July 15, 2017

Contoh Laporan PKL Jurusan TKJ (Teknik Komputer Jaringan)

Selamat datang teman-teman TKJ seluruh Indonesia. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan artikel mengenai contoh laporan PKL untuk jurusan TKJ. Pada contoh laporan PKL sebelumnya saya juga sudah membuatkan artikelnya, namun contoh laporan PKL kali ini khusus untuk jurusan Teknik Komputer Jaringan saja. Nah, saya yakin banyak yang mencari referensi contoh laporan PKL kan? Soalnya dulu saya juga pernah mengalami, maka dari itu sekarang saya yang akan memberikan sedikit gambaran mengenai contoh laporan PKL yang saya buat dulu ketika masih menjadi anak TKJ. Oh ya, kali ini saya hanya akan memberikan gambarannya saja, tapi tenang saya juga akan memberikan file soft copy laporan PKL yang sudah saya siapkan untuk dijadikan contoh dalam penyusunan laporan PKL.

PKL biasanya dilaksanakan ketika kelas XI (Sebelas). Karena saat kelas X (Sepuluh) kita sudah diberikan berbagai materi, maka dengan adanya kegiatan PKL ini kita harus mempergunakan dan mempraktekkan apa yang sudah diajarkan di sekolah dengan sebaik mungkin. Lamanya waktu PKL juga bervariasi, tergantung ketentuan sekolah. Kalau saya dulu melaksanakan kegiatan PKL selama 3 bulan saja. Untuk jurusan TKJ, tempat yang dipilih untuk melaksanakan PKL bermacam-macam, mulai dari tempat service sampai tempat yang berhubungan dengan troubleshooting jaringan. Pada saat saya PKL, saya memutuskan memilih tempat service sebagai ajang unjuk gigi. Maka dari itu, daftar kegiatan yang saya susun dalam contoh laporan PKL ini juga berhubungan dengan service.
Contoh Laporan PKL TKJ

Karena pentingnya laporan PKL ini, maka kita sebagai peserta harus bisa mempertanggung jawabkan semuanya. Dari apa yang kita lakukan selama PKL itu harus dimuat dalam laporan. Dalam penyusunan laporan PKL, Anda harus memperhatikan peraturan penulisan yang diberikan oleh pembimbing. Karena biasanya, ketentuan yang ditetapkan setiap sekolah juga berbeda.

Contoh Laporan PKL (Praktek Kerja Lapangan)

Berikut ini adalah susunan laporan PKL yang saya buat:
  • Cover
  • Daftar Isi
  • Lembar Pengesahan
  • Kata Pengantar
  • BAB I : Pendahuluan
  • BAB II : Profil Perusahaan
  • BAB III : Pembahasan
  • BAB IV : Penutup
  • Daftar Pustaka
  • Lampiran
Bagi teman-teman TKJ yang membutuhkan contoh laporan PKL, silahkan bisa di download melalui link di bawah ini (Link Google Drive).


Laporan tersebut merupakan laporan yang saya kumpulkan kepada pembimbing, alhamdulillah tidak ada yang perlu diperbaiki alias lolos. Jadi, jika temen-temen mau menjadikan laporan ini sebagai referensi ya silahkan. Namun yang perlu diingat, pengaturan penyusunan setiap sekolah berbeda-beda, pastikan Anda membuat dengan ketentuan yang sudah ditetapkan.

Tips Cara Membuat Laporan PKL

Ini hanya sebagai tambahan saja. Ada beberapa tips dari saya ketika hendak membuat laporan PKL agar nantinya bisa maksimal.

1. Pahami Ketentuan
Seperti yang sudah sedikit saya jelaskan di atas, setiap sekolah memiliki ketentuan penulisan laporan prakerin dengan format berbeda-beda. Jadi pahamilah ketentuan tersebut agar dalam proses penyusunan laporan PKL tidak kebingungan dan tidak disuruh mengulang (revisi).

2. Mulai dari Sedikit
Maksudnya adalah, silahkan Anda menyusun laporannya sedikit demi sedikit tapi konsisten. Misal, Anda mulai membuat laporan pada bulan ke-2 PKL, nah dari sini Anda secara terus-menerus menyusun laporan hingga selesai. Dengan ini maka waktu Anda akan lebih bermanfaat dan nantinya tidak kebingungan ketika waktu pengumpulan laporan telah tiba.

3. Cari Referensi
Referensi pasti dibutuhkan dalam proses penyusunan laporan PKL. Laporan yang saya bagikan ini bisa dijadikan referensi penyusunan. Silahkan Anda baca dan pahami, jika maknanya hampir sama silahkan buat kalimat yang mirip seperti itu namun dengan gaya bahasa sendiri (ini penting karena akan terlihat berbeda dengan lainnya sehingga tidak terkesan pasaran).

4. Lakukan Finishing
Sebelum Anda mengumpulkannya, silahkan lakukan finishing dengan cara mengecek seluruh kata, kalimat, tanda baca, pokoknya cek semuanya karena biasanya nanti laporan PKL tersebut akan dikoreksi dengan sangat teliti. Jadi kesalahan sekecil apapun kemungkinan akan terlihat, ujung-ujungnya harus mengulang. Nah, daripada mengulang kan lebih baik menelitinya lagi.

Mungkin hanya ini saja contoh laporan PKL TKJ yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat dan bisa membantu Anda dalam menyusun laporan PKL. Semoga sukses. 
Terima kasih.

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon