November 11, 2017

Contoh Diferensiasi Sosial dalam Kehidupan Masyarakat

Diferensiasi sosial adalah klasifikasi atau penggolongan masyarakat berdasarkan perbedaan-perbedaan tertentu tanpa menimbulkan adanya tingkatan-tingkatan. Diferensiasi sosial ditandai denan adanya perbedaan berdasarkan ciri-ciri seperti ciri fisik diferensiasi (kulit, rambut, bentuk hidung), ciri sosial diferensiasi (perbedaan peranan, prestise, kekuasaan), dan ciri budaya diferensiasi (religi, sistem kekeluargaan, keuletan, ketangguhan.

Pada kesempatan kali ini, saya akan menuliskan mengenai contoh diferensiasi sosial dalam kehidupan masyarakat. Semoga dengan adanya artikel ini wawasan kita mengenai contoh diferensiasi bisa bertambah.
Contoh Diferensiasi Sosial dalam Kehidupan Masyarakat

Contoh Diferensiasi Sosial dalam Kehidupan Masyarakat

Berikut ini akan saya berikan beberapa contoh diferensiasi sosial dalam kehidupan masyarakat. Silahkan simak penjelasan di bawah ini.

1. Diferensiasi Sosial dalam Perbedaan Ras dan Etnis

Menurut beberapa ahli, ras adalah suatu kelompok manusia yang dapat dibedakan dari kelompok lain karena ada beberapa karakteristik fisik atau lahiriah seperti warna kulit, bentuk muka, warna dan bentuk rambut. Seperti contoh ras mongoloid, negroid, ataupun kaukasoid.

Bangsa Indonesia yang majemuk terbagi atas kelompok-kelompok etnis, agama, status sosial dalam bentuk diferensiasi sosial yang merupakan pembagian sosial secara horizontal. Keanekaragaman bangsa Indonesia tumbuh dan berkembang sesuai lingkungan mereka berada. Keanekaragaman tersebut berdasar penggolongan budaya yang disebut etnis.

2. Diferensiasi Sosial dalam Perbedaan Agama

Agama adalah institusi penting yang mengatur kehidupan manusia. Istilah agama yang dikenal di masyarakat adalah terjemahan dari kata religion yang mempunyai arti mengikat.  Menurut Emanuel Kant, agama adalah perasaan berkewajiban melaksanakan perintah Tuhan. Agama tidak terbatas perasaan, akan tetapi juga ibadah dan amaliah. Menurut Emile Burnaof, agama adalah amaliah akal manusia yang mengakui adanya kekuatan Yang Maha Tinggi dan amaliah hati manusia yang memohon rahmat dan kekuatan.

Di dunia ini, terdapat banyak agama antara lain Islam, Katholik, Protestan, Budha, dan Hindu. Perbedaan dalam agama dapat dilihat dari cara beribadat dan kitab suci yang dimiliki sebagai pokok-pokok ajaran yang bersumber pada Tuhan Yang Maha Esa.

3. Diferensiasi Sosial dalam Perbedaan Suku Bangsa

Penduduk di Indonesia terdiri atas berbagai macam suku bangsa dengan kebudayaan yang berbeda-beda antara suku yang satu dengan suku yang lain. Kebudayaan yang dimiliki oleh setiap suku bangsa sebagai ciri dari suku bangsa yang bersangkutan, terutama ciri sosial seperti bahasa, sistem politik, struktur masyarakat, dan lain sebagainya.

Warga masyarakat dari salah satu suku bangsa apabila berada di luar daerahnya, dalam keadaan tertentu cenderung mewujudkan rasa setia kawan atau solidaritas dengan sesama. Misal, di Jakarta, Yogyakarta, atau kota-kota besar lainnya, identitas setiap suku bangsa cenderung tidak tampak, namun ketika mereka berkumpul dan berbincang-bincang, akan tampak jelas karena biasanya setiap suku bangsa memiliki logat bicara yang berbeda.

4. Diferensiasi Sosial dalam Perbedaan Jenis Kelamin

Jenis kelamin adalah salah satu kategori yang didapatkan manusia sejak lahir. Jenis kelamin juga merupakan salah satu unsur pembeda dalam diferensiasi sosial. Di berbagai kehidupan, perbedaan jenis kelamin bukanlah halangan untuk melakukan sebuah pekerjaan. Seperti contoh, saat ini sudah banyak wanita yang bekerja di bidang pekerjaan yang dulunya hanya dilakukan oleh laki-laki.

5. Diferensiasi Sosial dalam Perbedaan Profesi

Setiap orang memiliki profesi yang pada umumnya didapat dan disesuaikan dengan latar belakang pendidikan, keterampilan, dan keahlian. Perbedaan profesi akan berhubungan dengan sumber pendapatan yang dihasilkan. Kewajiban yang dijalankan oleh orang yang berprofesi juga berbeda-beda, begitu pula cara dan sumber pendapatan sebagai hak yang diterima.

Sebagai contoh diferensi sosial dalam perbedaan profesi adalah, penghasilan seorang dokter tentu tidak akan sama dengan penghasilan seorang kuli panggul. Semua pekerjaan mungkin berbeda jenisnya, namun kita harus melihat manusianya, karena semua manusia sama-sama makhluk Tuhan.

Nah, itulah artikel mengenai contoh diferensiasi sosial dalam kehidupan manusia. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua mengenai diferensiasi sosial dalam kehidupan masyarakat.
Terima kasih.

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon