8 Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Diposting pada

8 Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan – Setiap makhluk hidup memiliki susunan sel yang berbeda beda. Baik struktur sel manusia, hewan, bahkan tumbuhan sekalipun tidak bisa disamakan. Perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan sendiri merupakan sesuatu yang tidak asing dan umum kita jumpai mengingat setiap makhluk diciptakan berbeda beda. Pada hakekatnya hewan dapat diklasifikasikan kedalam 5 kingdom hewan yang berbeda. Sedangkan tumbuhan sendiri dibagi menjadi kingdom kingdom berbeda sesuai dengan klasifikasinya.

Materi perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan dapat dengan mudah kita temukan pada pembelajaran biologi di tingkat universitas mapun SMA. Penelitian secara anatomi sendiri telah membuktikan bahwa struktur sel hewan dan tumbuhan memang berbeda. Namun jika dikaji lebih dalam lagi kita akan menemukan fakta bahwa struktur dasar sel hewan dan sel tumbuhan juga memiliki kesamaan.

Yang menjadi point penting dalam perbedaan sel hewan dan tumbuhan adalah tentang perbedaan yang terdapat pada struktur dinding sel serta vakuolanya. Baik stuktur sel hewan dan tumbuhan memiliki kesamaan walaupun hanya sedikit. Namun kedua sel ini mengalami perbedaan dalam hal perkembangan yang menyesuaikan dengan lingkungan. Akibatnya timbulah perbedaan pada struktur selnya.

8 Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Kita bisa melakukan uji laboratorium yang menyertakan sampel dari setiap subjek. Tujuannya adalah untuk mendapatkan pembuktian serta kejelasan dari perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan itu sendiri. Dalam meneliti sel hewan dan tumbuhan pun juga harus dilakukan secara teliti. Mengapa demikian? karena jika kita tidak terlalu paham dalam proses penelitian ini kita tidak akan mampu menemukan perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan.

Dalam artikel kali ini saya akan memberikan cuplikan singkat tentang hasil penelitian yang membuktikan adanya perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan. Namun untuk memahami perbedaan sel tersebut, sebelumnya anda perlu memahami tentang perbedaan struktur sel hewan dan sel tubuhan terlebih dahulu. Setelah memahami struktur kedua makhluk ini maka kita juga harus memahami tentang sel tumbuhan dan sel hewan secara umum agar kita mengetahui perbedaannya.

Struktur Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Secara garis besar struktur sel hewan dan sel tumbuhan terdiri dari struktur dasar yang sama. Seperti yang telah saya terangkan sebelumnya perbedaan struktur sel hewan dan tumbuhan ini terlihat pada perkembangan yang signifikan sesuai dengan lingkungan masing masing sehingga menyebabkan timbulnya perbedaan antara hewan dan tumbuhan tersebut. Salah satu perbedaan tersebut terlihat dari segi ekologi dimana tumbuhan merupakan makhluk yang mampu menciptakan makanan sendiri sedangkan hewan adalah makhluk yang berperan memakan tumbuhan dan hewan lain yang ada.

Struktur sel hewan dan sel tumbuhan juga bersenggolan langsung dengan jaringan jaringan sel yang terdapat pada hewan dan tumbuhan tersebut. Hal ini sendiri telah kita bahas dalam artikel sebelumnya yang berjudul Perbedaan Jaringan Hewan dan Jaringan Tumbuhan.

Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Untuk mengetahui perbedaan sel hewan dan tumbuhan maka simaklah tabel dibawah ini sebagai acuan referensi:

Tabel perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan
Tabel perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan

Berdasarkan tabel perbedaan di atas kita dapat menyimpulkan bahwa terdapat 7 perbedaan dasar pada sel hewan dan sel tumbuhan. Sedangkan Perbedaan ke 8 terletak pada jaringan jaringan sel itu sendiri yang sebelumnya telah kita bahas.

Baiklah, kita telah mengetahui apa perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan seperti diatas. Maka saatnya kita membaca penjelasan tentang sel hewan dan sel tumbuhan itu sendiri. Dengan tujuan agar materi yang kita dapatkan mudah untuk diingat dan dicerna.

Sel Hewan

Sel hewan memiliki jaringan organ yang khas dan unik pada setiap selnya yang tidak terdapat pada sel tumbuhan yang disebut sentriol. Sentriol sendiri merupakan sepasang struktur menyerupai silinder dengan lubang ditengahnya dan tersusun dari kumpulan protein mikrotubulus. Anggota pasangan sentriol ini umumnya terletak paa posisi yang menyudut ke kanan satu sama lain. Sentriol sendiri tersusun dari mikrotubulus yang bersatu dan membentuk sebuah struktur protein layaknya jala yang beredakatan.

Selain memiliki sentriol ternyata hewan juga memiliki vakula. Vakoula merupakan ruang yang terdapat dalam sel dan berfungsi untuk menjaga tekanan sel itu sendiri. Meskipun juga terdapat beberapa hewan yang tidak memiliki bagian ini juga seperti amoeba dan hewan bersel satu lainnya.

Sel Tumbuhan

Sel tumbuhan yang paling mencolok dan membedakan dengan sel hewan adalah adanya kloropla. Namun dalam bahasa sehari hari kita bisa menyebutnya sebagai klorofil. Bagian inilah yang membuat tumbuhan berwarna hijau dan mampu membuat makanan sendiri atau berfotosintesis.

Pada hakekatnya baik hewan dan tumbuhan diciptakan untuk hidup saling berdampingan dengan manusia. Adanya kesinambungan antara manusia hewan dan tumbuhan juga telah memberikan dampak berupa munculnya rantai makanan dan jaring jaring makanan yang nantinya akan kita bahas setelah artikel ini. Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *