Anto Tunggal

Ilmu Komputer dan Desain Grafis

May 10, 2017

Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi

Terkadang, orang lebih suka menggunakan touchpad laptop daripada mouse external. Ini bukan tanpa alasan, mungkin mereka belum punya mouse atau memang tidak suka menggunakan mouse. Namun semua itu akan menjadi sebuah masalah ketika touchpad laptopnya tidak berfungsi. Selanjutnya mereka akan mencari cara mengatasi touchpad laptop yang tidak berfungsi dan terdampar di blog ini.

Anda sangat tepat bisa berada di blog ini karena pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial mengatasi touchpad pada laptop atau netbook yang tidak berfungsi alias tidak bisa digunakan.

Anda pengguna laptop? Lebih suka menggunakan touchpad daripada mouse? Ya ya ya, tentu ini merpakan sebuah masalah yang bisa dibilang sedikit menjengkelkan. Karena mungkin dengan tidak berfungsinya touchpad laptop ini membuat pekerjaan yang dikerjakan sedikit terhambat.

Touchpad sendiri memiliki fungsi yang sama dengan mouse yaitu menggerakkan pointer cursor pada layar monitor dan berfungsi untuk melakukan klik serta melakukan scroll. Jadi kalau touchpad ini rusak sudah tahu kan apa akibatnya?

Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi

Cara Memperbaiki Touchpad Laptop Tidak Bisa Digunakan

Hampir semua laptop mulai dari Asus, Acer, Lenovo, Dell, Toshiba, Mac, dan Merk lainnya pasti sudah pernah mengalami masalah ini. Sebagus apapun merk laptopnya, pasti sudah pernah mengalami touchpad tidak berfungsi.

Saya sendiri juga pernah mengalami masalah ini, saat itu saya memakai laptop Acer. Dan kebetulan saat itu saya habis melakukan instal ulang sistem operasi, dan masalah yang menyebabkan touchpad laptop saya tidak bisa digunakan adalah karena belum install driver.

Sangat banyak sekali masalah-masalah yang menyebabkan touchpad laptop tidak berfungsi ini, seperti contohnya yang pernah saya alami yaitu belum install driver dan masih banyak masalah-masalah yang lainnya.

Untuk cara mengatasi touchpad laptop yang tidak berfungsi, cara paling dasar adalah menonaktifkan dan mengaktifkan kembali fungsi touchpadnya. Belum tahu caranya? Pada umumnya, tombol ini berbeda-beda setiap merknya. Dan berikut ini adalah beberapa tombol pada sebuah laptop untuk menonaktifkan dan mengaktifkan touchpad.

  • Asus menggunakan F3 atau F7
  • Acer menggunakan F7
  • Dell menggunakan F7
  • Lenovo menggunakan F6
  • Toshiba menggunakan F9
  • Mac menggunakan F2

Sedikit tambahan saja, biasanya pada tombol-tombol tersebut ada gambar seperti jari yang menyentuh touchpad, jadi Anda bisa mencari gambar tersebut untuk lebih mudahnya ketika ternyata merk laptop Anda tidak ada di daftar di atas.

Kalau dengan menggunakan cara di atas belum bisa juga untuk mengatasi touchpad laptop Anda, silahkan simak beberapa tips di bawah ini.

1. Install/update Driver
Sebagian laptop mungkin membutuhkan driver untuk mengaktifkan fungsi dari touchpad. Dan mungkin ini juga berlaku pada laptop Anda. Jadi, silahkan download driver touchpad terbaru dan coba install. Semoga dengan cara ini sudah bisa mengatasi masalah Anda, biasanya sih ampuh cara ini.

2. Bersihkan Touchpad
Mungkin ini terlihat sepele, namun tahukan Anda kalau debu dan kotoran yang menempel pada touchpad bisa menghambat kinerja touchpad tersebut bahkan bisa menyebabkan touchpad tidak berfungsi. Anda bisa membersihkannya menggunakan Tissue atau Alkohol sampai bersih.

3. Ganti Touchpad
Ya, kalau berbagai cara sudah dilakukan dan ternyata touchpad laptop masih saja tidak berfungsi, ya sudah mau gimana lagi kalau tidak ganti touchpad baru. Atau Anda bisa gunakan saja mouse external sebagai gantinya.

Kalau pengalaman saya pribadi, saya mengatasi touchpad laptop tidak berfungsi ini dengan hanya update driver saja. Untuk mendapatkan drivernya jangan sembarangan, sesuaikan dengan merk laptop Anda. Anda bisa mendownloadnya di website resminya.

Mungkin hanya ini saja yang dapat saya sampaikan mengenai cara mengatasi touchpad laptop tidak berfungsi. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda semua dan bisa membantu menyelesaikan permasalahn Anda.
Terima kasih.
Rekomendasi Untuk Anda × +
0 Komentar untuk "Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi"

Silahkan berkomentar

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top