Sifat Sifat Bangun Datar (Segitiga, Persegi, Persegi Panjang, Lingkaran, Trapesium, Belah Ketupat, Layang Layang dan Jajar Genjang)

Diposting pada

Sifat Sifat Bangun Datar (Segitiga, Persegi, Persegi Panjang, Lingkaran, Trapesium, Belah Ketupat, Layang Layang dan Jajar Genjang) – Bangun datar merupakan jenis bangun dua dimensi yang memiliki sisi sisi yang berbeda. Di dalam bangun datar terdapat rumus bangun datar serta simetri lipat pada bangun datar. Namun tidak cuma itu pula yang terdapat dalam bangun datar. Bangun datar tersebut juga memiliki sifat maupun ciri yang berbeda. Sering kali banyak siswa yang menyamakan sifat beberapa bangun datar tersebut. Misalnya saja jajargenjang dengan persegi panjang. Walaupun kedua bangun tersebut hampir sama secara bentuk tetapi memiliki rumus, simetri lipat dan sifat bangun yang berbeda.

Jika dibandingkan dengan bangun ruang, bangun datar lebih mudah dipahami dan dimengerti. Bahkan rumus bangun datar pun lebih sederhana dibandingkan bangun ruang, karena sisi di dalamnya hanya terdiri dari panjang dan lebar saja. Apakah anda tahu apa saja rumus bangun datar itu? Sebelum memahami lebih lanjut mengenai rumus pada bangun datar tersebut, anda harus memahami sifat sifat dari bangun datar tadi.

Selain itu masih banyak materi bangun datar yang wajib kita hafalkan mengingat begitu luasnya materi ini. Namun seluruh penjelasan sifat sifat bangun datar tersebut bisa dengan mudah kita temukan di jenjang SMP maupun SMA. Namun saya telah meringkasnya menjadi artikel singkat yang bisa anda baca sebagai referensi.

Dalam materi sifat sifat bangun datar tersebut terdapat pembahasan lengkap mengenai sifat sifat dari bangun segitiga, persegi, persegi panjang, lingkaran, trapesium, belah ketupat, layang layang maupun jajar genjang. Masing masing bangun datar ini telah memiliki sifat sifatnya sendiri sebagai ciri dan karakteristik yang dimiliki.

Sifat Sifat Bangun Datar (Segitiga, Persegi, Persegi Panjang, Lingkaran, Trapesium, Belah Ketupat, Layang Layang dan Jajar Genjang)

Terdapat banyak sekali bangun 2 dimensi yang wajib kita ketahui. Diantaranya adalah segitiga, lingkaran, persegi, trapesium hingga bangun ketupat. Semua bangun tersebut tentunya memiliki bentuk dan ciri ciri yang berbeda. Karena bentuknya berbeda secara otomatis rumus serta sifat bangunnya pun juga berbeda. Maka dari itu kita akan membahasnya secara singkat dan jelas dalam artikel kali ini

Sebelum mengenal kumpulan sifat sifat bangun datar secara lebih mendalam. Terlebih dahulu kita harus paham dan hafal tentang jenis jenis bangun datar dan sifatnya dapat kita pelajari setelahnya. Adapun bangun datar yang memiliki sifat yaitu sebagai berikut:

Sifat bangun datar
Sifat bangun datar

Sifat bangun datar seharusnya menjadi materi ajar matematika yang mudah untuk dipelajari. Mengapa demikian? karena isi materinya yang tidak terlalu rumit. Kita tidak perlu menghitung berbagai rumus dan berhubungan dengan angka. Melainkan kita hanya harus menghafalkan berbagai sifat bangun datar berdasarkan bentuknya. Untuk itu kita harus mengetahui berbagai jenis dan bentuk bnagun 2 dimensi tersebut.

Jenis Bangun Datar

Bangun datar dalam Matematika memang terdiri dari berbagai jenis seperti jajargenjang, segitiga, persegi, persegi panjang, belah ketupat, layang layang, trapesium dan lingkaran. Setiap bangun datar memang memiliki sifat bangun yang berbeda, tetapi juga memiliki makna yang berbeda juga. Adapun penjelasan penjelasan dari setiap bangun datar tersebut yaitu:

  • Segitiga adalah jenis bangun datar yang didalamnya terdapat tiga titik yang tidak segaris. Segitiga tersebut dapat dibagi menjadi macam macam seperti segitiga sama sisi, segitiga lancip, segitiga tumpul, segitiga sama kaki, segitiga sembarang dan segitiga siku siku.
  • Persegi adalah bangun datar seperti persegi panjang namun memiliki sisi yang sama panjang.
  • Persegi panjang adalah jenis bangun datar yang didalamnya terdapat empat buah titik sudut yang siku siku serta sisi yang berhadapan memiliki panjang yang sama.
  • Belah ketupat adalah bangun datar yang berbentuk segi empat yang setiap sudutnya membentuk diagonal yang saling tegak lurus. Belah ketupat juga memiliki sisi yang sama panjang.
  • Layang layang adalah bangun datar segi empat yang memiliki empat sudut namun salah satu sudut saling berpotongan dan membentuk diagonal yang tegak lurus dengan sumbu diagonal lain.
  • Trapesium adalah bangun datar yang memiliki sepasang sisi yang sejajar.
  • Lingkaran adalah jenis bangun datar yang memiliki titik asal yang dikelilingi oleh himpunan persekitaraan. Titik tersebut memiliki jarak yang sama atau disebut sebagai radius (r) atau jari jari.

