Puisi Ibu (Kumpulan Puisi Sedih Tentang Ibu Singkat dan Penuh Makna)

Diposting pada

Puisi Ibu (Kumpulan Puisi Sedih Tentang Ibu Singkat dan Penuh Makna) – Ibu merupakan orang yang melahirkan kita kedunia ini dan tanpa jasanya kita tidak akan bisa tumbuh dan hidup menjadi seperti sekarang ini. Terdapat banyak sekali cara untuk mengungkapkan rasa sayang dan cinta kepada ibu kita, salah satunya dengan menggunakan puisi ibu. Puisi ibu umumnya berisi tentang renungan dan ungkapan bagaimana cara seorang ibu membesarkan anaknya dan sayang padanya melebihi rasa sayang terhadap dirinya sendiri. Dalam dunia pendidikan, kumpulan puisi ibu sedih yang diberikan pada murid umumnya agar mereka lebih menghargai jasa jasa orang tua khususnya ibu.

Melalui contoh puisi ibu juga banyak sastrawan ternama yang mengungkapkan rasa sayang dan aspirasinya terhadap ibu mereka. Jika ada pepatah “Jasa ibu tidak akan pernah lekang oleh waktu” itulah ungkapan yang sesuai untuk apa yang sudah ibu lakukan kepada kita. Mulai dari mengandung selama 9 bulan, melahirkan kita dengan taruhan nyawa, memberikan kita air susu sehingga kita bisa tumbuh dan berkembang, merawat dan mendidik kita hingga dewasa. dan masih banyak lagi jsa ibu yang tidak dapat saya sampaikan. Maka dari itu sayangilah dan hormatilah ibu kita.

Bahkan sebenarnya sebanyak apapun kumpulan puisi ibu sedih yang kita bacakan tidak akan pernah bisa menggantikan jasa seorang ibu. Sebagai seorang anak kita dapat memberikan penghormatan berupa membantu ibu kita, memberikan kado ulang tahun, disamping mempersembahkan puisi ibu singkat dan bermakna, merawatnya ketika sudah tua dan sebagainya. Pada dasarnya terdapat berbagai cara untuk membahagiakan ibu kita bahkan dengan hal kecil sekalipun.

Puisi Ibu (Kumpulan Puisi Sedih Tentang Ibu Singkat dan Penuh Makna)
contoh puisi ibu singkat dan mengharukan

Bagi penyair Ibu merupakan orang yang paling berarti dalam hidupnya. Untuk menghormati jasa ibu banyak penyair mendedikasikan hidupnya membuat kumpulan puisi tentang ibu yang mengungkapkan betapa beratnya perjuangan seorang ibu untuk menghidupi anaknya. Kumpulan puisi ibu inilah yang nantinya akan banyak dicari oleh pembaca dan tak lekang oleh waktu.

Puisi Ibu (Kumpulan Puisi Sedih Tentang Ibu Singkat dan Penuh Makna)

Tidak perlu memberikan sesuatu yang mewah dan mahal untuk menyenangkan hati ibu karena hanya dengan sepenggal puisi ibu singkat dan bermakna pada dasarnya sudah sangat menghibur hati ibu kita. Kenapa demikian? Karena sebenarnya seorang ibu tidaklah mengharapkan balasan dari anaknya atas semua jasa yang dilakukan terhadap anaknya. Umumnya seorang ibu hanya memberikan permintaan yang sederhana yakni “bersabarlah ketika merawatku saat aku tua nanti karena dulu aku juga sangat bersabar ketika merawatmu ketika kamu masih bayi bahkan masih dalam kandungan“. Maka ingatlah, sebanyak apapun kumpulan puisi ibu singkat yang kita berikan tidak akan bisa membalas jasa jasanya.

Puisi adalah karya sastra yang kerap kali digunakan untuk mengungkapkan curahan hati atau perasaan sang pengarang. Bagi penyair puisi merupakan pena hati yang dihunakan untuk menulis. Umumnya puisi yang beredar bertemakan romantis, puisi sedih, puisi ibu, dan puisi singkat lainnya. Jika anda belum terlalu paham tentang puisi maka anda dapat membaca artikel sebelumnya yang berjudul Pengertian Puisi, Ciri-Ciri, Jenis, Unsur dan Contoh Puisi. Kali ini saya akan memberikan beberapa contoh puisi ibu singkat dan bermakna yang dapat anda persembahkan untuk ibu anda.

Kumpulan puisi ibu singkat sedih penuh makna

Sebenarnya kita bisa menemukan berbagai contoh puisi ibu dalam bentuk media cetak. Umumnya kumpulan puisi ibu sedih karangan sastrawan terkenal seperti chairil anwar, zawawi imron, dan sebagainya dapat kalian jumpai melekat di toko buku gramedia, togamas dan lain sebagainya. Tidak ada salahnya sebagai seorang anak memberikan penghargaan dan apresiasi untuk ibu kita melalui sebuah karya sastra.

