Pengertian Masyarakat Multikultural, Ciri Ciri dan Faktor Penyebab Masyarakat Multikultural

Diposting pada

Pengertian Masyarakat Multikultural, Ciri Ciri dan Faktor Penyebab Masyarakat Multikultural – Definisi masyarakat multikultural beserta ciri ciri masyarakat multikultural dan penyebabnya pada dasarnya dapat dengan mudah kita temukan dalam pembelajaran sosiologi di tingkat sekolah. Baik pengertian maupun contoh masyarakat multikultural sendiri sangat berkaitan erat dengan yang disebut “multikulturalisme“. Multikultural sendiri adalah istilah khusus untuk menjelaskan pengertian tentang keberagaman suku bangsa dalam sebuah negara.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa Indonesia memiliki beragam suku bangsa di dalamnya.  Suku suku bangsa tersebut memiliki ciri khas dan adat istiadatnya sendiri. Apakah Indonesia dapat disebut masyarakat multikultural?

Pengertian Masyarakat Multikultural, Ciri Ciri dan Faktor Penyebab Masyarakat Multikultural
Masyarakat Multikultural

Apa yang dimaksud masyarakat multikultural itu? Apa saja ciri ciri pada masyarakat multikultural? Apa saja faktor masyarakat multikultural itu?Jenis masyarakat ini memiliki ciri khasnya sendiri. Dalam artikel kali ini kita akan membahas lebih dalam tentang pengertian masyarakat multikultural, ciri ciri masyarakat multikultural, penyebab masyarakat multikultural dan contoh masyarakat multi kultural itu sendiri. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Masyarakat Multikultural, Ciri Ciri dan Faktor Penyebab Masyarakat Multikultural

Masyarakat multikultural memang sangat identik dengan istilah multikulturalisme karena dalam multikulturalisme itu telah mencakup pandangan pandangan tentang definisi masyarakat multikultural, ciri ciri dan penyebab dari masyarakat multikultural itu sendiri.

Dalam sebuah lingkungan masyarakat tentunya kita akan menemukan berbagai kelompok masyarakat yang berebeda atau memiliki karkteristik yang berbeda antara satu sama lain. Kumpulan perbedaan ciri ciri dan karakteristik tersebut bersenggolan langsung dengan stratifikasi sosial. Masyarakat seperti ini merupakan bentuk contoh masyarakat multikultural.

Artikel terkait: 5 Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia

Menurut susunan bahasanya masyarakat multikultural dapat dibagi menjadi 3 yakni “masyarakat“, “Multi“, dan tentunya “Kultural“. Masyarakat yang artinya adalah sekumpulan manusia yang hidup dan berinteraksi menurut adat istiadat maupun sistem yang berlaku dan diikat oleh rasa toleransi. Multi artinya terdiri dari lebih dari satu jenis (beragam). Dan kultural memiliki arti budaya. Jadi dapat kita simpulkan bahwa pengertian masyarakat multikultural adalah masyarakat yang terdiri dari berbagai suku bangsa yang memiliki budaya berbeda satu sama lain. Perbedaan kebudayaan ini disebabkan oleh banyaknya ras dan suku bangsa yang mendiami suatu masyarakat.

Multikultural juga dapat kita artikan sebagai suatu perbedaan atau keberagaman suatu budaya dengan budaya lainnya. Hal inilah yang membuat masyarakat multikultural disebut sebagai kelompok manusia yang hidup dan tinggal menetap di satu tempat tertentu yang memiliki kebudayaan dan ciri ciri khusus yang membedakan masarakat satu dengan masyarakat lainnya. Pada dasarnya memang setiap kelompok masyarakat memiliki kebudayaan masing masing yang menjadikannya ciri ciri suatu masyarakat tersebut.

Selain berdasarkan bahasanya, multikultural juga dapat diartikan berdasarkan para ahli. Pengertian masyarakat multikultural menurut para ahli adalah sebagai berikut:

  • J.S Furnivall berpendapat bahwa masyarakat multikultural merupakan kelompok masyarakat yang terdiri dari lebih dari dua elemen yang memiliki kehidupan sendiri sendiri. tanpa ada pencampuran dalam bidang politik satu sama lain.
  • J. Nasikun mengemukakan bahwa masyarakat multikultural memiliki sifat yang cenderung majemuk sejauh masyarakat tersebut secara struktur memiliki sub kebudayaan yang memiliki sifat diversi (diverse) yang dapat ditandai oleh adanya keterlambatan perkembangan sistem dan nilai yang disepakati oleh seluruh elemen anggota masyarakat serta sistem nilai nilai kesatuan moral yang ada dari kesatuan sosial sehingga sering menimbulkan konflik sosial.
  • Clifford Geertz berpendapat bahwa pengertian masyarakat multikultural adalah masyarakat yang terbagi dalam subsistem yang kurang atau lebih berdiri dengan keadaan masing masing subsistem tersebut terikat oleh ikatan primordial.

Ciri Ciri Masyarakat Multikultural

Setelah kita membahas pengertian masyarakat multikultural, maka kita juga harus mengetahui ciri ciri dari masyarakat multikultural itu sendiri. Masyarakat multikultural memiliki ciri ciri yang dapat ditandai oleh:

  1. Adanya struktur budaya (kebudayaan) lebih dari satu.
  2. Proses integrasi yang terjadi berlangsung sangat lama.
  3. Nilai nilai dasar yang telah disepakati sebelumnya dalam sebuah perjanjian sulit berkembang.
  4. Sering terjadi konflik konflik sosial dalam masyarakat yang mengandung unsur negatif.
  5. Memiliki struktur sosial yang bersifat non komplementer.
  6. Di bidang politik, ekonomi dan sosial budaya sering terjadi dominasi.

