Ciri Ciri, Kelebihan dan Kelemahan Pemerintahan Presidensial

Diposting pada

Ciri Ciri, Kelebihan dan Kelemahan Pemerintahan Presidensial – Seperti yang telah kita ketahui bahwa Indonesia pernah menganut beberapa sistem pemerintahan. Sistem pemerintahan yang pernah berlangsung di Indonesia tersebut yaitu seperti sistem pemerintahan presidensial dan  parlementer

Seperti yang telah kita ketahui bahwa pada pelajaran ilmu pengetahuan sosial pasti sudah dijelaskan mengenai sistem pemerintahan di Indonesia. Terdapat dua jenis sistem pemerintahan yaitu pemerintahan presidensial dan pemerintahan parlementer. Kedua jenis pemerintahan tersebut memiliki pengertian serta ciri ciri yang berbeda beda dalam memerintah negara Indonesia. Negara Indonesia telah menggunakan pemerintahan presidensial dimana kekuasaan tertinggi dipegang oleh Presiden.

Ciri Ciri, Kelebihan dan Kelemahan Pemerintahan Presidensial
Pemerintahan Presidensial

Indonesia telah menggunakan sitem pemerintahan parlementer pada tahun 1950 dengan berpedoman kepada UUD S 1950. Namun karena terdapat beberapa hal yang berbeda dengan dekrit presiden maka diganti menggunakan sistem pemerintahan presidensial. Kali ini materi belajar akan membahas mengenai ciri ciri pemerintahan presidensial, kelebihan pemerintahan presidensial  dan kelemahan pemerintahan presidensial. Namun sebelumnya saya akan membahas mengenai pengertian pemerintahan presidensial.

Ciri Ciri, Kelebihan dan Kelemahan Pemerintahan Presidensial

Indonesia menggunakan sistem pemeritahan presidensial karena pada tanggal 5 Juli 1959 dikeluarkan dekrit presiden. Dekrit presiden tersebut berisi tentang berlakunya kembali UUD 1945 dan tidak berlakunya UUDS 1950. Pemerintahan presidensial adalah sisem pemerintahan yang melakukan pemilu dalam memilih bagian eksekutif negara serta dilakukan terpisah dengan pemilihan bagian legislatif negara. Sistem pemerintahan presidensial ini memiliki tiga kedaulatan yang berdasar pada trias politica dari Monstequieu yang meliputi legislatif, eksekutif maupun yudikatif. Presiden memiliki kekuasaan sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan.

Baca juga : Biografi Cut Nyak Dhien Pahlawan Wanita Indonesia

Didalam sistem ini terdapat kedaulatan bahwa para menteri berfungsi untuk membantu presiden serta bertanggung jawab terhadap presiden. Namun tetap berpegang kepada aturan yang telah dibuat oleh para menteri. Para menteri tersebut dipilih langsung oleh presiden. Didalam pemerintahan presidensial menyatakan bahwa anggota legislatif dilarang menjadi pejabat eksekutif ataupun sebaliknya.

Pasa umumnya badan legislatif, eksekutif maupun yudikatif termasuk kedalam lembaga independen dalam pemerintahan presidensial. Agar anda lebih paham mengenai jenis pemerintahan ini, maka saya akan menjelaskan materi tersebut dengan rinci dan mudah dimengerti. Dibawah ini terdapat ciri ciri pemerintahan presidensial , kelebihan pemerintahan presidensial  dan kelemahan pemerintahan presidensial.

Ciri Ciri Pemerintahan Presidensial

Apapun jenis sistem pemerintahannya maka pasti memiliki ciri ciri yang berbeda beda. Sama halnya pemerintahan presidensial ini memiliki ciri ciri yang terdapat didalamnya. Ciri ciri pemerintahan presidensial dapat anda simak dibawah ini:

  • Presiden memiliki dua kekuasaan yaitu sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan.
  • Pemilihan presiden terjadi secara langsung dan melalui pemilu oleh rakyat.
  • Pemilihan anggota legislatif terjadi secara langsung dan melalui pemilu oleh rakyat.
  • Presiden dapat memberhentikan maupun mengangkat para menteri yang bersifat departemen serta non departemen karena memiliki hak prerogratif.
  • Para menteri bertugas untuk membantu presiden serta bertanggung jawab terhadap presiden namun pada pemerintahan presidensial ini para menteri dilarang untuk membantu pihak legislatif.
  • Pihak eksekutf tidak mempunyai tanggung jawab terhadap pihak legislatif maupun sebaliknya.
  • Pihak eksekutf tidak bisa menjatuhkan pihak legislatif maupn sebaliknya.

Baca juga : Proses Masuk dan Berkembangnya Hindu Budha di Indonesia

Kelebihan Pemerintahan Presidensial

Setelah ciri ciri pemerintahan presidensial diatas kemudian terdapat kelebihan pemerintahan presidensial. Berikut kelebihan pemerintahan presidensial yang dapat anda simak dibawah ini:

  1. Badan legislatif memiliki masa jabatan yang lebih jelas, misalnya di Indonesia masa jabatan badan legislatif seperti Presiden adalah 5 tahun
  2. Keadaan badan eksekutif lebih stabil karena dalam kekuasaannya tidak mendapat gangguan maupun tidak tergantung oleh parlemen.
  3. Badan legislatif tidak terdapat anggota parlemen sehingga tidak terdapat aspek kaderisasi terhadap pihak pihak eksekutif.
  4. Program kerja kabinet dapat disusun serta disesuaikan dengan lamanya masa jabatan.

Kelemahan Pemerintahan Presidensial

Dalam sistem pemerintahan presidensial terdapat kelemahannya pula. Walaupun terdapat kelebihan pemerintahan presidensial namun tetap ada kelemahan pemerintahan presidensial. Berikut kelemahan pemerintahan presidensial yang dapat anda simak dibawah ini.

  1. Pertanggungjawaban terhadap sistem pemerintahannya tidak jelas.
  2. Dalam membuat keputusan terhadap kebijakan yang berlaku memerlukan waktu yang lebih lama.
  3. Badan eksekutif dapat membuat kekuasaan yang mutlak karena tidak ada pengawasan langsung dari pihak legislatif.
  4. Keputusan pengambilan kebijakan publik tidak tegas karena terdapat perbedaan serta terdapat sistem tawar menawar terhadap pihak eksekutif dengan pihak legislatif.

Demikinlah penjelasan mengenai pemerintahan presidensial yang terdapat di Indonesia. Artikel diatas juga telah saya jelaskan mengenai ciri ciri pemerintahan presidensial, kelebihan pemerintahan presidensial dan kelemahan pemerintahan presidensial. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Sejarah Kerajaan Tarumanegara Lengkap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.