkan tidak membutuhkan spesifikasi hardware yang tinggi. Jadi bisa dikatakan kalau sistem operasi CLI ini sangat ringan walaupun spesifikasi hardware komputer rendah.

Baca Juga  7 Layer OSI (Lapisan OSI Layer), Fungsi, Pengertian, dan Penjelasannya

Kekurangan Sistem Operasi CLI

Selain kelebihan, adapula kekurangan sistem operasi berbasis CLI. Adapun beberapa kekurangan dari sistem operasi CLI yaitu sebagai berikut:

Tampilan Tidak Menarik
Ya, tampilan dari sistem operasi memang hanya perintah baris saja jadi memang tidak menarik. Apalagi bagi yang masih awam menggunakannya, pasti sangat tidak user friendly. CLI jauh beda dengan GUI dalam hal interface. Interface GUI lebih maju daripada CLI, jadi sistem operasi CLI memang kebanyakan digunakan sebagai server saja.

Harus Mengerti Perintah
Untuk mengoperasikan sistem operasi CLI, kita harus mengerti apa saja perintah dan fungsi agar CLI dapat berjalan. Perintah ini memang tidak sedikit, jadi otak kita harus bisa menguasai semua perintah tersebut.

Macam Macam Sistem Operasi CLI

Selain pengertian sistem operasi berbasis CLI, kelebihan sistem operasi berbasis CLI dan kekurangan sistem operasi berbasis CLI di atas. Adapula macam macam sistem operasi berbasis CLI. Berikut macam macam CLI yaitu meliputi

Keluarga DOS (Disk Operating Sistem)
Jenis sistem operasi berbasis CLI yang pertama ialah keluarga DOS. Adapun macam macam keluarga Disk Operating Sistem yaitu meliputi:

  1. MS DOS (Microsoft Disk Operating Sistem) 
  2. IBM PC-DOS (International Business Machine Personal Computer Disk Operating Sistem)
  3. DR-DOS (Digital Research Disk Operating Sistem)
  4. Novell Personal Netware
  5. Caldera DOS
  6. Free DOS

Keluarga POSIX
Jenis sistem operasi berbasis CLI selanjutnya ialah keluarga POSIX. Adapun macam macam keluarga POSIX yaitu meliputi:

  1. POSIX.1
  2. POSIX.2
  3. POSIX.3
  4. POSIX.4
  5. POSIX.5
  6. POSIX.6
  7. POSIX.7
  8. POSIX.8
  9. POSIX.9

Linux
Tidak semua distro Linux itu CLI, ada pula yang GUI. Jadi sangat banyak macam-macam distro Linux yang tersedia baik itu CLI maupun GUI.

Nah, mungkin hanya ini saja artikel mengenai pengertian sistem operasi CLI (Command Line Interface), kelebihan dan kekurangan, serta macam-macam sistem operasi berbasis CLI. CLI merupakan antar muka pada sistem operasi yang menggunakan menu baris perintah atau text. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.