Dan sebagai bukti kasih sayang saya kepada seorang ibu. Maka dalam artikel kali ini saya akan memberikan kumpulan puisi ibu singkat terbaik yang sedih singkat namun bermakna luas. Silahkan simak kumpulan puisi di bawah ini dan cobalah tangkap maknanya.

Contoh Puisi Ibu Singkat

Puisi sendiri sebenarnya sudah menjadi materi dasar yang diperkenalkan pada siswa bahkan semenjak duduk di bangku sekolah dasar. Beragam tema pun bisa kita angkat untuk menjadi karya sastra tersebut. Sayangnya, contoh puisi yang ada di dalam buku bersifat terbatas dan terkesan acak. Meski materi yang membahas puisi dengan tema spesifik tak terlalu mendapat sorotan di buku pedoman bahasa indonesia. Kita masih bisa mencarinya dari sumber lain seperti internet.

Lazimnya contoh puisi ibu singkat hanya terdiri dari 4 bait saja. Tapi menurut saya pribadi, aturan yang membahas bait dan larik tersebut justru akan membatasi nilai estetik dari karya sastra itu sendiri. Maka dari itu saya ingin menggaris bawahi untuk memunculkan kesan sedih dan mendalam pada sebuah puisi jangalah berpegang pada jumlah bait. Jika kalian sedang mendapatkan tugas untuk menulis puisi singkat maka simaklah beberapa contoh di bawah:

Wanita Miskin Disana
puisi untuk ibu karya “Rayhandi”

Wanita miskin disana
Yang beralaskan sandal jepit
Yang menjadi kacung orang
Dialah ibuku.

Wanita miskin disana
Yang tiap hari bermandikan keringat
Yang tiada rasa lelah bekerja
Dialah ibuku.

Wanita miskin disana
Yang tiap gelap terlelap dalam lelah
Yang tiap fajar bangun dengan lesu
Dialah ibuku.

Wanita miskin disana
Yang mencari sesuap nasi untukku dan adikku
Wanita terkuat yang pernah kutemui
Tanpa kenal lelah beerusaha untuk anaknya.

Wanita miskin disana
Dialah lenteraku, cahayaku
Dialah yang menyinariku dalam kegelapan
Dia mempertaruhkan semua untukku.

Wanita miskin disana
Tanpa terdengar keluh kesah tetap berjuang
Yakin dan teguh karena tuhan selalu bersamanya
Meskipun dengan cara berbeda.

Baca Juga  5 Contoh Paragraf Induktif Terbaru

Wanita miskin disana
Tidak cantik namun hatinya indah
Dia seorang wanita biasa.
Namun memiliki cerita hidup nan luar biasa.

Wanita miskin disana
Meski ia tidak kaya
Namun ia tidak kafir
Karena ia begitu teguh akan imannya.

Wanita miskin disana
Selalu kudoakan dia dalam setiap ibadahku
Siang malam menjadi saksi bagaimana dia menangis dalam sepi
Kelaparan hingga akhirnya lapar merenggut nyawanya.

Puisi Ibu Tersayang

Mengungkapkan rasa terimakasih atas kasih sayang ibu lewat puisi menjadi salah satu pilihan beberapa orang. Misalnya saja penyair terkenal chairul anwar ataupun zawawi imron yang notabenya sudah terkenal. Contoh puisi ibu karya zawawi imron merupakan karya sastra abadi yang didedikasikan untuk perempuan yang selama ini mengurusnya.

Puisi ibu singkat dibawah ini menceritakan tulusnya hati seorang ibu kepada anaknya, ketulusan ini akhirnya disamakan menyerupai seorang malaikat. Singkatnya, sang pengarang melihat ibunya sebagai seorang malaikat yang dikirimkan untuk menjaganya. Akhirnya sang pengarangpun menuangkan perasaannya melalui contoh puisi ibu singkat yang berjudul kau adalah malaikat untukku.

Kau Adalah Malaikat Untukku
puisi ibu karya “Rayhandi”

Ibu ..
Engkau adalah malaikat untukku
Wanita terhebat dengan hati baja
Wanita yang ditakdirkan hidup untuk kami.

Oh, Ibu
Engkau adalah malaikat untukku
Lahir dari rahimmu
Keluar dari jasadmu.

Ibu
Engkau adalah malaikat bagiku
Wanita yang selalu menemani gelisahku
Mendoakan setiap malamku.

Oh, Ibu
Engkau adalah malaikat bagiku
Suka duka engkau selalu ada untukku
Canda tawa engkau selalu tersenyum untukku.

Ibu
Engkau adalah malaikat bagiku.
Sebelum lahirpun engkau sudah memberikan cintamu
Cintamu untukku yang membuatmu bertaruh nyawa.

