Contoh Surat Pembaca Tentang Lingkungan Sekolah

Diposting pada

Contoh Surat Pembaca Tentang Lingkungan Sekolah– Apa itu surat? Surat adalah sarana komunikassi suatu pihak kepada pihak lain untuk menyampaikan informasi agar pesan yang dimaksudkan oleh si pengirim dapat diberitahukan. Pada umumnya surat tersebut dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Salah satunya adalah surat pembaca.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan artikel mengenai contoh surat pembaca, surat pembaca yang akan saya tuliskan adalah surat pembaca tentang lingkungan sekolah. Untuk melengkapi artikel ini akan saya tuliskan pula mengenai pengertian surat pembaca, tujuan surat pembaca, manfaat surat pembaca, dan ciri-ciri surat pembaca.

Surat pembaca adalah surat ditulis oleh pembaca dan dimuat di surat kabar, koran, majalah, tabloid, dan sejenisnya yang isinya berupa keluhan, kritik, saran, pertanyaan, ajakan, dan lain-lain. Surat pembaca ini ditujukan kepada lembaga non komersil, kantor, sekolah, perusahaan, pemerintah, organisasi, baik perorangan maupun kelompok.

Contoh Surat Pembaca Tentang Lingkungan Sekolah

Apa fungsi surat pembaca? Surat pembaca secara umum berguna untuk membantu memperoleh jawaban untuk pengirim surat tersebut. Isi dari surat pembaca yang dikirimkan ini berbentuk keluhan, pertanyaan dan sebagainya demi memperoleh tanggapan atau pertanyaan.

Adanya surat pembaca tentu memiliki manfaat dan tujuan. Berikut ini adalah beberapa manfaat dan tujuan surat pembaca bagi pihak penerbit maupun pihak pembaca. Adapun beberapa manfaat dan tujuan surat pembaca untuk penerbit yaitu meliputi:

  1. Pihak penerbit akan lebih tahu apa yang dibutuhkan oleh pelanggan pembacanya.
  2. Sebagai media komunikasi antara penerbit, pengembang, serta pembaca atas artikel yang terkandung dalam majalah atau surat kabar yang bersangkutan.

Manfaat dan Tujuan Surat Pembaca untuk Pembaca

  1. Sebagai media untuk mengemukakan pendapat yang masuk atas majalah atau surat kabar kepada penerbit atau pengembang.
  2. Sebagai informasi bagi pembaca untuk mengetahui gambaran secara umum atas majalah atau surat kabar yang bersangkutan.

Ciri-Ciri Surat Pembaca

Selain manfaat surat di atas, adapula beberapa ciri ciri surat dari pembaca. Adapun ciri-ciri dari surat pembaca adalah sebagai berikut:

  1. Adanya pokok permasalahan yang dibahas.
  2. Adanya data dan nama pembuat surat.
  3. Adanya data tentang kepada siapa surat ditujukan.
  4. Adanya alasan yang meyakinkan yang diambil dari fakta.
  5. Adanya unsur yang biasa ditemui dalam dunia pembaca yaitu 5W+1H.
  6. Ditulis dengan bahasa yang sopan dan mudah dipahami.
Contoh Surat Pembaca Tentang Lingkungan Sekolah
Contoh Surat Pembaca

Contoh Surat Pembaca Tentang Lingkungan Sekolah

Nah, setelah mengetahui sedikit penjelasan tentang surat pembaca, di bawah ini adalah beberapa contoh surat pembaca tentang lingkungan sekolah.

Surat Pembaca Tentang Lingkungan Sekolah (Kritik)

“Fasilitas Kamar Mandi yang Tidak Memadai”
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Yth. Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 1 Salam

Saya selaku wali murid dari siswa SMK Muhammadiyah merasa kecewa dengan kondisi kamar mandi yang ada. Setiap kali datang rapat dan pergi ke kamar mandi siswa, terkadang memakai kamar mandi dengan fasilitas yang tidak lengkap, seperti misal gayung yang tidak ada, ataupun keran air yang tidak mengalir.

Baca Juga  Tenis Meja (Pengertian, Sejarah, Teknik Dasar, Ukuran Lapangan)

Pernah sekali mencoba masuk kamar mandi guru, ternyata fasilitasnya lengkap, bahkan ada kaca, sabun tangan, dan sisir. Nah, mungkin ini menandakan para siswa yang belum bisa menjaga fasilitas kamar mandi yang telah disediakan.

Sering juga melihat posisi gayung berada di lantai, keran tetap mengalir meskipun bak sudah penuh. Mungkin memang para siswanya yang memerlukan sedikit peringatan dan peraturan agar bisa menjaga kamar mandi agar tetap bersih dan tidak bau, serta menjaga fasilitas kamar mandi agar tetap utuh.

Demikian surat pembaca yang bisa saya sampaikan, semoga segera ditindak lanjuti mengenai masalah fasilitas kamar mandi yang tidak memadai. Terima kasih.
Wassalamu’alaiukum Wr. Wb.

Wali Murid Siswa SMK Muhammadiyah 1 Salam
Subagyo

Surat Pembaca Tentang Lingkungan Sekolah (Saran)

“Perayaan Ulang Tahun Sekolah dengan Sedekah”
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Yth. Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 1 Salam
Tiga bulan lagi SMK Muhammadiyah 1 Salam akan mengadakan ulang tahun yang ke-47. Menurut saya, sekolah perlu mencoba merayakan ulang tahun dengan cara yang berbeda dari biasanya. Sebab, beberapa tahun terakhir, kegiatan ulang tahun selalu diisi dengan acara pentas seni dan musik.

Saya memiliki saran agar sekolah mengadakan acara bakti sosial ke panti asuhan sebagai bentuk perayaan ulang tahun. Mengingat jumlah murid SMK Muhammadiyah 1 Salam sekitar 500 orang, lebih baik jika acara berlangsung di beberapa panti asuhan.

Tiap beberapa kelas mengunjungi 1 panti asuhan, sehingga semua murid dapat mempunyai pengalaman langsung bertemu dengan anak-anak panti asuhan. Di panti asuhan, murid menyelenggarakan acara makan bersama dan games sederhana untuk menghibur anak-anak yang ada. Tak lupa do’a bersama untuk mendo’alkan kebaikan sekolah sekaligus berdo’a agar murid kelas XI dilancarkan saat melaksanakan Ujian Nasional.

Demikian saran yang bisa saya utarakan terkait inovasi acara ulang tahun sekolah. Semoga dapat menjadi bahan pertimbangan pada rapat rutin kepala sekolah dan OSIS selanjutnya.
Terima kasih.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Murid Kelas XI TKJ B
Agus Dwi Aryanto

Itulah sedikit contoh surat pembaca tentang lingkungan sekolah. Mungkin masih banyak sekali kekurangan dari contoh tersebut. Jadi saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekeliruan dalam contoh di atas.

Mungkin hanya ini saja artikel contoh surat pembaca tentang lingkungan sekolah yang dapat saya sampaikan. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.