Ukuran Lapangan Bola Voli Standar Nasional dan Internasional

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan artikel mengenai ukuran lapangan bola voli standar nasional dan internasional. Bola voli merupakan salah satu cabang olahraga yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia, baik itu yang ada di pedesaan maupun di perkotaan, semuanya familiar dengan bola voli. Permainan bola voli dimainkan oleh dua tim dengan masing-masing tim memiliki 6 pemain.

Di tempat Anda tinggal sekarang, mungkin masih banyak lapangan bola voli yang aktif digunakan setiap hari. Kalau zaman dahulu, setiap sore pasti ada permainan bola voli yang dimainkan untuk sekadar mengeluarkan keringat atau mencari hiburan. Karena dulu belum banyak GOR seperti sekarang, kebun pun bisa dijadikan sebagai lapangan voli dengan ukuran seadanya, tidak sesuai standar nasional maupun internasional.

Lalu, berapakah ukuran lapangan bola voli standar nasional dan standar nasional? Baiklah, bagi teman-teman yang belum mengetahui ukurannya, bisa baca artikel ini sampai selesai.

Ukuran Lapangan Bola Voli
Gambar : www.ukurandansatuan.com

Ukuran Lapangan Bola Voli

Ukuran lapangan bola voli yang ada saat ini terdiri dari 2 jenis, yaitu ukuran lapangan bola voli standar nasional dan ukuran lapangan bola voli standar internasional. Ukuran lapangan voli standar nasional merupakan ukuran yang ditetapkan oleh PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia). Sedangkan ukuran lapangan voli standar internasional merupakan ukuran yang ditetapkan oleh FIVB (Federation Internationale de VolleyBall).

Di bawah ini merupakan rincian standar ukuran lapangan bola voli:

Panjang lapangan : 18 meter.
Lebar lapangan : 9 meter.
Lebar garis serang : 3 meter.

Untuk ukuran Net dan Tiang bola voli adalah sebagai berikut:

Lebar net bola voli : 1 meter.
Tinggi net untuk putra : 2,43 meter.
Tinggi net untuk putri : 2,24 meter.
Tinggi antena pada net : 0,8 centimeter.
Tinggi tiang net : 2,55 meter.
Jarang tiang net dengan garis samping : 0,5 sampai 1 meter.
Pita tepian atas  : 5 centimeter.
Mata jala net : 10 centimeter.

Nah, itulah artikel mengenai ukuran lapangan bola voli standar nasional dan internasional. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda tentang olahraga bola voli.

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon