Anto Tunggal

Ilmu Komputer dan Desain Grafis

August 07, 2017

Contoh Paragraf Deduktif, Induktif, dan Campuran

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan artikel tentang contoh paragraf deduktif, contoh paragraf induktif, dan contoh paragraf campuran. Seperti biasa, untuk melengkapi artikel ini akan saya sertakan juga pengertian paragraf deduktif, pengertian paragraf induktif, dan pengertian paragraf campuran. Semoga dengan adanya artikel ini akan memberikan penjelasan kepada Anda tentang pegertian dan contoh paragraf deduktif, induktif, dan campuran.

A. Pengertian Paragraf Deduktif

Paragraf deduktif adalah paragraf yang dimulai dengan menyatakan suatu permasalahan yang bersifat umum atau luas, kemudian diperoleh kesimpulan yang bersifat khusus. Pola paragraf deduktif ini adalah umum-khusus. Kalimat utama paragraf deduktif terletak para awal paragraf, kemudian diikuti dengan kalimat penjelas.

#Contoh Paragraf Deduktif

Berikut ini adalah beberapa contoh paragraf deduktif.

Contoh 1
Raditya Dika adalah seorang penulis buku yang sukses. Buku pertamanya adalah Kambing Jantan yang masuk dalam kategori best seller. Buku ini menceritakan tentang kehidupan Radit saat masih kuliah di Australia. Buku-buku karya Raditya Dika lainnya adalah Cinta Bronto Saurus, Radikus Makankakus, Babi Ngesot, Marmut Merah Jambu, dan Manusia Setengah Salmon. Sebelum menulis buku, Raditya menulis catatan hariannya di blog pribadinya. Keinginan itu muncul saat memenangi Indonesian Blog Award. Dari pengalaman itu, dia mencetak tulisan-tulisannya di blog kemudian menawarkannya ke beberapa penerbit. Meskipun awalnya banyak yang menolak, namun ketika dia ke Gagasmedia, naskah itu diterima walaupun harus presentasi dahulu. Raditya Dika sukses menjadi penulis dengan genre baru yang segar.

Contoh 2
Narkoba sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Namun walaupun begitu, masih banyak orang dari berbagai kalangan, mulai dari masyarakat hingga artis yang menggunakan narkoba. Narkoba berbahaya karena mempunyai efek ketagihan, bahkan lebih parah dari itu narkoba dapat menyebabkan detak jantung lebih cepat dari keadaan normal. Karena efek ketagihan, banyak pengguna narkoba yang overdisis dan tidak bisa menghindari kematian.

Contoh 3
Tikus merupakan hewan yang sangat merugikan, khususnya bagi para petani. Tikus dianggap sebagai musuh besar petani karena sering menyebabkan gagal panen. Berpuluh-puluh hektar sawah gagal panen karena tanamannya dimakan tikus. Tanaman yang sering gagal panen karena tikus adalah padi, singkong, dan petai cina. Bukan hanya itu, hewan ternak seperti ayam dan bebek pun ikut diserang tikus.

Bisa dilihat dari ketiga contoh paragraf deduktif di atas, semua kalimat utamanya terletak di awal paragraf.
Contoh Paragraf Deduktif, Induktif, dan Campuran

B. Pengertian Paragraf Induktif

Paragraf induktif adalah paragraf yang diawali dengan pengungkapan masalah-masalah yang bersifat khusus, kemudian diperoleh kesimpulan umum yang berisikan seluruh peristiwa sebelumnya.Pola paragraf ini adalah khusus-umum. Kalimat utama paragraf induktif terletak di akhir paragraf.

#Contoh Paragraf Induktif

Berikut ini adalah beberapa contoh paragraf induktif.

Contoh 1
Kini sangat banyak pengembangan-pengembangan kewirausahaan sejak dini, mulai dari pelajar hingga mahasiswa. Dengan semakin majunya teknologi informasi dan komunikasi tentu akan membantu kita untuk mengembangkan bisnis dengan lebih mudah. Banyak sekali pemuda yang merencanakan bisnis baru, dan ketika sudah ada modal mereka langsung beraksi. Kini minat pemuda untuk menjadi pengusaha meningkat sangat pesat.

Contoh 2
Rokok memiliki kandungan yang sangat berbahaya, salah satu contohnya adalah tar. Tar sangat memicu sel-sel kanker pada paru-paru dan akan berkembang sangat cepat. Beberapa penyakit yang disebabkan roko adalah asma, kanker paru-paru, dan bronkitis. Selain berbahaya bagi pengisapnya, rokok juga berbahaya untuk orang lain yang bukan merupakan perokok. Asap rokok yang terhisap oleh orang lain juga sangat berbahaya, bahkan lebih berbahaya daripada pengisap rokok itu sendiri. Kandungan rokok yang tidak kalah bahayanya adalah nikotin. Nikotin akan menyebabkan pengisapnya kecanduan sehingga akan susah untuk berhenti merokok. Maka dari itu, rokok sangatlah berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Contoh 3
Bintik kecil dan kemerahan di area mata bisa dicurigai sebagai gejala bintitan. Seorang yang terkena bintitan akan merasakan pegar di sekitar mata dan terasa gatal. Setelah beberapa hari, bintit tersebut akan membesar dan muncul nanah didalamnya. Semua gejala bintitan seperti itu baiknya segera dikonsultasikan ke dokter, meskipun hanya bintit kita tidak boleh menyepelekan penyakit.

Bisa dilihat dari ketiga contoh paragraf induktif di atas, semua kalimat utamanya terletak di akhir paragraf.

C. Pengertian Paragraf Campuran

Paragraf campuran adalah paragraf yang gagasan utamanya terletak pada kalimat pertama dan terakhir. Paragraf campuran berasal dari gabungan pola paragraf deduktif dan induktif. Paragraf campuran dimulai dengan mengemukakan kalimat utama dan diakhiri pula dengan kalimat utama.

#Contoh Paragraf Campuran

Berikut ini adalah beberapa contoh paragraf campuran.

Contoh 1
Saat ini, mencari pekerjaan sangatlah sulit. Hal ini dikarenakan minimnya junlah lapangan pekerjaan dibandingkan dengan jumlah pencari kerja. Jumlah orang yang mencari pekerjaan meningkat setiap tahunnya akibat bertambahnya jumlah penduduk. Sayangnya peningkatan jumlah penduduk ini tidak diimbangi dengan bertambahnya jumlah lapangan pekerjaan. Oleh karena itu, banyak sekali para pencari pekerjaan yang menjadi pengangguran.

Contoh 2
Indonesia adalah negara berkembangan yang sedang berusaha meningkatkan perekonomiannya. Berbagai macam kegiatan produksi gencar dilakukan, mulai dari sektor sandang, pangan, dan papan. Selain itu, proses distribusi merupakan sektor lain yang harus diperhatikan. Indonesia juga harus mengontrol sifat konsumtif warganya karena akan merugikan negara dalam jangka panjang. Dengan usaha yang dilakukan, diharapkan Indonesia berhasil membangkitkan perekonomiannya.

Contoh 3
Semua makhluk hidup memerlukan makan dan minum untuk kelangsungan hidupnya. Setiap jenis binatang bertahan hidup dengan berburu makanan yang tersedia di alam. Demikian pula dengan tumbuhan dan manusia. Jadi, binatang, tumbuhan, dan manusia memerlukan makanan dan minuman untuk kelangsungan hidupnya.

Bisa dilihat dari ketiga contoh paragraf campuran di atas, semua kalimat utamanya terletak di awal dan akhir paragraf.

Nah, itulah pengertian dan contoh paragraf deduktif, induktif, dan campuran. Semoga artikel singkat ini bisa bermanfaat untuk Anda semua.
Terima kasih.
Referensi artikel pada blog ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain dimana hak cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Rekomendasi Untuk Anda × +
0 Komentar untuk "Contoh Paragraf Deduktif, Induktif, dan Campuran"

Silahkan berkomentar

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top