Contoh Diferensiasi Sosial dalam Kehidupan Masyarakat

Diposting pada

Contoh Diferensiasi Sosial dalam Kehidupan MasyarakatDiferensiasi sosial adalah klasifikasi atau penggolongan masyarakat berdasarkan perbedaan-perbedaan tertentu tanpa menimbulkan adanya tingkatan-tingkatan. Diferensiasi sosial ditandai denan adanya perbedaan berdasarkan ciri-ciri seperti ciri fisik diferensiasi (kulit, rambut, bentuk hidung), ciri sosial diferensiasi (perbedaan peranan, prestise, kekuasaan), dan ciri budaya diferensiasi (religi, sistem kekeluargaan, keuletan, ketangguhan.

Mengapa terjadi diferensiasi sosial? Pertanyaan pertanyaan seperti ini memang sering kali diucapkan oleh beberapa orang. Yang perlu anda tahu bahwa terjadinya diferensiasi sosial dikarenakan adanya perbedaan antara seorang kelompok atau individu secara fisik maupun biologis. Keberadaannya sejak awal memang sudah dibedakan dengan cara melalui keturunannya.

Contoh Diferensiasi Sosial dalam Kehidupan Masyarakat
Diferensiasi Sosial dalam Masyarakat

Dalam lingkup masyarakat pasti terdapat penerapan diferensiasi sosial, baik disengaja ataupun tidak. Lantas apa saja contoh diferensiasi sosial dalam masyarakat itu? Pada kesempatan kali ini, saya akan menuliskan mengenai contoh diferensiasi sosial dalam kehidupan masyarakat. Semoga dengan adanya artikel ini wawasan kita mengenai contoh diferensiasi bisa bertambah.

Contoh Diferensiasi Sosial dalam Kehidupan Masyarakat

Seperti yang kita tahu bahwa menusia tidak ada yang memiliki persamaan secara persis. Kita banyak menemukan berbagai perbedaan diantara mereka seperti agama, usia, profesi, budaya, ras dan sebagainya. Perbedaan inilah yang dinamakan dengan diferensiasi sosial. Sebenarnya kata diferensiasi ini asalnya dari kata Bahasa Inggris yaitu “Different” berarti berbeda.

Disisi lain adapula konflik yang dapat dipicu oleh adanya diferensiasi dan stratifikasi sosial. Selain itu kedua hal ini juga memiliki dampak lainnya yaitu terjadinya kesenjangan sosial. Lantas apa itu konflik sosial? Konflik sosial adalah sebuah tindakan yang terjadi diantara dua kelompok atau individu untuk saling berusaha menyingkirkan satu sama lain.

Dalam pembahasan kali ini saya akan membagikan beberapa contoh diferensiasi sosial. Adapun beberapa contoh diferensiasi sosial dalam kehidupan masyarakat dapat anda lihat dibawah ini. Silahkan simak penjelasan berikut ini.

Diferensiasi Sosial dalam Perbedaan Ras dan Etnis

Menurut beberapa ahli, ras adalah suatu kelompok manusia yang dapat dibedakan dari kelompok lain karena ada beberapa karakteristik fisik atau lahiriah seperti warna kulit, bentuk muka, warna dan bentuk rambut. Seperti contoh ras mongoloid, negroid, ataupun kaukasoid.

Bangsa Indonesia yang majemuk terbagi atas kelompok-kelompok etnis, agama, status sosial dalam bentuk diferensiasi sosial yang merupakan pembagian sosial secara horizontal. Keanekaragaman bangsa Indonesia tumbuh dan berkembang sesuai lingkungan mereka berada. Keanekaragaman tersebut berdasar penggolongan budaya yang disebut etnis.

Diferensiasi Sosial dalam Perbedaan Agama

Agama adalah institusi penting yang mengatur kehidupan manusia. Istilah agama yang dikenal di masyarakat adalah terjemahan dari kata religion yang mempunyai arti mengikat.  Menurut Emanuel Kant, agama adalah perasaan berkewajiban melaksanakan perintah Tuhan. Agama tidak terbatas perasaan, akan tetapi juga ibadah dan amaliah. Menurut Emile Burnaof, agama adalah amaliah akal manusia yang mengakui adanya kekuatan Yang Maha Tinggi dan amaliah hati manusia yang memohon rahmat dan kekuatan.

Baca Juga  Contoh Teks Eksemplum beserta Strukturnya

Di dunia ini, terdapat banyak agama antara lain Islam, Katholik, Protestan, Budha, dan Hindu. Perbedaan dalam agama dapat dilihat dari cara beribadat dan kitab suci yang dimiliki sebagai pokok-pokok ajaran yang bersumber pada Tuhan Yang Maha Esa.

Diferensiasi Sosial dalam Perbedaan Suku Bangsa

Penduduk di Indonesia terdiri atas berbagai macam suku bangsa dengan kebudayaan yang berbeda-beda antara suku yang satu dengan suku yang lain. Kebudayaan yang dimiliki oleh setiap suku bangsa sebagai ciri dari suku bangsa yang bersangkutan, terutama ciri sosial seperti bahasa, sistem politik, struktur masyarakat, dan lain sebagainya.

Baca juga: Pengertian Diferensiasi Sosial, Bentuk, dan Contohnya

Warga masyarakat dari salah satu suku bangsa apabila berada di luar daerahnya, dalam keadaan tertentu cenderung mewujudkan rasa setia kawan atau solidaritas dengan sesama. Misal, di Jakarta, Yogyakarta, atau kota-kota besar lainnya, identitas setiap suku bangsa cenderung tidak tampak, namun ketika mereka berkumpul dan berbincang-bincang, akan tampak jelas karena biasanya setiap suku bangsa memiliki logat bicara yang berbeda.

Diferensiasi Sosial dalam Perbedaan Jenis Kelamin

Jenis kelamin adalah salah satu kategori yang didapatkan manusia sejak lahir. Jenis kelamin juga merupakan salah satu unsur pembeda dalam diferensiasi sosial. Di berbagai kehidupan, perbedaan jenis kelamin bukanlah halangan untuk melakukan sebuah pekerjaan. Seperti contoh, saat ini sudah banyak wanita yang bekerja di bidang pekerjaan yang dulunya hanya dilakukan oleh laki-laki.

Diferensiasi Sosial dalam Perbedaan Profesi

Setiap orang memiliki profesi yang pada umumnya didapat dan disesuaikan dengan latar belakang pendidikan, keterampilan, dan keahlian. Perbedaan profesi akan berhubungan dengan sumber pendapatan yang dihasilkan. Kewajiban yang dijalankan oleh orang yang berprofesi juga berbeda-beda, begitu pula cara dan sumber pendapatan sebagai hak yang diterima.

Sebagai contoh diferensi sosial dalam perbedaan profesi adalah, penghasilan seorang dokter tentu tidak akan sama dengan penghasilan seorang kuli panggul. Semua pekerjaan mungkin berbeda jenisnya, namun kita harus melihat manusianya, karena semua manusia sama-sama makhluk Tuhan.

Nah, itulah artikel mengenai contoh diferensiasi sosial dalam kehidupan manusia. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua mengenai diferensiasi sosial dalam kehidupan masyarakat. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.