Itulah yang menjadi ciri ciri masyarakat multikultural yang ada dilingkungan kita. Berdasarkan ciri ciri masyarakat multikultural tersebut kita dapat menarik kesimpulan bahwa tentang karakteristik masyarakat multikultural.

Karakteristik Masyarakat Multikultural

Karakteristik merupakan bagian yang akan mengarah pada faktor, sama halnya yang telah saya jelaskan sebelumnya, karakterstik inilah yang akan mengarah menuju pada faktor faktor penyebab masyarakat multikultural. Berdasarkan ahli (Pierre L. Va Den Berghe) yang merupakan seorang sosiolog terkenal dan terkemuka menjelaskan tentang karakteristik masyarakat multikultural dan merumuskan faktor faktor penyebab masyarakat multikultural serta akibatnya dalam kehidupan sehari hari.

Terjadinya segmentasi dalam sebuah kelompok sub budaya yang memiliki perbedaan (primordial). masyarakat multikultural yang telah tersegmentasi kedalam sebuah kelompok sub budaya yang memiliki perbedaan satu sama lain. masyarakat inilah yang nantinya akan terbagi kedalam kelompok kelompok yang lebih kecil berdasarkan agama, suku, ras dan pergaulan yang terpisah karena umumnya individu lebih memilih untuk berinteraksi dengan orang yang memiliki agama, suku, dan ras yang sama.

Dalam pengertian lain, masyarakat miltikultural memiliki ciri ciri dan karakteristik terlihat hidup bersama dalam perbedaan agama, etnis, suku, dan ras. Namun dalam segi keseharian mereka cenderung lebih memilih bergaul dengan orang orang yang memang berasal dari daerah mereka saja. Hal ini disebabkan karena mereka dalam keseharian cenderung memilih berkawan dengan orang yang memang berasal dari daerah mereka karena dianggap lebih mudah melakukan interaksi.

Faktor Penyebab Masyarakat Multikultural

Pada dasarnya terdapat banyak faktor penyebab masyarakat multikultural di indonesia. yakni faktor sejarah, faktor kebudayaan asing, faktor geografis dan lain sebagainya.

Faktor sejarah
Indonesia merupakan negara yang memiliki kekayaan alam yang melimpah terlebih lagi pada rempah rempah. Hal ini menjadikan banyak negara asing memiliki keinginan untuk menjajah Indonesia. Dengan demikian maka bangsa asing tersebut akan menetap di Indonesia dalam kurun waktu yang lama. Akhirnya warga negara asing ini menikah dengan penduduk indonesia dan lama kelamaan membuat percampuran budaya (multikuluralisme). Inilah yang menjadi faktor penyebab masyarakat multikultural di indonesia.

Faktor pengaruh kebudayaan asing
Globalisasi adlaah salah satu faktor yang memegang peran penting dalam proses penyebaran kebudayaan dalam masyarakat dunia terutama Indonesia yang mengadopsi sistem demokrasi dalam pemerintahan. Indonesia merupakan negara terbuka yang mudah menerima budaya asing yang masuk walaupun sering terjadi benturan antara budaya lokal dan budaya asing tersebut. Masuknya budaya asing melalui globalisasi inilah yang menjadi faktor penyebab masyarakat multikultural di Indonesia.

Faktor Geografis
Selain dikenal kaya akan berbagai jenis rempah rempah, Indonesia juga dikenal memiliki letak geografis yang sangat strategis untuk jalur perdagangan internasional arena diapit oleh dua benua dan dua samudra. Karena memiliki letak gegrafis yang strategis, banyak negara negara asing seperti China, Arab, Portugis, India dan negara eropa lainnya datang ke Indonesia dengan tujuan berdagang. Keadaan inilah yang akhirnya menambah keanekaragaman budaya di indonesia sehingga menjadi faktor penyebab masyarakat multikultural di Indonesia.

Faktor Iklim
Iklim juga memegang peranan yang tidak kalah penting dalam faktor penyebab masyarakat multikultural di Indonesia, Indnesia merupakan negara kepulauan yang beriklim tropis. Umumnya budaya masyarakat yang tinggal di Indonesia akan meyesuaikan dengan keadaan iklam dan cuaca di daerah masing masing. Seperti di daerah pegunungan yang memiliki iklim dan cuaca dingin cenderung akan ramah dan memiliki budaya yang berkaitan dengan iklimya. Berbeda dengan masyarkaat pesisir pantai yang hidup pada iklim dan cuaca panas akan cenderung membentuk kontrol emosi yang lebih mudah marah.

Sekian artikel yang berjudul Pengertian Masyarakat Multikultural, Ciri Ciri Masyarakat Multikultural dan Faktor Penyebab Masyarakat Multikultural yang dapat saya sampaikan dalam artikel kali ini. Masyarakat multikultural dapat diartikan sebagai masyarakat yang terdiri dari berbagai suku bangsa yang memiliki budaya berbeda satu sama lain. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Mengapa Interaksi Sosial Dikatakan Sebagai Kunci dari Semua Kehidupan Sosial

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.