Penjelasan Lengkap Sistem Ekskresi pada Hewan Invertebrata

Diposting pada

Penjelasan Lengkap Sistem Ekskresi pada Hewan Invertebrata – Seperti yang telah kita ketahui bahwa sistem ekskresi merupakan sistem pengeluaran zat sisa yang tidak dibutuhkan lagi. Zat sisa ini dapat berasal dari hasil metabolisme yang tidak diperlukan lagi oleh tubuh. Untuk itu penting sekali sistem ekskresi ini berlangsung dalam tubuh makhluk hidup.

Makhluk hidup memang mengalami proses ekskresi pada tubuh. Proses Ekskresi tersebut dapat terjadi pada tumbuhan, manusia maupun hewan. Hewan tersebut melakukan ekskresi pada tubuhnya melalui dua cara yaitu sistem ekskresi invertebrata dan sistem ekskresi vertebrata. Kali ini materi belajar akan membahas mengenai sistem ekskresi pada hewan invertebrata. Apa sih sistem ekskresi hewan invertebrata? sistem ekskresi hewan invertebrata adalah sistem pengeluaran zat sisa pada hewan yang memiliki alat pengeluaran berupa ginjal dan paru paru.

Pada dasarnya penjelasan sistem ekskresi pada serangga invertebrata baik itu cacing, belalang, dan lain sebagainya dapat dengan mudah kita temukan dalam materi biologi di SMA. Namun pada kali ini saya akan mencoba membantu memahami materi sistem eksresi pada serangga invertebrata ini dengan jelas dan singkat.

Penjelasan Lengkap Sistem Ekskresi pada Hewan Invertebrata

Hewan secara umum dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Jenis jenis hewan ini dapat meliputi hewan invertebrata maupun hewan vertebrata. Dalam pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang hewan invertebrata. Apa itu hewan invertebrata? Hewan invertebrata merupakan jenis hewan yang tidak mempunyai ruas tulang belakang atau tulang punggung. Jenis hewan ini dapat disebut juga dengan hewan avertebrata.

Seperti halnya jenis hewan lainnya, hewan invertebrata ini juga mengalami sistem ekskresi dalam tubuhnya. Pada hewan invertebrata sistem pengeluarannya melalui ginjal dan paru paru. Proses pengeluaran zat sisa pada hewan invertebrata lebih sederhana dibandingkan sistem ekskresi yang terjadi pada hewan vertebrata.

Contoh hewan invertebrata yaitu cacing tanah atau cacing pipih dan belalang atau serangga, tetapi ikan tidak dapat disebut sebagai hewan invertebrata. Ikan tidak dapat dimasukkan kedalam contoh invertebrata karena pernafasan pada ikan terjadi melalui insang. Mari kita simak contoh ekskresi pada hewan invertebrata beserta penjelasannya.

Sistem Ekskresi pada Cacing Tanah

Penjelasan Lengkap Sistem Ekskresi pada Hewan Invertebrata
Sistem Ekskresi pada Cacing Tanah

Cacing pipih dan cacing tanah atau Filum Annelida adalah contoh hewan invertebrata, tetapi kedua jenis cacing tersebut tidak mempunyai alat ekskresi yang sama,melainkan berbeda. Pada cacing tanah terdapat alat ekskresi yang khusus. Alat ekskresi tersebut terdapat pada setiap segmen tubuh cacing. Alat ekskresi pada cacing tanah disebut dengan nefridium. Nefridum tersebut berjumlah sepasang serta dapat disebut sebagai pengganti ginjal. Di dalam cacing terdapat beberapa segmen, namun tiga segmen awal dan tiga segmen akhir yang terdapat pada cacing tidak memliki alat ekskresi. 

Baca juga : Contoh Simbiosis Mutualisme Dan Pengertian Simbiosis Mutualisme

Di dalam segmen tersebut terdapat celah yang merupakan sekat pemisah dari setiap segmen. Sekat tersebut dilengkapi dengan corong bersilia yang terbuka. Corong bersilia ini disebut dengan nefrosom. Nefrosom adalah alat pada cacing yang memiliki fungsi untuk menarik cairan tubuh yang terdapat pada setiap segmen cacing. Nefrosom menghasilkan zat metabolisme kemudian dikeluarkan menuju lubang yang disebut nefridiopori. Pada saat nefrosom yang terdapat pada silia bergetar maka cairan akan mengalir menuju nefridium. Kemudian zat zat yang masih digunakan seperti glukosa dan ion lain diserap serta dialirkan keseluruh tubuh cacing melalui pembuluh kapiler. Sedangkat zat sisa yang tidak digunakan seperti garam, air, serta nitrogen dikeluarkan melalui nefridiopori.

Sistem Ekskresi pada Serangga Belalang

Penjelasan Lengkap Sistem Ekskresi pada Hewan Invertebrata
Sistem Ekskresi pada Serangga Belalang

Selain cacing terdapat pula belalang yang termasuk dalan hewan invertebrata. Pada belalang alat ekskresinya lebih sempurna dibandingkan cacing pipih maupun cacing tanah karena tingkatannya lebih tinggi. Pada belalang alat ekskersinya terjadi pada pembuluh malpighi atau tubula. Pembuluh malpighi merupakan alat ekskresi pada belalang yang berfungsi sebagai pengganti ginjal. Di dalam pembuluh tersebut terdapat sekumpulan benang halus yang berwarna kekuningan. Pembuluh tersebut Terletak diantara usus dengan perut bagian tengah. Zat zat yang berguna bagi tubuh belalang diedarkan melalui hemolimfa. Hemolimfa adalah cairan yang terdapat pada pembuluh darah. Kemudian zat zat seperti garam, air ,urea serta senyawa nitrogen yang dihasilkan oleh badan malpighi dikeluarkan dari hemolimfa menuju rongga pembuluh atau limfa.

Itulah materi lengkap sistem ekskresi pada hewan invertebrata cacing dan serangga belalang yang dapat saya sampaikan kali ini. Sistem ekskresi pada hewan ini dilakukan melalui ginjal dan paru paru. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terimakasih.

Baca Juga  Pengertian dan Contoh Penyerbukan Tetangga pada Bunga (Tumbuhan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.