May 01, 2017

Contoh Penutup, Kesimpulan, dan Saran Laporan Prakerin/PKL

Tidak terasa sudah hari pertama di bulan Mei 2017, dan ini merupakan artikel pertama yang saya buat pada bulan ini. Dan tidak terasa sudah sampai BAB Penutup Laporan Prakerin/PKL. Setelah sebelumnya saya memberikan artikel contoh-contoh dokumen laporan prakerin, untuk sekarang ini saya akan memberikan contoh penutup laporan prakerin.

Dalam laporan prakerin yang paling akhir, pasti ada bagian kesimpulan dan saran dalam pembuatan laporan prakerin. Dan mungkin dari teman-teman ada yang masih kebingungan apa sih isi dari BAB Penutup tersebut. Oke, saya akan memberikan contohnya, yaitu bagian kesimpulan dan saran prakerin.

Sebelumnya saya akan memberikan sedikit informasi kepada Anda, karena artikel pada kategori Prakerin SMK ini sudah sampai pada BAB Penutup, mungkin artikel mengenai prakerin hanya sampai sini saja. Namun Anda tetap bisa membaca artikel prakerin lainnya dengan klik Prakerin SMK pada navigasi bagian atas, dan Anda akan menemukan banyak artikel mengenai prakerin.

Tapi jangan khawatir, saya akan terus update artikel pada blog ini namun bukan tentang prakerin lagi. Penasaran? silahkan subscribe blog ini untuk mendapatkan update artikel gratis melalui email.
contoh penutup, kesimpulan, dan saran laporan prakerin atau pkl

Oke, berikut ini adalah contoh penutup : kesimpulan dan saran laporan prakerin/PKL SMK. Saya akan memberikan 2 versi  masing-masing dari saran dan kesimpulannya.

Contoh Penutup Laporan Prakerin Versi 1

A. Kesimpulan

Setelah melaksanakan kegiatan Prakerin ini, sangat banyak pengalaman dan ilmu pengetahuan yang kami dapatkan. Jika di sekolah kita diajarkan bermacam-macam teori kejuruan, maka ketika prakerin, teori itu akan digunakan sebagai dasar dalam melaksanakan suatu kegiatan (Praktek). Pada intinya, kegiatan Prakerin sangat berguna untuk mengembangkan apa yang diajarkan di sekolah. Prakerin bisa disebut sebagai pelengkap dan proses pematangan atau pemantapan kelak saat sudah berkecimpung dalam dunia kerja.

B. Saran

Kami sadar dalam melaksanakan kegiatan Prakerin ini masih banyak kekurangan. Namun kami telah berusaha melaksanakannya secara maksimal. Selain itu, laporan Prakerin ini juga masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, saran yang membangun sangat kami perlukan guna memperbaiki laporan yang masih jauh dari sempurna ini.

Contoh Penutup Laporan PKL Versi 2

Puji Syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan nikmat, rahmat, serta hidayah-Nya sehingga kami dapat melaksanakan kegiatan Prakerin ini sampai selesai. Karena tanpa nikmat-Nya, mungkin kami belum tentu bisa menyelesaikan kegiatan ini sampai akhir.

Dengan ini, kami juga mengucapkan terima kasih kepada pihak yang telah mendukung dan membantu mensukseskan pelaksanaan Prakerin ini, karena tanpa dukungan dan bantuan dari mereka mungkin pula kami belum tentu bisa menyelesaikan kegiatan Prakerin ini.

A. Kesimpulan

Dengan adanya kegiatan Prakerin ini, dapat kami simpulkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk bagi siswa SMK. Kami mendapatkan banyak pengalaman kerja yang pasti akan sangat bermanfaat untuk menunjang karir kami kedepannya. Selain itu, praktek yang dilakukan juga sangat membantu dalam meningkatkan potensi keahlian yang profesional dalam bidangnya.

B. Saran

Untuk adik kelas yang nantinya akan melaksanakan kegiatan Prakerin, mungkin sedikit saran berikut ini bisa bermanfaat:
  1. Jaga nama baik diri sendiri dan sekolah.
  2. Utamakan keselamatan kerja.
  3. Gunakan waktu sebaik-baiknya.
  4. Tetap semangat dan jangan putus asa.

Nah, itulah contoh penutup laporan prakerin yang mencakup sub menu kesimpulan dan saran. Anda bebas memilih yang mana saja sesuai dengan kebutuhan. Anda juga bisa mengubah sesuaikan sesuai dengan keinginan Anda. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda.
Terima kasih.

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon