Anto Tunggal

Ilmu Komputer dan Desain Grafis

May 29, 2017

Apa Fungsi Eject pada Flashdisk Ketika Akan Dicabut?

Ketika Anda menancapkan flashdisk di komputer atau laptop dan coba klik kanan pada nama Flashdisk (di My Computer) pasti ada tulisan eject. Lalu apa fungsi dari eject itu? Apakah harus melakukan eject ketika akan mencabut flashdisk? Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk membahas itu semua agar Anda bisa mengetahui maksud dari eject dan apakah harus melakukan eject pada flashdisk atau tidak ketika akan melepas flashdiknya.

Saya yakin, Anda pasti selalu melakukan eject ketika akan melepas flashdisk ataupun Micro SD. Namun disamping itu, saya juga yakin di antara Anda masih ada yang belum mengetahui apa sih kegunaan atau fungsi dari eject itu? Iya kan? Jadi inti dari eject ini adalah untuk memberi tahu Sistem Operasi untuk mengosongkan cache dan memastikan semua proses sudah selesai dan tidak ada yang pending sehingga kita tidak perlu khawatir kehilangan data.

fungsi eject flashdisk

Apakah Harus Melakukan Eject?

Untuk Flashdisk, Micro SD, dan CD/DVD tetap harus melakukan eject sebelum melepasnya dari perangkat. Kenapa? Karena sistem operasi akan menganggap penyimpanan tersebut sebagai penyimpanan baru, jadi tetap mengharuskan untuk melakukan eject terlebih dahulu. Sebagai contoh Flashdisk, Flashdisk termasuk dalam USB Mask Storage yang dianggap oleh Sistem Operasi sebagai media penyimpanan baru yang dapat menjalankan program, dan ketika kita akan melepasnya maka disarankan untuk melakukan eject terlebih dahulu.

Lain halnya dengan Media Transfer Protocol atau Picture Transfer Protocol yang tidak memerlukan eject ketika akan melepasnya. Dalam media ini biasanya akan muncul ketika Smartphone yang dihubungkan mendukung MTP, maka nanti akan ada pilihan antara MTP dan USB Mask Storage. Ketika Anda terhubung dengan MTP maka memang tidak perlu melakukan eject pun tidak masalah. Bahkan perintah eject pada MTP seringkali tidak ada yang menandakan bahwa eject tidak diperlukan untuk Media Transfer Protocol.

Jadi kesimpulannya, ketika Anda terhubung dengan USB Mask Storage maka Anda tetap harus melakukan eject sebelum melepas media tersebut. Namun ketika Anda terhubung dengan MTP, maka Anda tidak usah melakukan eject.

Bahaya Tidak Melakukan Eject Flashdisk

Yang akan saya bahas pada bagian ini adalah mengenai bahaya tidak melakukan eject pada USB Mask Storage. Yang biasanya termasuk dalam USB Mask Storage adalah Flashdisk, Micro SD, dan CD/DVD.

Yang sering terjadi ketika Anda tidak melakukan perintah eject adalah menyebabkan file data corrupt. Sebagai contoh Anda sedang melakukan copy sebuah file yang cukup besar. Di layar monitor sudah tidak ada indikator (sedang melakukan copy) yang menandakan bahwa proses copy sudah selesai. Lalu Anda melepas flashdisk tanpa melakukan eject, kemungkinan besar file akan corrupt.

Ketika kita melakukan copy paste dari komputer ke flashdisk atau sebaliknya, sebenarnya file tersebut belum sepenuhnya berhasil dicopy melainkan masih berada di cache memory. Jadi ketika Anda melepas flashdisk dan tidak melakukan eject maka proses copy tadi akan terbatalkan meskipun filenya sudah berhasil tercopy.

Dengan melakukan eject, maka kita akan memberitahukan Sistem Operasi untuk mengosongkan cache memory dan menyelesaikan proses yang tadi belum selesai.

Gimana sudah paham kan? Jadi jangan pernah sepelekan hal kecil namun akibatnya bisa sangat besar seperti eject ini. Mungkin kita sering mengabaikan hal ini, namun terkadang ada sesuatu hal yang terjadi dan tentunya hal tersebut tidak diinginkan seperti contoh setelah melakukan copy paste file, eh ternyata file tersebut corrupt.

Mungkin hanya ini saja yang dapat saya bagikan mengenai apa fungsi eject pada flashdisk, apakah harus melakukan eject, dan bahaya ketika tidak melakukan eject. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan Anda dan semoga artikel ini juga bisa bermanfaat.
Terima kasih.
Rekomendasi Untuk Anda × +
0 Komentar untuk "Apa Fungsi Eject pada Flashdisk Ketika Akan Dicabut?"

Silahkan berkomentar

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top