9 Contoh Paragraf Persuasi Singkat dan Penjelasannya

Pada kesempatan kali ini saya akan membuat artikel mengenai contoh paragraf persuasi singkat. Untuk melengkapi artikel dan memperjelas pemahaman, akan saya tuliskan juga mengenai pengertian paragraf persuasi, jenis paragraf persuasi, dan juga ciri-ciri paragraf persuasi. Artikel ini adalah artikel ke-6 yang saya tulis dalam kategori Bahasa Indonesia. Kedepannya, saya akan menuliskan contoh-contoh teks dan paragraf lainnya.

Pengertian Paragraf Persuasi

Paragraf persuasi adalah jenis paragraf yang bersifat mengajak, mengimbau, dan memengaruhi pembaca dengan menyertakan fakta, bukti, dan juga kalimat ajakan. Paragraf persuasi berisi tentang bujukan dan ajakan kepada pembacanya agar memiliki pemikiran yang sama dengan penulis, dalam artian mengikuti dan melakukan apa yang dituliskan penulis dalam paragraf persuasi. 

Pada dasarnya, pengertian paragraf persuasi menurut para ahli adalah sama, semuanya mengarah pada pengertian umum yaitu paragraf persuasi adalah paragraf yang bersifat mengajak dan memengaruhi pembacanya melalui kalimat ajakan dan propaganda.

Jenis-Jenis Paragraf Persuasi

Jenis-jenis paragraf persuasi terbagi menjadi 4 yaitu pendidikan, politik, periklanan, dan propaganda. Untuk mengetahui pengertian dari jenis paragraf persuasi tersebut, berikut ini penjelasannya.

1. Paragraf Persuasi Pendidikan

Paragraf persuasi pendidikan sering digunakan untuk kepentingan pendidikan seperti lembaga universitas, instansi pendidikan, dan sebagainya. Biasanya, paragraf persuasi pendidikan ini berisi tentang himbauan, ajakan, dan motivasi untuk menuntut ilmu setinggi-tingginya. Maka paragraf persuasi pendidikan ini juga sering digunakan oleh para guru untuk memberikan motivasi kepada murid-muridnya agar selalu rajin dan sungguh-sungguh dalam belajar.

2. Paragraf Persuasi Politik

Paragraf persuasi politik memiliki tujuan untuk memengaruhi dan megajak pembaca untuk berpola pikir sama dalam dunia politik. Paragraf persuasi politik ini sering digunakan oleh politikus saat pemilihan anggota pemerintahan dengan maksud mendukung kepentingan partai politik tertentu.

3. Paragraf Persuasi Periklanan

Paragraf persuasi periklanan (advertensi) digunakan untuk media iklan suatu produsen. Paragraf persuasi periklanan ini sering digunakan untuk mempromosikan produk tertentu dengan maksud meningkatkan rating dan popularitas produk tersebut. Bahasa yang digunakan dalam paragraf ini dibuat lugas dan halus sehingga para pembaca akan terpengaruh dengan paragraf periklanan ini.

4. Paragraf Persuasi Propaganda

Paragraf persuasi propaganda memiliki tujuan merubah pola pikir pembaca agar percaya dengan apa yang disampaikan penulis. Jadi, paragraf ini mengajak para pembaca untuk memiliki pemikiran yang sama dengan penulis.

Ciri-Ciri Paragraf Persuasi

Adapun ciri-ciri dari paragraf persuasi adalah sebagai berikut:
  1. Disertai dengan fakta dan bukti untuk memperkuan ajakan.
  2. Bersifat mengajak agar melakukan apa yang tertuang dalam paragraf.
  3. Terdapat kata-kata ajakan seperti ayo, marilah, dan kalimat lain untuk memengaruhi pembaca.
  4. Menimbulkan kepercayaan kepada pembaca.
  5. Dapat menciptakan kesepakatan melalui kepercayaan antara penulis dan pembaca.
  6. Sebisa mungkin menghindari adanya konflik.
Contoh Paragraf Persuasi Singkat dan Penjelasannya

Contoh Paragraf Persuasi Singkat

Pada kali ini saya akan memberikan beberapa contoh paragraf persuasi. Agar Anda dapat membedakan jenis-jenisnya, maka akan saya berikan masing-masing contoh yaitu contoh paragraf persuasi pendidikan, contoh paragraf persuasi politik, contoh paragraf persuasi periklanan, dan contoh paragraf persuasi propaganda.

