Contoh Laporan PKL Jurusan TKJ (Teknik Komputer Jaringan)

Diposting pada

Contoh Laporan PKL Jurusan TKJ (Teknik Komputer Jaringan) – Selamat datang teman-teman TKJ seluruh Indonesia. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan artikel mengenai contoh laporan PKL untuk jurusan TKJ. Pada contoh laporan PKL sebelumnya saya juga sudah membuatkan artikelnya, namun contoh laporan PKL kali ini khusus untuk jurusan Teknik Komputer Jaringan saja. Nah, saya yakin banyak yang mencari referensi contoh laporan PKL kan?

Soalnya dulu saya juga pernah mengalami pahit manisnya menjalani prakerin. Maka dari itu sekarang saya yang akan memberikan sedikit gambaran mengenai contoh laporan PKL TKJ yang saya buat dulu ketika masih duduk di bangku SMK. Selain membahas format penulisan atau guideline, saya juga sudah mempersiapkan file soft copy laporan PKL yang sudah saya siapkan untuk dijadikan contoh dalam penyusunan laporan PKL.

Contoh Laporan PKL Jurusan TKJ (Teknik Komputer Jaringan)
Contoh Laporan PKL TKJ

PKL biasanya dilaksanakan ketika kelas XI (Sebelas). Karena saat kelas X (Sepuluh) kita sudah diberikan berbagai materi, maka dengan adanya kegiatan PKL ini kita harus mempergunakan dan mempraktekkan apa yang sudah diajarkan di sekolah dengan sebaik mungkin. Lamanya waktu PKL juga bervariasi, tergantung ketentuan sekolah. Kalau saya dulu melaksanakan kegiatan PKL selama 3 bulan saja.

Untuk jurusan TKJ, tempat yang dipilih untuk melaksanakan PKL bermacam-macam. Mulai dari tokom komputer, service center, sampai perkantoran sekalipun. Pada saat prakerin, saya memutuskan memilih toko komputer sebagai tempat menimba ilmu tambahan. Maka dari itu, daftar kegiatan yang saya susun dalam contoh laporan PKL ini juga berhubungan dengan service baik hardware maupun software.

Dalam konteks pendidikan, contoh laporan PKL TKJ memang tak terlalu mendapat pembahasan yang sesuai porsinya. Tapi secara tak langsung guru mengajarkannya ketika siswa memasuki materi teks laporan. Nah, tugas kita hanya perlu mengelaborasi apa yang sudah dipelajari ketika PKL menggunakan format sesuai petunjuk penulisan.

Karena pentingnya laporan PKL ini, maka kita sebagai peserta harus bisa mempertanggung jawabkan semuanya. Dari apa yang kita lakukan selama PKL itu harus dimuat dalam laporan. Dalam penyusunan laporan PKL, Anda harus memperhatikan peraturan penulisan yang diberikan oleh pembimbing. Karena biasanya, ketentuan yang ditetapkan setiap sekolah juga berbeda.

Kendati demikian tak semua siswa mampu membuat laporan PKL TKJ meskipun sudah mendapatkan berbagai arahan. Mayoritas mengeluh tidak tau harus menuliskan poin apa saja yang tersemat. Sebagian juga kurang memahami struktur laporan serta pembagian masing-masing babnya.

Tak jarang siswa kahirnya mencari lalu meniru contoh laporan PKL TKJ karena kebingungan harus mulai mengerjakan dari mana. Apakah kalian salah satunya? bila iya tak perlu panik karena saya akan mengupas tuntas seperti apa format laporan prakerin. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan file soft copy dari tugas prakerin tersebut.

Format Laporan PKL TKJ

Secara garis besar laporan PKL TKJ yang saya buat tersusun dari beberapa aspek yang dipisahkan perbab. Tentunya guideline ini sesuai dengan format teks laporan yang sudah diajarkan oleh guru bahasa ketika di sekolah. Poin-poin yang harus disampaikan pun saya pisahkan sesuai dengan bab yang menaunginya.

Berikut ini adalah susunan laporan PKL yang saya buat:
  • Cover
  • Daftar Isi
  • Lembar Pengesahan
  • Kata Pengantar
  • BAB I : Pendahuluan
  • BAB II : Profil Perusahaan
  • BAB III : Pembahasan
  • BAB IV : Penutup
  • Daftar Pustaka
  • Lampiran
Baca Juga  4 Macam Metode Instalasi Sistem Operasi

Masih kebingungan? sebenarnya kita bisa download laporan PKL TKJ dengan format docx maupun PDF di internet. Tapi sebagai pelajar kita tak boleh terang-terangan memakai semua informasi yang tertulis pada contoh tersebut. Jadi, saat memutuskan mencari referensi atau mengadaptasi karya tulis orang lain maka hendaknya kalian buat perbedaan.

Silahkan bisa di download melalui link Google Drive berikut: Laporan PKL TKJ.docx

Laporan tersebut merupakan laporan yang saya kumpulkan kepada pembimbing, alhamdulillah tidak ada yang perlu diperbaiki alias lolos. Jadi, jika temen-temen mau menjadikan laporan ini sebagai referensi ya silahkan. Namun yang perlu diingat, pengaturan penyusunan setiap sekolah berbeda-beda, pastikan Anda membuat dengan ketentuan yang sudah ditetapkan

Cara Membuat Laporan PKL

Ini hanya sebagai tambahan saja. Ada beberapa tips dari saya ketika hendak membuat laporan PKL agar nantinya bisa maksimal.

Pahami Ketentuan

Seperti yang sudah sedikit saya jelaskan di atas, setiap sekolah memiliki ketentuan penulisan contoh laporan prakerin SMK dengan format berbeda-beda. Jadi pahamilah ketentuan tersebut agar dalam proses penyusunan laporan PKL tidak kebingungan dan tidak disuruh mengulang (revisi).

Mulai dari Sedikit

Maksudnya adalah, silahkan Anda menyusun laporannya sedikit demi sedikit tapi konsisten. Misal, Anda mulai membuat laporan pada bulan ke-2 PKL, nah dari sini Anda secara terus-menerus menyusun laporan hingga selesai. Dengan ini maka waktu Anda akan lebih bermanfaat dan nantinya tidak kebingungan ketika waktu pengumpulan laporan telah tiba.

Cari Referensi

Referensi pasti dibutuhkan dalam proses penyusunan laporan PKL. Laporan yang saya bagikan ini bisa dijadikan referensi penyusunan. Silahkan Anda baca dan pahami, jika maknanya hampir sama silahkan buat kalimat yang mirip seperti itu namun dengan gaya bahasa sendiri (ini penting karena akan terlihat berbeda dengan lainnya sehingga tidak terkesan pasaran).

Lakukan Finishing

Sebelum Anda mengumpulkannya, silahkan lakukan finishing dengan cara mengecek seluruh kata, kalimat, tanda baca, pokoknya cek semuanya karena biasanya nanti laporan PKL tersebut akan dikoreksi dengan sangat teliti. Jadi kesalahan sekecil apapun kemungkinan akan terlihat, ujung-ujungnya harus mengulang. Nah, daripada mengulang kan lebih baik menelitinya lagi.

Mungkin hanya ini saja contoh laporan PKL TKJ yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat dan bisa membantu Anda dalam menyusun laporan PKL. Semoga sukses. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.