Bangun datar terdiri dari beberapa jenis bentuk, makna, dan rumus yang berbeda beda. Selain itu bangun datar memiliki beberapa sifat yang berbeda. Seperti halnya bangun datar jajar jenjang, persegi, persegi panjang, segitiga, layang layang, belah ketupat, trapesium, dan lingkatran memiliki sifat bangun datar yang berbeda beda. Untuk lebih jelasnya mari kita simak sifat sifat bangun datar dibawah ini.

Baca Juga  Rumus Limit Tak Hingga Beserta Contoh Soal Lengkap

Sifat Bangun Datar Persegi

Persegi merupakan bangun datar yang sering kita jumpai dalam berbagai aspek kehidupan, utamanya disekolah. Jenis bangun datar persegi ini memiliki sifat dan bentuk yang sederhana. Persegi memiliki sifat bangun datar yang terdiri dari empat sudut yang siku siku. Setiap sisi pada persegi berukuran sama panjang dan memiliki sisi yang berjumlah empat.

Sifat Bangun Datar Persegi Panjang

Hampir sama seperti persegi, Persegi panjang merupakan jenis bangun datar yang memiliki bentuk menyerupai persegi hanya saja bersifat memanjang. Sifat bangun datar persegi panjang memiliki empat titik sudut yang setiap sudutnya siku siku. Persegi panjang memiliki bentuk segi empat serta memiliki sepasang sudut yang sejajar. Setiap sisi yang berhadapan tersebut memiliki panjang yang sama.

Sifat Bangun Datar Segitiga

Segitiga merupakan jenis bangun datar yang bisa dibilang sedikit rumit mengingat segitiga terbag atas tiga jenis. Sifat segitiga sendiri juga berbeda antara satu jenis dengan jenis yang lainnya. Secara umum Segitiga memiliki tiga sisi serta tiga sudut. Walaupun ketiga sisi maupun ketiga sudutnya tidak sama besar atau sama panjang namun biasanya didalam segitiga tersebut jumlah sudutnya adalah 180 derajat. Segitiga tersebut memiliki bentuk yang berbeda seperti segitiga sembarang, segitiga siku siku, segitiga sama sisi, segitiga sama kaki, segitiga lancip dan segitiga tumpul. Beberapa segitiga tersebut juga memiliki sifat yang berbeda beda.

Pada segitiga sembarang memiliki sifat bangun datar yang terdiri dari tiga sudut yang tidak sama besar serta ukuran sisinya yang tidak sama panjang. Segitiga sama sisi merupakan segitiga yang memiliki besar ketiga sudut yang sama dan memiliki panjang sisi yang sama pula. Segitiga sama kaki merupakan bangun datar segitiga yang memiliki sifat yang terdiri dari dua sudut yang sama besar serta dua sisi yang meiliki panjang yang sama. Segitiga siku siku memiliki salah satu sudut siku siku. Segitiga Lancip memiliki sifat yang sudut sudutnya memiliki besar kurang dari 90 derajat. Segitiga Tumpul memiliki sifat bangun datar yang salah satu sudutnya memiliki besar lebih dari 90 derajat.

Sifat Bangun Datar Trapesium

Trapesium merupakan bangun datar yang memiliki sifat sifat yaitu berbentuk segi empat, memiliki empat sisi, sepasang sisinya sejajar. Selain itu terdapat empat sudut, pada trapesium memiliki jumlah sudut keseluruhan sebesar 360 derajat. Kemudian sudut sudut yang berdekatan memiliki jumlah sudut 180 derajat.

Sifat Bangun Datar Jajargenjang

Sifat bangun datar pada jajargenjang meliputi kedua sisi yang berhadapan sejajar serta memiliki panjang sisi yang sama. pada jajargenjang sisinya ada empat, di dalam jajargenjang juga terdapat dua sudut lancip dan dua sudut tumpul namun tidak terdapat sudut siku siku. Kemudian jajargenjang juga tidak memiliki simetri lipat tetapi memiliki dua simetri putar. Jajar genjang memiliki dua diagonal yang berpotongan membentuk dua garis yang sama panjang.

Sifat Bangun Datar Lingkaran

Lingkaran merupakan bentuk dua dimensi dari bangun ruang yakni bola. Sifat lingkaran sangat unik dan berbeda dari bangun datar lainnya. Pada lingkaran setiap sisinya memiliki jarak titik pusat dengan sisi lingkaran yang selalu sama. Pada lingkaran memiliki simetri lipat dan simetri ruang yang tak terhingga.

Sifat Bangun Datar Belah Ketupat

Belah ketupat merupakan bangun selanjutnya yang juga memiliki sifat yang berbeda dengan bangun datar lainnya. Sifat bangun datar belah ketupat memiliki sisi sisi yang ukurannya sama panjang, diagonal diagonalnya saling berpotongan tegak lurus dan membentuk sudut siku siku, namun sudut pada belah ketupat tidak siku siku. Diagonal diagonal tadi memiliki panjang yang sama.

Sifat Bangun Datar Layang Layang

Sifat bangun datar layang layang memiliki empat sisi serta terdapat sua sisi yang sama panjang. Diagonal diagonal pada layang layang saling berpotongan tegak lurus, serta sepasang sudutnya sama besar, namun salah satu diagonal tersebut menjadi sumbu simetri.

Demikian penjelasan sifat sifat bangun datar yang meliputi sifat bangun datar pada Segitiga, sifat bangun datar pada Persegi, sifat bangun datar pada Persegi Panjang, sifat bangun datar pada Lingkaran, sifat bangun datar pada Trapesium, sifat bangun datar pada Belah Ketupat, sifat bangun datar pada Layang Layang dan sifat bangun datar pada Jajar Genjang.

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.