#Contoh Paragraf Persuasi Pendidikan

1. Ayo, Tingkatkan Semangat Belajar
Ujian Nasional semakin dekat, maka dari itu persiapkanlah dirimu dengan belajar yang giat dan tekun agar bisa menghadari ujian dengan mudah. Kemudahan dalam menjawab semua soal ujian tergantung dari bagaimana kita mempersiapkan diri. Semua orang tidak mau gagal dalam ujian nasional, karena sudah pasti itu akan membuat malu diri sendiri, orang tua, dan juga sekolah. Semua itu akan sangat sayang sekali karena proses yang sudah dilalui berakhir dengan sia-sia. Waktu belajar selama bertahun-tahun akan digunakan untuk menghadapi ujian nasional yang hanya berlangsung selama 4 hari saja. Untuk itu, ayo persiapkan diri sampai benar-benar siap menghadapi ujian.

Belajar dengan giat tidak akan memberikan kerugian sama sekali, yang ada kita malah mendapatkan keuntungan yaitu kita menjadi siap dalam menghadapi ujian karena sudah terbiasa mempelajari berbagai macam model soal. Tak hanya itu, dengan belajar giat mental kita juga akan semakin terlatih. Mental sangat penting untuk menghadapi, karena dengan mental yang kurang, soal yang seharusnya bisa dikerjakan dengan mudah akan menjadi sulit.

Maka dari itu, ayolah kawan-kawan tingkatkan semangat belajar kita. Bersama-sama mempersiapkan diri sebaik mungkin sebelum ujian nasional datang. Jangan sampai kita menyesal di kemudian hari, melihat teman-teman kita gembira merayakan kelulusannya dengan hasil yang memuaskan.

2. Ayo, Tuntutlah Ilmu Setinggi Mungkin
Menuntut ilmu tidak ada batasannya, tidak ada istilah terlalu muda untuk mengukir prestasi, begitupun istilah terlalu tua untuk menuntut ilmu. Generasi muda seharusnya mempunyai semangat menuntut ilmu yang tinggi, jangan sampai kalah dengan orang tua yang masih gemar menuntut ilmu. Shigemi Hirata contohnya, pada usia 96 tahun dia mampu mendapatkan gelar sarjananya. Bukan hanya itu, dia juga dinobatkan sebagai sarjana tertua oleh Guinness World Records.

Shigemi Hirata lahir pada tahun 1919, dia memulai pendidikan sarjana pada usia 85 tahun dengan mengambil bidang studi seni keramik. Selang 11 tahun, dia mendapatkan gelar Bachelor of Arts dari Kyoto University of Arts and Design. Meski sudah mendapatkan gelar, di usia yang sudah terbilang tua, dia masih mempunyai semangat menuntut ilmu yang tinggi dan dia pun mempertimbangkan untuk melanjutkan ke sekolah paasca sarjana.

Ingat, masa muda adalah masa terbaik untuk mengukir prestasi dan yang tua tidak ada batasan untuk menuntut ilmu lebih tinggi. Menuntut ilmu bukan hanya sebatas memperoleh gelar akademik saja, namun juga dapat kita lakukan kapan dan dimana saja. Menuntut ilmu bisa kita lakukan dengan membaca buku ataupun membaca artikel. Maka dari itu, tuntutlah ilmu setinggi mungkin dan kejarlah ilmu sejauh mungkin. Menuntut ilmu tidak ada batasannya, selama kita mau dan memang mampu, kenapa tidak?

#Contoh Paragraf Persuasi Politik

1. Jangan Golput, Gunakanlah Hak Pilih dengan Benar
Setiap warga negara yang sudah berusia 17 tahun wajib mengikuti pemilihan umum, seperti pada Undang-Undang no 23 Tahun 2003 tentang Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden pasal 7 yang menyatakan, warga megara Republik Indonesia yang pada hari pemungutan suara sudah berumur 17 (tujuh belas) tahun atau sudah/pernah kawin mempunyai hak pilih. Nah, untuk yang sudah mempunyai hak pilih, ayo gunakan hak pilihnya sebaik mungkin, jangan sampai golput.

Golput tidak menguntungkan sama sekali, malah akan merugikan negara. Seperti yang dikatakan Syahrial Loetan, Pengamat Perencanaan Pembangunan Nasional "Mengabaikan hak pilih pada pemilu, menyebabkan dampak negatif bagi pembangunan nasional".

Sebagai warga negara yang baik, seharusnya kita tetap mengikuti prosedur yang telah ditentukan oleh pemerintah. Gunakanlah hak pilih dengan benar, jangan sampai golput ataupun diwakilkan kepada orang lain. Kita harus tetap ikut berpartisipasi dalam kegiatan pemilihan umum, sebab dengan kita mengikuti even tersebut merupakan wujud penyaluran aspirasi masyarakat dalam perjalanan negara dan bangsa Indonesia, serta sebagai warga negara yang bertanggung jawab.

2. Pilihlah Pemimpin Sesuai Hati Nurani
Sebentar lagi pemilihan umum tiba, ayo gunakanlah hak pilih kita untuk memilih presiden dan wakil presiden terbaik untuk negara ini. Nasib negara selama 5 tahun bergantung pada pilihan kita, jadi jangan sia-siakan kesempatan untuk memilih pemimpin yang benar-benar berkompeten memimpin negara tercinta Indonesia.

Jangan sampai golput, jangan sampai hak pilih Anda disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Maka dari itu, marilah datang ke TPU terdekat untuk memberikan suara terbaik sesuai pilihan hati nurani. Bersama-sama membangun NKRI yang lebih baik lagi.

#Contoh Paragraf Persuasi Periklanan Singkat

Contoh 1
Mengkonsumsi susu adalah kebutuhan setiap individu. Sebab, susu mengandung banyak kalsium dan protein yang dibutuhkan tulang dan gigi. Selain itu, susu juga akan meningkatkan kesehatan tubuh dan menjaganya dari penyakit.

Fresh Milk memiliki semua itu, kalsium dan protein yang terkandung dalam Fresh Milk akan sangat bermanfaat untuk tubuh Anda. Selain itu, vitamin dan mineral dalam Fresh Milk juga tidak kalah pentingnya. Maka dari itu, ganti produk susu Anda sebelumnya dengan Fresh Milk dan dapatkan kandungan gizi yang lebih baik dibandingkan dengan produk susu lain.

Contoh 2
Bingung cari sekolah berkualitas dengan biaya murah? Sekolah Mawar Melati memberikan fasilitas pendukung kegiatan belajar mengajar yang lengkap untuk anak Anda. Ruang kelas yang kami sediakan juga sangat nyaman, jadi akan membuat proses belajar mengajar menjadi lebih menyenangkan. Yang lebih lagi, guru-guru yang berkualitas juga ada di sekolah ini.

Tunggu apa lagi? Jangan sampai kehabisan kuota, karena kuota terbatas. Masih berpikir biaya mahal? Banyak beasiswa yang disediakan di sekolah Mawar Melati, mulai dari beasiswa anak berprestasi sampai beasiswa untuk anak kurang mampu. Segera daftarkan anak Anda sekarang juga, untuk info lebih lanjut silahkan kunjungi website kami.

Contoh 3
Manfaat buah-buahan untuk kesehatan sangat beragam, mulai dari mencegah dan mengibati berbagai penyakit. Kini, telah hadir ketan susu beraneka rasa buah-buahan, ada rasa nanas, pepaya, coklat, dan masih banyak lagi.

Produk ini akan memberikan sensasi yang berbeda dibandingkan produk ketan susu lain. Manfaat yang terkandung dalam buah-buahan telah dimasukkan dalam ketan susu yang akan menambah rasa lezat. Buruan coba sebelum kehabisan, harga terjangkau dan bisa delivery. Untuk pemesanan bisa hubungi nomor yang tertera.

#Contoh Paragraf Persuasi Propaganda

1. Jagalah Keselamatan Berkendara
Kecelakaan merupakan pembunuh nomor satu di Indonesia setelah penyakit jantung. Hal ini dikarenakan ratusan orang meninggal dunia di jalan raya setiap harinya. Penyebabnya beraneka ragam, mulai dari tabrak lari, kecelakaan tunggal, dan lain-lain.

Oleh karena itu, marilah kita tingkatkan kewaspadaan kita ketika sedang berkendara di jalan raya. Patuhi semua rambu-rambu lalu lintas. Jangan lupa selalu gunakan alat keselamatan berkendara. Bila mengantuk saat berkendara, lebih baik beristirahat sejenak. Ingat, keluarga sedang menunggu kita di rumah.

2. Jangan Buang Sampah Sembarangan
Membuang sampah sembarangan akan menyebabkan berbagai bahaya datang, banjir salah satunya. Kebiasaan membuang sampah di sungai akan mengakibatkan air mengalir dengan tidak lancar, kemudian air naik ke daratan sekitar bantaran sungai dan mengakibatkan banjir.

Untuk menghindari bahaya lainnya, janganlah membuang sampah sembarangan. Apa susahnya membuang sampah pada tempatnya? Jangan sampai budaya membuang sampah sembarangan turun temurun sampai penerus bangsa selanjutnya, stop sampai disini. Mulailah menghentikan kebiasaan buruk demi menciptakan lingkungan yang nyaman dan sehat.

Nah, mungkin hanya ini saja artikel tentang contoh paragraf persuasif singkat dan penjelasannya. Mohon maaf apabila terdapat contoh yang tidak bagus, karena posisi saya disini juga masih tahap belajar. Semoga artikel singkat ini bisa bermanfaat untuk Anda semua.
Terima kasih.

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon