Cara Cek Power Supply PC Komputer Tanpa Ribet

Diposting pada

Cara Cek Power Supply PC Komputer Tanpa Ribet – Power Supply adalah hardware komputer yang bertugas untuk mensuplai atau memberikan daya listrik ke semua komponen yang terdapat dalam sebuah komputer. Tanpa adanya power supply, sudah jelas komputer tidak akan hidup. Jadi biasanya, ketika komputer mati yang dicek pertama kali adalah power supply nya. Dan pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman mengenai cara mengecek power supply PC komputer apakah masih hidup atau sudah mati. Pengalaman ini saya dapatkan ketika Prakerin di sebuah tempat service komputer di Jogja.

Cara Cek Power Supply PC Komputer Tanpa Ribet
Cek Power Supply PC Pada Komputer

Banyak banget kegiatan yang saya lakukan ketika Prakerin/PKL, seperti Install, bongkar pasang laptop, bongkar pasang CPU, cek power supply, dan masih banyak lagi. Dan salah satu masalah yang sering terjadi pada komputer adalah kondisi dimana komputer tersebut mati total, seperti yang saya katakan di atas cara yang pertama dilakukan biasanya adalah cek power supply. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara cek power supply PC komputer tanpa ribet. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Cara Cek Power Supply PC Komputer Tanpa Ribet

Ada beberapa cara mengecek power supply. Dan yang akan saya tuliskan pada kesempatan kali ini adalah cara mengecek power supply dengan teknik Jumper. Teknik jumper yaitu menghubungkan kutub (+) dan (-) pada power supply dengan benda yang dapat mengalirkan listrik. Kalau masih bingung, langsung praktek saja pasti nanti langsung mudeng.

Peralatan yang perlu disiapkan:

  • Clip kertas/tembaga.
  • Kabel power.
  • Power Supply.

Cara kerja:
1. Lepas terlebih dahulu power supply dari cassing.
2. Ambil konektor ATX 20/24 PIN. Lihat contoh gambar urutan PIN di bawah ini.

Cara Cek Power Supply PC Komputer Tanpa Ribet
Urutan PIN Konektor

3. Setelah itu, hubungkan pin berwarna hijau dengan pin berwarna hitam menggunakan tembaga yang telah siapkan seperti gambar di bawah ini.

Cara Cek Power Supply PC Komputer Tanpa Ribet
Menghubungkn Pin Berwarna
Baca Juga  4 Ciri-Ciri Harddisk yang Rusak atau Bad Sector

4. Langkah terakhir yaitu menghubungkan power supply dengan listrik.

Jika kipas menyala, maka power supply masih hidup. Namun jika kipas sudah tidak mau berputar, maka power supply tersebut sudah rusak. Mungkin hanya ini saja yang dapat saya sampaikan. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam cara cek power supply komputer dengan mudah. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.