May 04, 2017

Pengertian Hardware, Software, dan Brainware Lengkap

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai pengertian software, hardware, dan brainware serta contoh-contohnya. Pernahkan Anda mendengar kata-kata tersebut? Kalau anak TKJ pasti sudah pernah lah karena dalam materi pembelajaran ada juga yang membahas mengenai pengertian dan macam-macam software, hardware, serta brainware.

Pada zaman modern ini, komputer sudah menjadi perangkat teknologi yang sangat membantu manusia dalam kehidupan sehari-hari mulai dari pelajar, pekerja kantoran, sampai pebisnis online sekarang ini sudah hampir semuanya menggunakan komputer.

Dan Anda pasti tahu kalau di dalam komputer itu ada sebuah software dan hardware. Software dan hardware merupakan komponen penting yang harus ada dalam komputer, karena tanpa kedua komponen itu maka komputer tidak akan bisa digunakan. Ada lagi brainware, dan tanpa brainware maka komputer juga tidak akan berguna. Jadi, mulai dari software, hardware, dan brainware ini memiliki hubungan dan fungsi masing-masing serta saling berhubungan.

Oke, bagi Anda yang masih kebingungan mengenai pengertian software, hardware, dan brainware bisa simak artikel ini sampai selesai karena saya akan mencoba mengulasnya secara rinci dan akan saya berikan contoh-contohnya sekalian.
Pengertian Hardware, Software, dan Brainware Lengkap

Pengertian Hardware

Hardware atau juga dikenal dengan perangkat keras komputer adalah sebuah komponen komputer yang memiliki wujud dan dapat disentuh secara langsung oleh manusia. Hardware memiliki fungsi sebagai pendukung sistem komputer agar bisa berjalan dengan semestinya.

Hardware juga memiliki kemampuan lain yang biasa disebut dengan instruction set, apa itu? Instruction set adalah sebuah perangkat keras yang dapat bekerja berdasarkan perintah yang diberikan dan ditentukan oleh penggune atau user. Hardware mengerti bahasa perintah yang diberikan oleh pengguna tersebut, maka hardware dapat melakukan apa yang diberikan oleh user.

Perintah-perintah tersebut tentu tidak berjalan begitu saja melainkan ada yang mengontrol dan memoderasi sebuah komputer agar dapat bekerja sesuai dengan mekanisme yang ada. Dan yang menjadi otak sebuah komputer adalah CPU (Central Processing Unit) atau yang lebih dikenal sebagai Processor. Untuk bekerja secara optimal, CPU membutuhkan sebuah alat berupa masukan (input) dan keluaran (output). Perangkat input berfungsi memberikan perintah sedangkan perintah output berfungsi untuk memunculkan hasil.

Contoh-Contoh Hardware

1. Perangkat Masukan (Input Device)
Perangkat masukan atau input device adalah perangkat keras komputer yang mempunyai fungsi untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer. Input device juga digunakan untuk menerima input atau masukan dari luar sistem dan dapat berupa signal input atau mauntenance input.

Contoh perangkat input adalah sebagai berikut:
  • Keyboard
  • Mouse
  • Joystick
  • Scanner
  • Dll

2. Perangkat Keluaran (Outpun Device)
Perangkat keluaran atau output device adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data dari input device. Macam-macam keluaran tersebut biasanya berupa hard copt, soft copt, maupun suara. 

Contoh perangkat output adalah sebagai berikut:
  • Printer
  • Monitor
  • Speaker
  • Proyektor
  • Dll

3. Input/Output Ports (I/O Ports)
Pada bagian ini digunakan sebagai penerima ataupun pengirim data ke luar sistem. I/O Ports juga biasa disebut dengan bagian interface atau antar muka, karena peralatan input dan output di atas terhubung melalui port ini.

Jadi bisa dikatakan bahwasannya I/O Port ini digunakan sebagai penghubung antara perangkat input (input device) dan perangkat output (output device).

4. Central Processing Unit (CPU)
CPU merupakan otak dari sistem komputer. CPU memiliki dua bagian fungsi yaitu ALU (Aritmetical Logical Unit) yang digunakan sebagai pusat pengolah data, dan CU (Control Unit) yang digunakan sebagai pengontrol kerja komputer.

