4 Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Luas Area

Diposting pada

4 Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Luas AreaKetika membahas mengenai jaringan komputer, pasti ada berbagai macam jenis jaringan komputer berdasarkan kelompoknya. Dan pada kesempatan kali ini yang akan dibahas adalah mengenai macam jenis jaringan komputer berdasarkan cakupan luas areanya. Singkatnya, jenis jaringan komputer itu terdiri dari PAN, LAN, MAN, dan WAN.

Mungkin Anda pernah mendengar kata-kata itu ketika sedang pembelajaran TKJ. Namun apakah sudah mengerti pengertian dari masing-masing jaringan tersebut? Saya membuat artikel ini untuk saya pribadi dan teman-teman. Jadi ketika saya lupa, nantinya bisa membuka blog ini untuk mempelajarinya kembali.

Macam Macam Jaringan Komputer Berdasarkan Luas Area
Jaringan Komputer

Dalam pelajaran TIK (SMP), materi ini biasanya dibahas ketika kelas VIII (kalau tidak salah. Dan untuk SMK sendiri biasanya dibahas ketika kelas XI pada mata pelajaran TKJ. Dan untuk mengingat kembali mengenai jenis-jenis jaringan komputer berdasarkan areanya maka saya akan membuat artikelnya.

4 Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Luas Area

Menghafal ada berapa klasifikasi serta jenis jaringan komputer berdasarkan luas area menjadi hal yang penting. Karena dari pemahaman ini kita dapat menentukan topologi yang sesuai dan melakukan pengaturan sedemikain rupa.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai macam-macam jaringan komputer berdasarkan luas, mulai dari pengertiannya dan penjelasan lainnya.

PAN (Personal Area Network)

PAN atau Personal Area Network adalah jenis jaringan komputer yang digunakan untuk berkomunikasi antar komputer serta perangkat pribadi dan untuk berbagi data informasi.

PAN memiliki jangkauan yang kurang luas, yaitu kisaran 1-10 meter saja. Jadi, jika kita menghubungkan perangkat yang jaraknya hanya 1-10 meter saja maka itu termasuk dalam jaringan Personal Area Network.

Untuk contoh perangkat pribadi yang sering digunakan dalam jaringan PAN adalah sebagai berikut:

  • Komputer
  • Laptop
  • HP
  • Telepon rumah
  • Dan masih banyak lagi

Untuk contoh penerapan jaringan PAN adalah sebagai berikut:

  • PDA dengan komputer
  • Printer dengan komputer
  • Kamera dengan komputer
  • Keyboard dan mouse dengan komputer
  • Dan masih banyak lagi

LAN (Local Area Network)

LAN atau Local Area Network adalah jenis jaringan komputer yang luasnya mencakup area yang kecil seperti misalnya kantor, sekolahan, gedung, kampus, dan masih banyak lagi.

Untuk karakteristik jaringan LAN sendiri adalah sebagai berikut:

  • Mempunyai pusat data yang tinggi
  • Luas areanya terbatas (tergolong kecil)
  • Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi

Untuk membentuk jaringan LAN, maka kita dapat menggunakan Ethernet dan Wifi. Dalam jaringan Local Area Network, setiap komputer dapat mengakses data atau perangkat yang ada dalam jaringan LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur. Operator dan pengguna yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan menggunakan aplikasi tertentu.

Baca Juga  Cara Membuat Tulisan Tebal dan Miring Dengan HTML

Dan untuk penjelasan mengenai perangkat yang digunakan dalam WAN, bisa disimak penjelasan singkat di bawah ini.

Ethernet
Pada umumnya, jaringan LAN saat ini sudah menggunakan teknologi IEEE 802.3 dengan menggunakan perangkat siwtch. Dan untuk switch sendiri biasanya memiliki kecepatan transfer antara 10, 100, sampai 1000 Mbit/s.

Wifi
Jaringan Wifi atau teknologi 802.11b sekarang juga sudah sering dan umum digunakan untuk membuat jaringan LAN. Tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan menggunakan Wifi biasa disebut dengan Hotspot.

MAN (Metropolitan Area Network)

MAN atau Metropolitan Area Network adalah jenis jaringan komputer yang mempunyai cakupan wilayah sampai antar kota, biasanya bisa menjangkau sampai 5 sampai 50 km. Jadi, jaringan MAN ini dapat menghubungkan suatu kota dengan kota lain dan memiliki kecepatan transfer data yang lebih tinggi.

Untuk karakteristik MAN sendiri adalah sebagai berikut:

  • Cakupan area luas
  • Memiliki kecepatan transfer yang tinggi
  • MAN memakai teknologi yang sama dengan LAN namun memiliki ukuran yang lebih besar

Jaringan MAN sendiri merupakan dari beberapa gabungan dari jaringan LAN. Maka dari itu, teknologi atau perangkat yang digunakan juga sama saja. Yang membedakan hanyalah cakupan areanya, MAN memiliki cakupan area yang lebih besar daripada LAN yaitu kisaran 5-50 km.

WAN (Wide Area Network)

WAN atau Wide Area Network adalah sebuah jaringan komputer yang memiliki cakupan area yang paling luas. Jaringan WAN ini dapat menghubungkan jaringan antar kota, negara, bahkan benua. Jadi, WAN merupakan jaringan komputer yang mempunyai cakupan area paling luas dibandingkan dengan PAN, LAN, dan MAN.

Jaringan WAN membutuhkan perangkat seperti router dan jaringan publik, misalnya internet. Jika WAN sudah mencakup area intercontinental maka disebut dengan jaringan internet.

Untuk karakteristik jaringan WAN sendiri adalah sebagai berikut:

  • Memiliki cakupan yang sangat luas sampai ke benua
  • Menggunakan jasa operator
  • Menggunakan koneksi serial dari berbagai jenis untuk mengakses bandwith di daerah yang luas.

Dalam jaringan IP dikenal juga dengan pengiriman paket connection oriented. Maksudnya adalah sebuah paket sebelum dikirim dilakukan setup logika dari tempat asal ke tempat tujuan oleh proses packet control. Dalam hal ini, digunakanlah request logical connection agar paket menempuh jalur atau rute yang sama.

Nah, itulah penjelasan mengenai macam-macam jaringan komputer berdasarkan luas areanya. Mungkin hanya ini yang dapat saya bagikan, semoga bisa bermanfaat untuk Anda dan saya pribadi. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.