Ibu
Engkau malaikat bagiku
Engkau berani sirna hanya untukku
Berkorban nyawa untuk anakmu.

Oh, Ibu
Engkau adalah malaikat bagiku
Seorang hawa yang dikirim tuhan untuk menjagaku
Engkau malaikat tanpa sayap ku.

Puisi Ibu Sedih

Puisi ibu singkat selanjutnya menceritakan tentang jasa jasa seorang ibu, sang pengarang menyadari bahwasanya jasa ibu tidak akan bisa dibalas dan digantikan oleh apapun. Begitu besarnya jasa seorang ibu sampai sampai ia rela mengorbankan apapun demi anaknya. Pengarang kembali mencurahkan isi hatinya melalui karangan dan kumpulan puisi ibu menyentuh hati yang berjudul jasamu ibu.

Jasamu Ibu
puisi untuk ibu karya “Rayhandi”

Jasa yang tidak akan pernah bisa kubalas
Engkau rela pertaruhkan nyawa untuk mengeluarkanku
Darah juga lelahmu menjadi saksi bisu akan cinta dan pengorbananmu.

Sampai akhir hayatku
Tetap kutakbisa membayar lunas semua hutang-hutangku
Terlalu besar apa yang telah engkau berikan padaku.

Oh ibu ampunilah aku
Ketika aku berbuat kesalahan
Ketika aku menyakitimu dengan segala tingkah lakuku
Maafkan aku ibu, ampuni aku ibu.

Engkaulah segalanya untukku
Segunung emas dan perhiasan tidak akan mampu membelimu
Tidak ada materi didunia yang dapat membelimu.

Ibu dengarlah janji anakmu
Aku berjanji suatu saat akan berguna untukmu
Tidak akan kubiarkan engkau hidup dalam kesendirian
Akan kujaga dan kudoakan kau hingga ujung waktu menjemputku.

Puisi Ibu 4 Bait

Pernahkan terbayang betapa berat penderitaan seorang ibu mulai dari mengandung kita hingga membesarkan kita? pernahkan terbayang betapa beban berat yang harus dipikulnya tanpa mengharap imbalan apapun? Itulah yang dirasakan seorang ibu dalam setiap tangisannya. Sebagai anak tentu kita tak akan mampu membayangkan hidup dalam perspektif tersebut.

Dalam contoh puisi ibu singkat 4 bait yang satu ini pengarang mencoba menarik kita masuk dalam emosi dan sudut pandang seorang ibu yang memikul beban berat membesarkan anaknya. Meski hanya terdiri dari 4 bait tapi saya ingin mencoba memaksimalkan makna di dalamnya. Kumpulan puisi ibu singkat yang berjudul tangisan dari bunda ini mengandung banyak makna.

Tangisan Dari Bunda
Puisi untuk ibu karya “Monika Sebentina”

Dalam senyuman engkau sebunyikan letihmu
Siang dan malam penderitaan menghampirimu
Tak sedetikpun langkahmu terhenti
Untuk memberikan harapan untukku

Cacian dan makian tidak pernah lepas darimu
Cercaan dan hinaan engkau hiraukan demi anakmu
Langkah demi langkah engkau tempuh untuk masa depanku
Perjalanan untuk mencari harapan untuk anakmu

Bukan segunung emas dan berlian yang menjadi harapanmu
Bukan tumpukan uang yang menjadi keinginanmu
bukan juga sebuah patung monumen atas semua jasamu
Tapi keingan dari hatimu untuk membahagiakan anakmu

Satu kalimat yang selalu aku ingat dari bibirmu
Menemaniku menghadapi kerasnya dunia
Aku menyayangimu, sekarang hingga waktu tak lagi bersamamu
Aku sangat menyayangimu hai anakku dengan ketulusan segala hatiku.

Kumpulan puisi ibu singkat di atas hanyalah sekelumit dari curahan hati kepada perjuangan orang yang sudah melahirkan saya. Singkatnya, Kehadiran orang tua memang sangat berjasa untuk kehidupan. Maka dari itu sebagai seorang anak, sudah menjadi tanggung jawab kita untuk selalu merawat ibu masing-masing. Jika kita tidak bisa memberikan puisi ibu singkat atau puisi untuk ibu di atas, maka cukup peluklah ibumu dan katakan aku sayang padamu.

Itulah puisi ibu dan kumpulan puisi ibu sedih menyayat hati dan bikin nangis yang dapat saya berikan kepada anda. Tidak perlu memberikan sebatang emas, segelontor uang, segunung perhiasan kepada ibu untuk membalas semua jasa jasanya. cukup bantulah dia, senangkan dia, berikan dia hadiah, berikan dia puisi ibu singkat dan penuh makna, serta rawatlah dengan sabar ketika ibumu sudah mulai menua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.