Anto Tunggal

Ilmu Komputer dan Desain Grafis

July 12, 2017

4 Macam Metode Instalasi Sistem Operasi

Sebelum menggunakan sistem operasi pada komputer, terlebih dahulu kita harus melakukan instalasi. Dalam instalasi tersebut dibagi menjadi beberapa macam yaitu instalasi sistem baru, instalasi upgrade, instalasi multiboot, dan instalasi visualisasi. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas 4 macam metode instalasi pada sistem operasi ini. Mungkin di antara Anda ada yang sudah tahu akan materi ini, namun saya membuat materi ini bukan hanya untuk orang lain tapi juga untuk diri sendiri karena saya menggunakan blog ini untuk melakukan backup materi agar sewaktu-waktu lupa bisa membacanya kembali. Sedikit informasi tambahan, materi mengenai metode instalasi sistem operasi ini biasanya dibahas ketika kelas X jurusan TKJ. Jadi jika Anda dulunya siswa TKJ pasti tahu lah tentang materi ini.

Sebuah sistem operasi akan diinstall pada penyimpanan hardisk. Ada beberapa metode yang dapat Anda pilih seperti yang sudah sedikit saya tuliskan di atas. Metode yang digunakan menyesuaikan kondisi perangkat lunak pada komputer tersebut. Selain itu, kebutuhan user juga berpengaruh pada metode instalasi sistem operasi tersebut.
Metode Instalasi Sistem Operasi

Metode Instalasi Sistem Operasi

Metode instalasi sistem operasi adalah sebuah cara yang digunakan untuk memasukkan sistem operasi ke penyimpanan hardisk komputer. Dan berikut ini adalah penjelasan mengenai macam-macam metode instalasi sistem operasi.

1. Metode Instalasi Baru

Metode instalasi baru adalah metode yang digunakan untuk melakukan instalasi sistem operasi baru, jadi data-data sistem operasi yang ada sebelumnya akan dihapus dan digantikan dengan data baru. Pilihan ini dapat digunakan ketika jaringan yang akan dibangun adalah jaringan baru. Selain itu, rusaknya sistem operasi juga bisa menjadi alasan kenapa harus install sistem operasi dengan metode instalasi baru.

Pada intinya, metode instalasi baru ini akan menghapus data-data sistem operasi yang lama, baik itu software ataupun file yang berada dalam penyimpanan sistem operasi tersebut dan kemudian akan digantikan dengan file-file sistem operasi yang baru.

2. Metode Instalasi Upgrade

Metode instalasi upgrade adalah metode yang digunakan untuk melakukan pembaharuan sistem operasi tanpa menghapus data sistem operasi yang lama. Metode ini pada umumnya dilakukan karena pada versi sistem operasi sebelumnya banyak terjadi permasalahan, lalu puhak pengembang melakukan perbaikan dan kemudian para pengguna dapat melakukan upgrade perbaikan tersebut ke sistem operasinya tanpa menghapus data yang lama. Sebagai contoh, saya menggunakan Windows 10 10240, karena terasa banyak bug kemudian Microsoft meningkatkan versinya ke 10586. Dengan perbaikan yang dilakukan oleh Microsoft, kita dapat mengunduh dan memasangnya ke dalam sistem operasi yang lama tanpa menghapus data.

Pada intinya, metode instalasi upgrade ini hanyalah menggantikan file lama (bukan menghapus) dengan file terbaru karena biasanya dilakukan perbaikan bug. Berbeda dengan metode instalasi baru yang menghapus data pada sistem operasi lama.

3. Metode Instalasi Multiboot

Metode instalasi multiboot adalah metode yang memungkinkan pengguna memiliki dua atau lebih sistem operasi dalam komputernya. Opsi ini sangat cocok untuk pengguna yang ingin migrasi ke Linux karena pada awalnya pengguna Linux akan canggung dan menginginkan kembali lagi ke Windows. Dengan metode multiboot ini, Anda dapat memilih mau menjalankan sistem operasi Windows, Linux, atau sistem operasi lain yang tentunya ada dalam list multiboot tersebut.

Perlu diketahui bahwa dalam penggunaan metode instalasi multiboot, nantinya sistem operasi tidak akan menjadi satu partisi melainkan memiliki partisi sendiri-sendiri. Maka dari itu, jika Anda ingin menggunakan metode ini persiapkan terlebih dahulu partisi yang akan digunakan untuk menempatkan sistem operasi multiboot.

4. Metode Instalasi Virtualisasi

Metode instalasi virtualisasi adalah metode yang memungkinkan pengguna menjalankan sistem operasi dalam sistem operasi. Jadi begini, maksudnya menjalankan sistem operasi dalam sistem operasi adalah kita membuat mesin virtual (sistem operasi) menggunakan software seperti VirtualBox, VMWare atau semacamnya. Dengan begitu kita bisa menjalankan banyak sistem operasi sekaligus.

Metode ini biasanya digunakan untuk praktikum di sekolah-sekolah seperti misalnya di SMK Jurusan TKJ. Karena ini memang sangat efektif dan cara-caranya pun hampir sama dengan instalasi baru hanya saja ini menggunakan mesin virtual jadi metode ini dinamakan metode virtualisasi.

Mungkin hanya ini saja artikel mengenai macam metode instalasi sistem operasi. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan pengetahuan kita semua. Terima kasih.
Rekomendasi Untuk Anda × +
0 Komentar untuk "4 Macam Metode Instalasi Sistem Operasi"

Silahkan berkomentar

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top