CPU merupakan tempat pemroses instruksi program, yang pada komputer mikro disebut dengan microprosessor. Pemroses ini berupa chip yang terdiri dari ribuan hingga jutaan IC. Dalam dunia perdagangan, pemroses ini diberi nama sesuai dengan keinginan pembuatnya dan biasanya ditambah dengan nomor seri, sebagai contoh Intel 80486 DX2-400 (Dibuat oleh Intel dengan seri 80486 DX2-400)

5. Memori
Memori dikategorikan menjadi dua bagian yaitu memori internal dan external. Memori internal berupa RAM atau Random Access Memory yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data secara sementara, dan ROM atau Read Only Memory yaitu memory yang hanya bisa membaca saja dan digunakan sebagai penyedia informasi saat komputer pertama kali hidup.

Pengertian Software

Software atau juga dikenal dengan perangkat lunak komputer adalah sebuah komponen komputer yang terdiri dari instruksi-instruksi atau program komputer yang berfungsi menjalankan perintah dari user. Software juga berarti suatu data yang terdapat pada komputer dan memiliki format tertentu lalu disimpan secara digital dalam komputer, sebagai contoh adalah program aplikasi.

Berbeda dengan hardware, software merupakan perangkat yang tidak dapat disentuh secara langsung oleh manusia. Jadi manusia hanya dapat melihat dan menjalankannya saja tanpa bisa menyentuh.

Jadi singkatnya, Software atau perangkat lunak adalah istilah khusus untuk data yang diformat dan disimpan digital dalam komputer seperti misalnya program aplikasi komputer, dokumentasinya, serta berbagai informasi lain yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Software juga merupakan bagian dari sistem komputer yang tidak berwujud.

Dalam pembuatan perangkat lunak sendiri memerlukan bahasa pemrograman yang ditulis oleh programmer untuk selanjutnya dikompilasi sehingga menjadi kode yang dikenali oleh prangkat keras hardware.

Contoh-Contoh Software

1. Sistem Operasi
Sistem operasi adalah perangkat lunak komputer yang berfungsi untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi dasar sistem. Sistem operasi digunakan sebagai penghubung antara software dan hardware.

Adapun contoh dari sistem operasi adalah sebagai berikut:
  • Windows
  • Linux
  • Mac OS
  • Unix
  • Dll

2. Program Aplikasi
Aplikasi adalah perangkat lunak yang memanfaatkan kemampuan komputer secara langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan oleh pengguna. Dan dengan aplikasi ini maka akan membantu pekerjaan manusia sehari-hari, sebagai contoh pelajar yang ingin menulis maka menggunakan aplikasi Microsoft Word.

Adapun contoh dari aplikasi adalah sebagai berikut:
  • Photoshop
  • Corel Draw
  • Google Chrome
  • Microsoft Word
  • Winamp
  • Dll

3. Perangkat Lunak Perusak
Perangkat lunak perusak ini juga sering dikenal dengan malware. Perangkat lunak ini akan menggangu kinerja komputer dan bahkan bisa merusak sistem komputer.

Untuk referensi lebih lanjut mengenai pengertian software dan contoh-contohnya bisa menuju link Wikipedia mengenai Perangkat Lunak.

Pengertian Brainware

Brainware atau yang juga dikenal dengan perangkat manusia adalah seseorang yang mengoperasikan sebuah komputer untuk saling bekerja sama antara software, hardware, serta brainware.

Jadi gampangnya, brainware adalah seseorang yang menjalankan komputer yang didalamnya ada software dan hardware.

Kesimpulan
Software, Hardware, dan Brainware merupakan perangkat yang harus saling berhubungan. Tanpa adanya salah satu komponen, maka yang lainnya juga tidak akan bisa berjalan. Sebagai contoh kecil, tanpa brainware (user) maka hardware dan software tidak akan bisa bekerja.

Semoga artikel mengenai pengertian hardware, software, dan brainware serta contohnya ini bisa bermanfaat untuk Anda dan saya pribadi.
Terima kasih.

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon