Cara Agar Laptop Tidak Cepat Panas

Tags
Pada umumnya, laptop memiliki desain yang slim dengan berat yang tidak seberapa. Semakin slim body laptop, biasanya akan semakin ringan pula. Namun, di balik desain yang dimiliki laptop, ada salah satu masalah yang sering menghantui para penggunanya, yaitu laptop cepat panas. Banyak sekali pengguna laptop yang mengeluh ketika laptopnya panas, karena memang sangat mengganggu dan mengurangi kenyamanan.

Panas yang timbul pada laptop memang termasuk kondisi yang wajar, karena setiap laptop dihidupkan, perangkat keras akan bekerja dan pasti menghasilkan panas. Kemudian, kipas laptop akan bekerja mendinginkan perangkat keras yang panas, terutama processor. Namun, terkadang kinerja kipas tidak sebanding dengan panas yang dihasilkan laptop. Jadi seringkali, laptop mengalami restart sendiri, hang, lemot, bahkan overbeat.

Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sedikit tips agar laptop tidak cepat panas. Saya sendiri merupakan pengguna laptop (karena tidak punya komputer), dan alhamdulillah panas yang dihasilkan laptop tidak pernah membuat saya merasa teranggu, karena menurut saya memang masih wajar saja panasnya.

Cara Agar Laptop Tidak Cepat Panas

Bagi laptop Anda yang sering mengalami masalah ini, tidak ada salahnya untuk membaca tips-tips yang akan saya berikan berikut ini:

1. Letakkan Laptop di Tempat Datar

Ini sering dilakukan oleh kebanyakan pengguna laptop. Karena ingin menggunakan laptop sambil tiduran, seringkali pengguna meletakkan laptop di atas kasur. Lah, emang kenapa kalau ditelakkan di atas kasur? Begini, ketika laptop diletakkan di atas kasur atau tempat yang tidak datar, biasanya ventilasi akan tertutup. Ventilasi ini sangat berguna untuk mengeluarkan panas dari komponen laptop. Jadi ketika laptop ditelakkan di tempat yang empuk, maka laju udara panas akan terhambat dan menyebabkan laptop cepat panas.

2. Bersihkan Kipas dan Ganti Pasta

Kipas merupakan salah satu komponen yang membantu mendinginkan laptop. Kondisi kipas seringkali tidak diperhatikan oleh pengunanya. Mungkin karena letaknya di dalam jadi malas untuk mengecek. Semakin lama kipas dibiarkan, maka akan semakin banyak pula debu yang menempel pada kipas. Dan tentu, ini akan menyebabkan kinerja kipas menurun dan laptop menjadi cepat panas.

Selain membersihkan kipas, dalam waktu bersamaan Anda juga bisa mengganti pasta processor laptop. Ini juga penting, salah satu penyebab laptop cepat panas adalah pasta processor kering. Secara, processor adalah komponen laptop yang paling cepat panas. Jadi ketika thermal pasta sudah kering, processor akan menjadi cepat panas dan pasti merambat ke seluruh komponen laptop.

3. Gunakan Kipas External

Selain menggunakan kipas internal yang ada di dalam laptop, kita juga bisa menghambat panas laptop menggunakan kipas external. Kipas external lumayan membantu proses pendinginan processor jadi laptop tidak cepat panas. Kalau menurut saya pribadi, malah lebih efektif kipas angin yang besar daripada kipas external ini. Cuma menurut saya loh, karena saya malah sering pake kipas angin besar.

4. Gunakan Laptop Sesuai Kebutuhan

Penggunaan laptop dalam jangka waktu lama tentu menyebabkan laptop cepat panas. Ini terjadi karena komponen laptop bekerja terus tanpa henti. Jika memang pekerjaan Anda harus menggunakan laptop, paling tidak diamkan selama beberapa menit agar komponen laptop bisa beristirahat dan biarkan komponen laptop dingin terlebih dahulu.

5. Kurangi Jumlah Aplikasi yang Dibuka

Membuka aplikasi secara bersamaan (multitasking) memang dapat menyebabkan laptop cepat panas. Jadi, ketika sekiranya ada aplikasi yang terbuka namun tidak digunakan, alangkah baiknya ditutup saja untuk menghindari laptop cepat panas. Karena ketika Anda melakukan multitasking, komponen laptop akan bekerja lebih extra dan pasti akan cepat panas.

Nah, itulah sedikit tips agar laptop tidak cepat panas. Sebenarnya masih sangat banyak tips-tips lainnya, namun dari saya cukup sekian. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.
Terima kasih.

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon