April 12, 2017

Tips Memilih Tampilan Tema Blog yang Bagus dan Keren

Tags
Tampilan sebuah blog menjadi penilaian pertama yang dilihat oleh pengunjung. Tampilan yang simple dan mudah dinavigasi akan lebih disukai oleh pengunjung dibandingkan dengan tampilan tema yang terlalu banyak widget yang kurang penting.

Jadi, menentukan tampilan tema sangatlah penting karena akan berdampak pada User Experience. Tampilan tema yang baik akan memberikan user experience yang baik pula, dan sebaliknya tempilan tema yang semrawut akan memberikan user experience yang buruk

Sebenarnya dalam menentukan tema ini kita bebas saja karena kita memiliki hak sendiri-sendiri terhadap blog kita. Namun jangan lupa tetap memperhatikan tata letak atau layout template yang baik dan nyaman dipandang.

Dalam blog saya ini, memang sengaja saya buat sederhana saja. Tidak banyak widget yang saya pasang karena saya hanya memasang widget yang sekiranya penting bagi pengunjung saja. Karena terkadang begini, pemilik blog memasang widget yang dia sukai namun belum tentu pengunjung menyukai widget tersebut. Maka dari itu, kita juga harus memikirkan pengunjung juga karena jika tidak ada pengunjung siapa yang akan datang ke blog kita?
Tips Memilih Tampilan Tema Blog yang Bagus dan Keren

Inilah Cara Memilih Template yang Benar

1. Pilih Template yang Responsive
Sekarang ini pengguna smartphone sudah semakin meningkat. Dari hal itu, banyak orang yang lebih memilih mencari informasi di google dengan menggunakan smartphone mereka. Dan inilah alasan kenapa kita harus memilih tampilan tema yang responsive.
Template Responsive apa sih? Template Responsive adalah tampilan tema yang apabila dibuka melalui smartphone ataupun desktop tata letak dan ukurannya akan otomatis menyesuaikan dengan ukuran layar tersebut. Itu template responsive.

Coba bayangkan jika kita tidak menggunakan template responsive dan ada pengungung yang membuka halaman blog kita melalui smartphone, maka yang ada adalah mereka harus melakukan zoom-in dan zoom-out untuk membaca konten. Dan ini sudah jelas akan memberikan user experience yang sangat buruk.

2. Pilih Template yang User Friendly
Kembali lagi ke user experience, pemilik blog harus menyediakan menu blog yang mudah untuk dinavigasi baik dari mobile smartphone maupun desktop. Karena masih ada saja sebuah blog yang mudah dinavigasi melalui dektop namun sulit dinavigasi melalui smartphone.

Apa itu Template User Friendly? Template user friendly adalah template yang mudah dan nyaman digunakan atau dinavigasi oleh pengguna. Contoh kecil template mobile friendly adalah ketika pengunjung dari mobile smartphone hendak membuka menu navigasi, dia tidak dipersulit dengan kecilnya tombol navigasi yang ada.

Pada intinya, template user friendly akan membuat pengunjung nyaman dengan tampilan yang ada. Selain itu pengunjung juga akan mudah menavigasi blog kita.

3. Pilih Template yang Fast Load
Hampir semua pengunjung blog tidak suka jika dihadapkan dengan loading blog yang lama alias lemot. Maka dari itu, kita sebagai pemilik blog harus pintar-pintar mengambil keputusan terkait kecepatan blog. Terutama dalam memilih template yang fast load.

Dalam hal kecepatan loading blog, kita harus bisa memaksimalkan kecepatan desktop dan juga mobile smartphone. Karena mengingat penggunaan smartphone semakin banyak, jadi kita memang harus memperhatikan kecepatan blog jika diakses melalui mobile.

Kesimpulan
Ketika memilih template blog, pastikan mencakup ketiga aspek diatas. Karena itu akan memberikan user experience yang bagus. Jangan memilih template karena tampilan yang bagus saja, perhatikan juga faktor responsive, user friendly, dan kecepatannya.

Oke, semoga artikel ini bisa memberikan gambaran kepada Anda semua mengenai bagaimana sih cara memilih tema atau template blog yang bagus dan benar.

Semoga bermanfaat.
Terima kasih.

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon