6 Contoh Teks Narasi Singkat Pendek Terbaru

Diposting pada

6 Contoh Teks Narasi Singkat Pendek Terbaru – Teks narasi merupakan sebuah karya tulis yang identik dengan karangan baik itu berdasarkan fakta maupun tidak. Teks ini dapat dengan mudah kita temukan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah tingkat SMP hingga SMA. Contoh teks narasi sendiri juga tidak sulit untuk didapatkan mengingat teks narasi adalah sebuah karangan. Teks narasi sendiri juga sering diartikan sebagai sebuah cerita karena didalamnya memuat serangkaian kejadian mulai dari awal cerita hingga menuju klimaks. Sebenarnya, tanpa disadari kita sering membaca contoh teks narasi ini baik dengan tema pendidikan, petualangan, pengalaman dan lain sebagainya. Hanya saja kita tidak menyadarinya karena contoh teks narasi memiliki ciri ciri yang hampir sama dengan teks lainnya.

Jika kita menyukai pelajaran bahasa indonesia di sekolah tentunya tidak akan asing dengan penggunaan teks narasi mengingat teks ini menjadi bagian dari kurikulum 2013 (K13) dan selalu muncul dalam setiap ujian. Dalam menganalisa dan membedakan contoh teks narasi dengan teks lainnya tidaklah sulit karena teks narasi memiliki ciri ciri dan struktur teks yang berbeda dengan teks lain.

6 Contoh Teks Narasi Singkat Pendek Terbaru
Contoh teks narasi singkat

Namun faktanya masih terdapat banyak orang yang merasa kebingungan dalam mengenali ataupun mendapatkan informasi dalam contoh teks narasi singkat sekalipun. Untuk membantu anda mengatasi masalah tersebut, dalam artikel kali ini kita akan belajar lebih dalam tentang apa itu teks narasi lengkap dengan ciri ciri struktur dan contoh teks narasi itu sendiri.

6 Contoh Teks Narasi Singkat Pendek Terbaru

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan artikel tentang contoh teks narasi pendek. Seperti biasa, untuk melengkapi artikel ini akan saya bahas pula mengenai pengertian teks narasi, ciri-ciri teks narasi, dan jenis teks narasi. Mungkin di antara Anda ada yang belum mengetahui materi teks narasi, maka dari itu silahkan bisa baca artikel ini sampai selesai.

Pengertian Teks Narasi

Sebelum kita membahas berbagai contoh teks narasi, ada baiknya kita juga mengetahui pengertian teks narasi itu sendiri. Secara umum, teks narasi adalah sebuah teks yang menceritakan suatu peristiwa kejadian dan disusun secara kronologis sesuai dengan urutan waktu pada kejadian tersebut. Pada umumnya, teks narasi menceritakan tentang kisah-kisah dan cerita karangan, baik fiktif maupun non fiktif.

Contoh teks narasi sering dijumpai dalam berbagai karta tulis seperti novel, cerpen, atau biografi sekalipun. Penggunaan teks narasi dalam sebuah paragraf dapat diidentifikasi dengan melihat beberapa faktor, khususnya alur cerita. Teks narasi memiliki alur cerita yang terkesan seperti kronologis, suatu kejadian yang disusun secara berurutan dengan gaya basa layaknya bercerita.

Ciri Ciri Teks Narasi

Sama halnya seperti teks jenis lain, teks narasi juga memiliki ciri ciri khusus dan berbeda dari yang lainnya. Dengan memperhatikan beberapa ciri ciri dibawah ini tentu anda akan dengan mudah mengidentifikasi apakah yang anda baca adalah contoh teks narasi ataupun tidak. Adapun ciri-ciri dari teks narasi adalah sebagai berikut:

  1. Teks narasi berisi tentang cerita, kisah, dan peristiwa tertentu yang dibentuk dari beberapa paragraf dengan gaya bahasa naratif.
  2. Cerita yang disampaikan memiliki kronologi yang jelas, mulai dari awal sampai akhir.
  3. Terdapat suatu peristiwa maupun konflik.
  4. Memiliki unsur-unsur pembentuk berupa tema, latar, setting, karakter, dan unsur lainnya.

Jenis Jenis Teks Narasi

Teks narasi merupakan sebuah karya tulis yang kompleks. Kita bisa membagi teks narasi menjadi narasi ekspositoris dan narasi sugestif. masing masing contoh teks narasi ekspositorif dan sugestif tentunya mempunyai maksud dan arti yang berbeda beda. Untuk mengetahui lebih lanjut, silahkan simak penjelasan di bawah ini.

Narasi Ekspositoris
Adalah jenis teks narasi yang ceritanya disampaikan secara informatif dan jelas sehingga pembacanya dapat memahami dan mengerti apa yang terjadi dalam cerita. Paragraf ini bertujuan untuk memperluas pengetahuan para pembacanya mengenai suatu cerita yang ditulis berdasarkan kejadian yang sebenarnya. Pada umumnya, contoh teks narasi ekspositoris akan menceritakan kisah kehidupan seseorang dari awal hidup sampai mati.

Narasi Sugestif
Adalah jenis teks narasi yang menyuguhkan sebuah cerita dengan maksud meyakinkan pembaca dan juga memberikan sebuah sugesti mengenai suatu hal. Sehingga para pembaca dan pendengar seolah-olah dapat melihat dan mengetahui maksudnya. Jadi jika anda sedang membaca sebuah cerita yang intinya adalah memberikan ajakan atau bujukan, mungkin saja itu adalah contoh teks narasi sugestif.

Contoh Teks Narasi Singkat

Setelah membahas tentang penjelasan singkat mengenai teks narasi diatas, maka tibalah saatnya kita mempelajari contoh teks narasi baik ekspositoris maupun sugestif. Sebenarnya terdapat banyak sekali contoh narasi yang dapat kita pelajari dan kita ambil, namun dibawah ini adalah beberapa narasi terbaik sesuai dengan kategori ekspositoris dan sugestif yang telah saya rangkum

Contoh Teks Narasi Ekspositoris
“Perjuangan Ir. Soekarno”
Presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno mendirikan Partai Nasional Indonesia (PNI) pada tanggal 4 Juli 1927. Partai ini didirikan oleh Soekarno dengan tujuan Indonesia bisa segera merdeka. Namun kenyatannya, pada tanggal 29 Desember 1929 beliau malah dimasukkan ke penjara Sukamiskin oleh Belanda di Bandung sampai 31 Desember 1931.

Beliau dibebaskan kemudian bergabung dengan Partindo. Namun untuk yang kedua kalinya, Ir. Soekarno kembali ditangkap dan dibuang ke Ende, Flores pada tahun 1933. Kemudian dipindahkan ke Bengkulu.

Setelah melalui perjuangan yang cukup panjang, Ir. Soekarno bersama Bung Hatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.

Selain contoh teks narasi ekspositoris singkat diatas, masih terdapat contoh narasi yang dapat anda pelajari dengan tema yang hampir sama. Judul narasi ini adalah perjuangan rakyat surabaya yang mengisahkan tentang perjuangan rakyat semasa perang melawan penjajah. Langsung saja silahkan simak contoh teks narasi singkat dibawah ini.

Perjuangan Rakyat Surabaya”
Pada tanggal 10 November, rakyat Surabaya melakukan perlawanan untuk mengusir pada penjajah Belanda dari tanah air Indonesia. Perang ini berawal dari kemarahan tentara Inggris akibat terbunuhnya Jenderal Mallaby, pemimpin besar Inggris.

Akhirnya, ultimatum tentara Inggris dikeluarkan dan ditujukan kepada seluruh pejuang Indonesia agar segera menyerah. Bukannya menyerah, pejuang tanah air malah membentuk misili-misili perjuangan untuk menghadapi kebengisan tentara Inggris.

Ketika mengetahui bahwa ultimatumnya ditolak mentah-mentah, tentara Inggris dan sekutunya marah besar. Hingga pada 10 November pagi mereka melancarkan serangan besar-besaran melalui jalur laut, jalur darat, bahkan jalur udara dengan menggerakkan setidaknya 32.000 infantri dan artileri, pesawat terbang, kapal perang, hingga tank.

Perang yang melanda Surabaya pada waktu itu memang sangat mengerikan. Pembunuhan terjadi dimana-mana. Aksi saling bunuh tidak bisa terhindarkan, pihak tentara Inggris memerangi dan membunuh pasukan pejuang tanah air, begitu pula sebaliknya. Pengeboman juga terjadi dengan target pangkalan dan tempat persembunyian para tentara tanah air.

Perlawanan selama tiga hari oleh tentara Inggris akhirnya sia-sia. Para pejuang tanah air berhasil mempertahankan kota Surabaya, hal ini disebabkan oleh munculnya pemuda bernama Bung Tomo. Pada saat itu, Bung Tomo dengan gagah berpidato dan membangkitkan semangat para pejuang tanah air.

Setelah tiga minggu, Surabaya kembali mendapat serangan dari musuh. Dan akhirnya, Surabaya berhasil ditaklukkan dan dikuasai oleh tentara Inggris. Namun, dengan takluknya kota Surabaya menjadikan semangat seluruh pejuang tanah air bangkit untuk mengusir penjajah dari Indonesia.

Selain contoh teks narasi yang menceritakan tentang kepahlawanan, saya juga masih menyimpan satu lagi contoh narasi singkat yang berjudul mimpiku. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak cerita narasi dibawah ini.

“Mimpiku”
Aku berjalan menuju halaman rumah yang sunyi. Aku terus berjalan hingga kota sunyi, sampai kutemukan patung sepeda yang ada di tengah taman. Kulihat ada seorang gadis kecil yang mengintipku dari balik rerimbun daun.

Aku mengejarnya hingga gadis itu berhenti di salah satu sudut taman. Kami berpandang-pandangan satu sama lain, tanpa sadar gadis itu tiba-tiba menghilang, benar-benar menghilang. Kesana-kemari aku mencoba mencarinya. Belum sempat aku menemukannya, jam weker cukup mengejutkanku. Kulihat cahaya matahari sudah menerobos masuk ke jendela kamarku.

Contoh Teks Narasi Sugestif
“Ketulusan Cinta”
Aku tersenyum sambil melangkahkan kaki. Angin dingin menerpa, membuat tulang-tulang di sekujur tubuhku bergemeretak. Kumasukkan kedua telapak tangan ke saku jaket, mencoba memerangi rasa dingin yang begitu menyiksa.

Wangi kayu cadar yang terbakar di perapian menyambutku ketika Eliza membukakan pintu. Wangi yang kelak akan kurindui ketika aku pulang ke tanah air. Tapi, wajah ayu dihadapanku akankah kurindui juga?

Ada yang berdegub keras dalam dada, namun kuusahakan untuk menepisnya. Seakan-akan hatiku berkata, jangan biarkan hatimu terbagi, ingatlah Ratri, dia tengah menunggu kepulanganmu dengan segenap cintanya.

“Hari Minggu”
Hari Minggu adalah hari paling melelahkan bagiku. Tidak seperti remaja yang lain, yang menghabiskan waktunya untuk bersantai dan pergi jalan-jalan bersama temannya. Semua waktu seperti itu tidak kumiliki.

Setiap pukul 5 pagi, aku harus bangun dan membantu ibuku untuk memasak. Setelah itu aku harus menemani adikku bermain sampai mereka tidur. Jadi hampir tidak ada waktu bagiku untuk bersenang-senang di hari minggu.

“Ujian Tanpa Belajar”
Saat ini Agus sedang duduk terdiam menatap soal matematika. Ia terpaku dan terdiam karena tidak bisa mengerjakan soal-soal itu. Dalam hati ia sangat menyesal karena semalam ia menghabiskan waktu hanya untuk bermain game, bukan belajar.

Tak ada satu pun soal yang berhasil dipecahkan olehnya, msekipun seluruh kemampuan otaknya sudah dikerahkan. Terlintas dalam pikirannya untuk bertanya pada teman sampingnya. Namun rasa takut telah merayapi perasaannya, mengingat pengawas mengamati seluruh penjuru kelas dengan begitu tegas.

Terimakasih telah membaca artikel teks narasi yang telah saya berikan diatas. Sebenarnya kita bisa mencari contoh teks narasi di berbagai media baik cetak maupun online, akan tetapi, itulah artikel mengenai contoh teks narasi singkat pendek beserta penjelasan pengertian teks narasi, ciri-ciri teks narasi, dan jenis teks narasi terbaru. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *