June 28, 2017

Hal yang Pasti Dilakukan Anak TKJ Saat Praktek

Tags
Selamat datang teman-teman TKJ seluruh Indonesia. Sekolah di SMK? Jurusan TKJ? Sama dong, tapi sekarang saya udah lulus. Dan pada kesempatan kali ini saya akan memberitahukan beberapa hal yang hampir selalu dilakukan oleh anak TKJ ketika praktikum, apa saja itu? Artikel ini saya tuliskan hanya untuk sekadar hiburan dan mengenang masa-masa menjadi anak TKJ di SMK, jadi artikel ini sepenuhnya berdasarkan pengalaman saya pribadi selama menjadi anak TKJ, mungkin kegiatannya ada yang hampir sama antara sekolah satu dengan sekolah lain.

Cerita sedikit, pilihan awal jurusan saya di SMK bukanlah TKJ namun TP (Teknik Pemesinan). Namun dalam memilih jurusan TP itu bukan merupakan pilihan saya, melainkan pilihan orang tua saya. Dan ketika sedang melakukan daftar ulang, saya menanyakan "Apakah masih bisa pindah jurusan?, dan yang saya tanya menjawab "Oh masih". Dan dari situ saya mulai berpikir untuk kembali memilih jurusan yang saya sukai dan memang dari awal rencana saya mau masuk TKJ. Dan saya mengambil langkah nekat pindah ke jurusan TKJ tanpa konfirmasi dengan orang tua terlebih dahulu, karena saya yakin setelah saya memutuskan pindah jurusan mereka tidak akan marah dengan alasan dari awal saya pingin masuk TKJ. Ya, dan benar mereka tidak marah dan sekarang saya sudah lulus deh. Eaaa.

Kembali ke topik utama, kegiatan praktek merupakan kegiatan yang 99% paling digemari oleh siswa SMK, salah satunya TKJ. Bukan tanpa alasan, praktek di SMK merupakan salah satu penunjang masa depan yang tentunya sangat mempengaruhi keterampilan siswa. Jadi wajar saja kalau banyak yang lebih menyukai praktek dibaidingkan dengan teori. Namun ketika sebuah praktek tanpa teori, pasti akan selalu mengalami kesulitan ketika sedang proses.

Sesuai judul, berikut adalah hal-hal yang hampir selalu dilakukan anak TKJ ketika sedang praktek di Lab Komputer.

1. Main Game

Kalau ini hampir semua anak laki-laki pasti mengalaminya. Game merupakan sebuah godaan yang sangat sulit dihindari ketika sedang praktek. Apalagi game tersebut merupakan game Online yang bisa dimainkan bersama-sama, sebagai salah satu contoh adalah Counter Strike. Game fps ini merupakan game yang selalu saya mainkan bersama teman-teman ketika sedang praktek.

Kalaupun komputer dalam keadaan Offline, tetap ada saja game yang dimainkan. Game Offline keren ini dari Google Chrome yaitu Dinosaurus. Jadi walaupun tidak online, perlombaan tetap ada dengan cara banyak-banyakan score. Ada juga yang bermain curang dengan cara Cheat agar tidak mati. Kalau Anda mau tahu cheatnya silahkan baca artikel ini Cara Cheat Game Dinosaurus Google Chrome

Kalau mau tahu bagaimana penampakannya setelah di cheat, lihat gambar animasi di bawah ini.



2. Download

Kalau tipe anak yang suka gratisan, pasti nyempetin download ketika praktek. Entah download lagu, download game, dan file-file lainnya. Kalau para downloader, software andalannya NetCut dan IDM. Mereka mau kecepatan download yang tinggi tanpa memikirkan hak orang lain yang mereka Cut koneksinya. BTW saya juga termasuk salah satu dari sekian banyak downloader di kelas saya.

3. Nonton YouTube

Kebanyakan yang nonton YouTube saat praktek adalah para kaum hawa. Yang ditonton kalau engga Drama Korea ya Sinetron Indonesia. Hal ini yang sering dibenci para downloader, gimana tidak, YouTube memerlukan internet yang cepat juga agar bisa menonton video dengan lancar. Makannya, para kaum hawa ini sering di Cut koneksinya oleh para downloader.

Kesimpulan

Anak TKJ sering bersaing dalam mendapatkan koneksi yang cepat saat praktek. Namun kalau sudah di luar kegiatan praktek, persaingannya sudah tidak dilanjutkan lagi. Pokoknya asyik lah masa-masa menjadi anak TKJ di SMK.

Artikel ini mungkin tidak bermanfaat sekali. Ya wajar saja sih, saya membuat artikel ini cuma untuk nostalgia masa lalu saja. Kalau Anda merasa anak TKJ, pasti pernah melakukan kegiatan-kegiatan di atas saat praktikum.
Sekian.

2 komentar

saya jga anak tkj dan saya juga pernah mengalami nya tetapi sayang nya di sekolah saya praktek nya jarang sekali kebanyakan teori jdi moment seperti itu cuma sesekali

Yang penting bisa menangkap materi teori dan bisa mempraktekkannya.

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon