Anto Tunggal

Ilmu Komputer dan Desain Grafis

August 19, 2017

10 Contoh Teks Paragraf Deskripsi Singkat dan Penjelasannya

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan artikel mengenai contoh teks deskripsi, seperti biasanya untuk melengkapi artikel ini akan saya sertakan juga penjelasan mengenai pengertian teks deskripsi, ciri-ciri teks deskripsi, struktur teks deskripsi, dan kaidah kebahasan teks deskripsi. Jika Anda pernah menemui sebuah teks yang menjelaskan tentang informasi secara lengkap, besar kemungkinan itu adalah teks deskripsi.

Pengertian Teks Deskripsi

Menurut KBBI, pengertian deskripsi adalah pemaparan atau penggambaran dengan kata-kata secara jelas dan terperinci. Jadi, bisa diartikan bahwa teks deskripsi merupakan sebuah paragraf yang gagasan utamanya disampaikan dengan cara menggambarkan atau memaparkan secara jelas dan terperinci sebuah objek, tempat, atau peristiwa yang sedang menjadi topik pembaca.

Teks deskripsi bertujuan agar orang yang membaca teks ini seakan-akan sedang merasakan secara langsung apa yang dijelaskan penulis dalam teks tersebut.

Ciri-Ciri Teks Deskripsi

Teks deskripsi juga memiliki ciri-ciri tersendiri untuk agar kita menjadi mudah dalam membedakannya dengan teks yang lain. Adapun ciri-ciri teks deskripsi adalah sebagau berikut:
  1. Teks deskripsi menggambarkan atau memaparkan sesuatu (objek, tempat, atau peristiwa).
  2. Teks deskripsi menggambarkan sesuatu dengan kata-kata secara jelas dan terperinci.
  3. Penggambaran dilakukan dengan melibatkan panca indera.
  4. Ketika pembaca membaca teks deskripsi, seakan-akan ikut mendengar, melihat, atau merasakan apa yang dideskripsikan.

Struktur Teks Deskripsi

Teks deskripsi mempunyai 3 struktur yaitu identifikasi, klasifikasi, dan deskripsi bagian. Untuk lebih lanjut silahkan simak penjelasan di bawah ini.
  1. Identifikasi : adalah penentu identitas seseorang, benda, atau semacamnya.
  2. Klasifikasi : adalah penyusun bersistem dalam kelompok menurut kaidah dan standar yang ditetapkan.
  3. Deskripsi Bagian : adalah bagian yang berisi tentang gambaran bagian dalam teks.

Kaidah Kebahasaan Teks Deskripsi

Adapun kaidah kebahasaan teks deskripsi adalah sebagai berikut:
  1. Menggunakan kata benda sesuai sesuai topik yang dideskripsikan, seperti rumah, sekolah, dan sebagainya.
  2. Menggunakan frasa yang mengandung kata benda, seperti Danang selalu mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.
  3. Mengandung kata sifat yang menggambarkan sebuah objek, seperti dua sepatu hitam.
  4. Mengandung kata kerja transitif untuk memberikan informasi subjek, seperti siswa itu mengenakan sepatu hitam.
  5. Mengandung kata kerja untuk mengungkapkan perasaan dan pendapat penulis dalam teks deskripsi, seperti saya tidak yakin dia akan berhasil.
  6. Mengandung kata keterangan untuk memberikan informasi tambahan tentang objek, seperti di rumah, di sekolah, dan sebagainya.
  7. Mengandung bahasa kiasan berupa perumpamaan, seperti wajahnya manis seperti gula.
Contoh Teks Paragraf Deskripsi Singkat

Contoh Teks Paragraf Deskripsi Singkat

Setelah mengetahui tentang penjelasan mengenai teks deskripsi, di bawah ini akan saya sajikan beberapa contoh teks deskripsi singkat yang semoga saja bermanfaat untuk Anda semua.

#Contoh Teks Deskripsi Tentang Sekolah

1. Sekolahku
Aku bersekolah di SMP N 1 Ngluwar. Sekolahku mempunyai suasana yang sangat nyaman dan sejuk karena memang terletak di pedesaan. Kebersihannya sangat terjaga, mulai dari gerbang masuk, halaman parkir, lapangan upacara, kelas, sampai kamar mandi semuanya bersih. Semua siswa sudah dididik disiplin untuk membuang sampah pada tempatnya sejak pertama masuk sekolah.

Fasilitas di sekolahku sudah sangat lengkap menurutku, ada perpustakaan, lab bahasa, lab komputer, dan masih banyak lagi. Kami selalu memanfaatkan fasilitas tersebut untuk menambah wawasan agar semakin luas. Kami selalu pergi ke perpustakaan saat istirahat tiba. Tidak jarang kalau mendapati buku yang menarik, kami akan meminjam dan membawanya pulang.

Dengan fasilitas dan kebersihannya yang terjaga, semua siswa merasa nyaman ketika kegiatan belajar. Selain itu, bapak ibu guru yang mengajar juga menyenangkan jadi akan menambah rasa nyaman dalam belajar. Ketika ada permasalahan, guru kami tidak akan marah karena masalah itu, namun guru kami akan membantu menyelesaikan permasalahan tersebut dengan pikiran yang tenang, jadi akan berasa seperti diskusi.

2. Kantin Bu Tar
Bu Tar adalah pemilik salah satu kantin di sekolahku. Sosok Bu Tar sangat digemari semua siswa karena sering bercanda saat memberikan pelayanan. Jadi wajar saja kalau kantin Bu Tar selalu ramai dikunjungi siswa berbagai kelas. Yang paling banyak ada di kantin Bu Tar adalah kelas IX, entah memang sudah turun temurun menjadi langganannya.

Kondisi kantin Bu Tar sangat sederhana. Namun walaupun sederhana, kebersihannya tetap terjaga. Makanannya juga enak, kalau pulang sampai sore para siswa sering membeli mie instan dan es teh untuk mengganjal rasa lapar agar tetap fokus ketika kegiatan les.

#Contoh Teks Deskripsi Tentang Hewan

1. Toby
Aku mempunyai kucing bernama Toby. Bulunya berwarna hitam dan putih, matanya hitam bulat, hidungnya pesek, serta ekornya yang halus panjang. Toby selalu tampil gagah karena ia memang jantan. Toby merupakan jenis kucing persia yang aku beli seharga Rp.500.000 saat usianya masih 5 bulan. Dan sekarang, usia Toby sudah hampir 1 tahun.

Toby sangat suka main di luar rumah, namun walaupun begitu ketika mau buang kotoran selalu masuk ke kandangnya. Toby memiliki tingkah laku yang lucu, jadi sering menjadi bahan tontonan para tetanggaku.

2. Hyuna
Hyuna merupakan seekor anjing peliharaan Edho Zell. Hyuna sangat disayangi oleh Edho, bahkan sudah dianggap sebagai keluarganya sendiri. Memang begitu, saya juga menganggap Toby kucing saya seperti keluarga sendiri.

Hyuna sering diajak jalan-jalan oleh Edho Zell, tidak tanggung-tanggung Edho juga sering mengajaknya suting video untuk diupload di YouTube. Dan sampai saat ini, Hyuna sudah ada di beberapa video bareng Edho Zell. Maka dari itu, Hyuna menjadi terkenal dan sudah banyak yang kenal Hyuna dari YouTube.

#Contoh Teks Deskripsi Tentang Alam

1. Keindahan Pantai Lampung
Lampung merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang letaknya di bagian paling timur Pulau Sumatera. Lampung memiliki wisata pantai yang sangat indah. Pantai di Lampung merupakan pantai wisata eksotis sehingga banyak para wisatawan yang berkunjung ke Lampung untuk menikmati keindahan pantainya. Saat ini, pemerintah dan masyarakan juga sedang mengadapkan promosi yang memungkinkan naiknya jumlah wisatawan setiap tahunnya.

Pantai yang terletak di Lampung sangat beraneka ragam, mulai pantai dengan ombak kecil hingga pantai dengan ombak besar. Bagi Anda para pecinta pemandangan, Anda bisa memilih pantai dengan ombak kecil untuk sekedar menikmati sambil bersantai bersama keluarga. Dan bagi Anda pecinta olahraga ekstrim seperti surfing, diving, dan snorkling, Anda akan menemukan wahana tersebut di pantai dengan ombak besar.

Selain pemandangan pantainya yang sangat indah, para pengunjung juga dapat menginap di pantai dengan menyewa tempat penginapan. Untuk harganya bervariasi, mulai dari Rp.300.000 sampai Rp.700.000 per malam.

2. Keindahan Gunung Merapi
Gunung Merapi merupakan gunung aktif yang terletak di Suroteleng, Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tentah. Ketinggian puncak gunung Merapi adalah 2930mdpl yang termasuk lumayan tinggi bagi para pendaki. Meskipun sangat berbahaya, namun tidak sedikit pendaki asal luar daerah yang menyempatkan naik gunung Merapi. Apalagi jika hari kemerdekaan Indonesia 17 Agustus pasti akan sangat membludak.

Untuk area tertinggi yang boleh didaki adalah Pasar Bubrah. Pasar bubrah merupakan area luas yang memiliki banyak batu baik besar maupun kecil, dan istimewanya di area pasar bubrah sama sekali tidak ada pohon. Jadi, ketika kita camp di pasar bubrah akan langsung berhadapan dengan puncak merapi.

Keindahan gunung Merapi akan sangat memanjakan mata. Ketika kita merenung, maka akan terasa bahwa ciptaan Tuhan memang begitu indah dan kita patut bersyukur atas apa yang telah diberikan.

#Contoh Teks Deskripsi Tentang Benda

1. Sepatu Kesayanganku
Aku mempunyai banyak sekali model sepatu, tapi hanya satu saja yang menjadi kesayangan dan favoritku yaitu sepatu berwarna hitam pekat. Aku menyukai sepatu ini karena nyaman dipakai dan warnanya cocok dengan warna apapun, jadi kemanapun aku pergi aku selalu memakai sepatu ini.

Sepatu ini adalah sepatu yang aku beli dengan uangku sendiri. Jadi itu merupakan salah satu alasan kepana akau sangat menyayangi sepatu ini. Aku selalu mengenakannya dengan hati-hati karena takut nanti akan cepat rusak.

2. Komputer Butut
Sejak kecil aku sudah suka bermain komputer. Sebenarnya komputer yang selalu aku pakai bukan punya pribadi, melainkan punya ayahku. Komputer itu sudah ada sejak ayah masih duduk di bangku kuliah dan hingga saat ini masih ada. Ayahku tidak pernah memiliki keinginan untuk ganti komputer baru, katanya karena komputer butut itu menyimpan banyak kenangan.

Karena ayahku sekarang sudah tidak terlalu sering menggunakan komputer itu, maka aku gunakan saja untuk sekadar bermain game dan terkadang juga mengerjakan tugas. Semakin lama aku semakin nyaman dengan komputer butut ini. Aku juga sama seperti ayah, tidak memiliki keinginan untuk ganti komputer karena menurutku komputer ini masih layak dipakai.

#Contoh Teks Deskripsi Tentang Rumah

1. Rumahku
Rumahku terletak di pedesaan, jadi suasananya cukup segar dan sejuk. Dinding rumahku berwarna hijau pupus dengan jendela dan pintu berwarna hitam. Lantai rumahku berwarna putih dengan motif batik berwarna coklat agar nyaman dipandang.

Untuk menambah keindahan rumahku, aku meletakkan bunga mawar dan melati di depan rumah. Ayahku juga menambahkan lampion untuk penerangan malam hari agar terlihat lebih indah.

Di dalam rumah, ayah menekankan agar keadaan selalu bersih dan rapi. Setiap hari aku selalu disuruh untuk membersihkan bagian ruang tamu. Barang-barang di ruang tamu selalu aku tata dengan rapi, agar ketika ada tamu yang datang akan merasa nyaman.

2. Rumahku Bersih
Kebersihan adalah sebagian dari iman, ayahku selalu mengingatkanku ketika ada bagian dari rumah yang kotor. Alat-alat kebersihan hampir lengkap, ada penyedot debu, sapu, alat pel lantai, dan sebagainya.

Kami para anggota keluarga memiliki tugas masing-masing, aku bertugas membersihkan ruang tamu, ibuku bertugas membersihkan dapur, ayahku membersihkan halaman rumah, dan adikku membersihkan kamar mandi. Khusus untuk kamar tidur, memang harus dibersihkan sendiri-sendiri. Ayahku memang sudah menyusun jadwal bersih-bersih. Setiap harinya jadwal tersebut ganti agar tidak bosan.

Nah, itulah contoh teks paragraf deskripsi yang bisa saya sajikan. Semoga artikel tentang contoh paragraf deskripsi singkat dan penjelasannya ini bisa bermanfaat untuk Anda semua.
Terima kasih.
Rekomendasi Untuk Anda × +
0 Komentar untuk "10 Contoh Teks Paragraf Deskripsi Singkat dan Penjelasannya"

Silahkan berkomentar

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top