Anto Tunggal

Ilmu Komputer dan Desain Grafis

May 12, 2017

Cara Mengatasi Layar Laptop Kedap-Kedip

Layar pada laptop atau komputer yang berkedip (kedap-kedip) merupakan masalah yang pernah saya alami. Pada saat itu saya menggunakan laptop dengan sistem operasi Windows. Awalnya saya tidak tahu apa penyebab layar laptop saya berkedip hidup mati. Lalu saya mencoba mengutak-atik sebisanya pada bagian kabel flexibel namun hasilnya sama saja, entah saya yang tidak bisa atau bagaimana saya juga kurang tahu. Namun pada akhirnya saya menemukan cara mengatasi layar laptop kedap-kedip ini.

Jujur saja, mengalami masalah monitor yang kedap-kedip sangat mengganggu pekerjaan. Terlebih jika kita diharuskan fokus pada pekerjaan tersebut, yang ada dengan munculnya masalah ini malah menjadi mengganggu pekerjaan saja. Apakah Anda juga pernah mengalaminya?

Kalau menurut saya, banyak sekali penyebab layar monitor laptop kedap-kedip. Berikut ini adalah beberapa penyebabnya:

1. Masalah VGA
VGA merupakan kartu grafis yang mendukung munculnya sebuah tampilan pada monitor. Ini sangat mempengaruhi hasil dari tampilan grafisnya. Jika kualitasnya bagus, maka tampilan pada layar akan bagus juga dan sebaliknya. Masalah VGA sering menyebabkan layar laptop kedap-kedip. Biasanya karena VGA tidak kuat menjalankan atau menampilkan grafis yang diberikan oleh user.

Sebagai contoh, Anda bermain game GTA V menggunakan VGA Intel 512MB misalnya. Maka hal tersebut termasuk penyiksaan terhada VGA, dan salah satu dampak dari hal itu adalah layar pada monitor laptop menjadi berkedip berkali-kali. Jadi, jika Anda akan bermain game pastikan juga VGAnya kuat menjalankan game tersebut.

2. Kabel Rusak
Kabel yang menghubungkan laptop dengan monitor juga bisa menyebabkan layar berkedip kalau dalam keadaan yang rusak atau cacat. Kalau masalah saya kemarin adalah karena kabelnya kendor alias tidak kencang. Jadi ya wajar saja kalau terjadi masalah layar laptop yang kedap-kedip.

Jadi, cek terlebih dahulu pada kabel monitor apakah terjadi kerusakan atau tidak. Kalau iya silahkan ganti dengan yang lain, kalau bisa yang baru. Atau kalau mau mencobanya ya pinjam punya teman terlebih dahulu saja, takutnya setelah beli tetap saja tidak bisa.

3. Suhu Processor Panas
Anda seorang gamer yang suka bermain game berlama-lama? Sering mengalami masalah layar laptop berkedip-hedip? Ya ini wajar saja, karena salah satu penyebab monitor berkedip adalah karena kondisi processor sedang panas.

Jika Anda memang sering menggunakan laptop atau komputer dengan suhu yang panas, alangkah baiknya tambahkan kipas external agar pendinginan processor bisa maksimal dan menghindari layar laptop yang berkedip.
Cara Ampuh Mengatasi Layar Laptop Kedap-Kedip

Cara Mengatasi Layar Laptop Berkedip

Tips ini berdasarkan pengalaman saya yang alhamdulillah bisa mengatasi permasalahan layar laptop kedap-kedip ini. Ingat, cara ini mungkin belum tentu work atau bekerja untuk mengatasi permasalahan pada laptop Anda. Jadi jangan terpaku pada satu cara saja. coba semua cara yang sekiranya masuk akal dan bisa mengatasi layar laptop berkedip ini.

1. Ganti/Cek Kabel
Seperti yang saya katakan di atas, masalah kabel yang rusak atau cacat bisa menyebabkan layar laptop kedap-kedip sendiri secara terus menerus. Pengalaman saya kemarin, saya hanya mengencangkan kabelnya dan alhamdulillah bisa normal lagi. Anda bisa mencoba cara ini dahulu, karena sebagian besar memang karena kabel yang kendor.

Kalau ketika sudah dikencangkan namun tetap tidak bisa, silahkan pergi ke service center dan minta dicoba dahulu dengan kabel yang ada di sana. Kalau ternyata bisa, maka sudah jelas letak permasalahan tersebut ada pada kabel. Silahkan beli kabel yang baru.

2. Cek VGA
Langkah kedua adalah mengecek kondisi VGA. Kalau Anda tidak bisa melakukannya sendiri, Anda bisa pergi ke tukang service untuk mengeceknya. Atau Anda bisa langsung menanyakan kenapa kok layar laptopnya kedap-kedip.

Jika memang VGA yang rusak, mau tidak mau ya harus ganti VGA dengan yang baru. Tidak perlu baru juga tidak masalah, yang penting masih bisa dipakai.

3. Dinginkan Suhu Processor
Cara mendinginkan suhu processor agar layar tidak kedap-kedip adalah bisa dengan menambah kipas external. Banyak kok yang menjual dengan harga terjangkau. Sebenarnya Anda juga bisa menggunakan kipas angin sebagai tambahan, namun ini kurang efektif. Yang efektif tetap fan external yang diletakkan pada bagian laptop.

Dengan ini, kemungkinan besar layar laptop Anda sudah tidak akan berkedip-kedip lagi. Lalu bagaimana jika masalah tersebut belum bisa teratasi dengan cara-cara di atas? Silahkan bisa pergi ke tukang service terdekat untuk menanyakan permasalahannya.

Mungkin hanya ini saja yang dapat saya sampaikan. Semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam mengatasi layar laptop yang berkedip-kedip. Dan semoga artikel ini juga bermanfaat untuk Anda semua.
Terima kasih.
Rekomendasi Untuk Anda × +
4 Komentar untuk "Cara Mengatasi Layar Laptop Kedap-Kedip"

4 Responses to "Cara Mengatasi Layar Laptop Kedap-Kedip"

Terima kasih sangat membantu.

cara mengencanngkkan kabel itu gimna?

Silahkan berkomentar

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top