November 10, 2017

Contoh Karya Seni Rupa 2 Dimensi dan Penjelasannya

Karya seni rupa 2 dimensi adalah karya seni rupa yang bentuknya memiliki ukuran panjang dan lebar, sehingga karya seni rupa 2 dimensi hanya bisa dinikmati dari satu sisi saja, yaitu depan. Karya seni rupa 2 dimensi tidak memiliki volume atau ruang karena tidak memiliki volume atau ruang. Lain halnya dengan karya seni rupa 3 dimensi yang memiliki volume dan ruang sehingga bisa dinikmati dari berbagai sisi.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai contoh karya seni rupa 2 dimensi dan penjelasannya. Semoga dengan adanya artikel ini, kita sebagai penikmat seni rupa menjadi bertambah wawasan mengenai contoh karya seni rupa 2 dimensi.
Contoh Karya Seni Rupa 2 Dimensi dan Penjelasannya

Contoh Seni Rupa 2 Dimensi

Berikut ini adalah contoh-contoh karya seni rupa 2, penjelasan, beserta contoh dari karya seni tersebut. Mungkin di antara kita ada yang pernah menjumpai karya seni rupa 2 dimensi seperti di bawah ini.

1. Gambar
Bentuk gambar lebih cenderung menekankan unsur garis, bentuk, dan aspek kegunaan, tanpa adanya ekspresi. Seperti contoh gambar ilustrasi, desain, dekorasi, arsitektur, atau yang lainnya.

Contoh Seni Rupa 2 Dimensi Gambar

2. Lukisan
Lukisan adalah gambar dengan komposisi dan nilai subjektif yang mengungkapkan bentuk objektif melalui ekspresi dan kreatifitas.

Contoh Seni Rupa 2 Dimensi Lukisan

3. Sketsa
Sketsa adalah garis sederhana yang dibuat secara spontan namun mengandung makna. Artinya, sketsa yang dibuat memiliki fungsi dan tujuan yang jelas. Sketsa bisa berupa rencana lukisan atau lukisan yang bergaya sketsa.

Contoh Seni Rupa 2 Dimensi Sketsa

4. Siluet
Siluet adalah gambar hitam atau bayangan sebuah objek seperti manusia, hewan, tumbuhan dengan atau tanpa modifikasi.

Contoh Seni Rupa 2 Dimensi Siluet

5. Vinyet (Vignet)
Vinyet adalah gambar dekoratif yang memiliki maksud tidak jelas. Vinyet merupakan kreasi improvosatif pengisian halaman kosong.

Contoh Seni Rupa 2 Dimensi vinyet

6. Kartun
Kartun adalah gambar yang telah dibuah bentuknya dari bentuk aslinya sehingga memiliki kesan lucu.

Contoh Seni Rupa 2 Dimensi Kartun

7. Poster
Poster adalah jenis reklame dalam bentuk lembaran kertas yang berisi tulisan dengan dukungan gambar yang dibuat semenarik mungkin. Hal ini dilakukan agar bisa menarik perhatian orang, karena biasanya poster ditempelkan di tempat yang umum dan ramai orang.

Contoh Seni Rupa 2 Dimensi Poster

8. Grafiti
Grafiti adalah coret-coretan pada dinding, kayu, atau beton dengan menggunakan komposisi garis, volume, bentuk, dan warna untuk menuliskan kata atau simbol tertentu denan cat semprot atau biasa disebut pilox.

Contoh Seni Rupa 2 Dimensi Grafiti

9. Kalirafi
Kaligrafi adalah seni tulis indah dengan mengubah gaya huruf dan tulisan sehingga terlihat menarik namun tetap tidak boleh mengubah makna dari tulisan aslinya.

Contoh Seni Rupa 2 Dimensi Kaligrafi

10. Fotografi
Fotografi adalah seni grafis yang proses pembuatannya menggunakan kamera, ragam seni grafis ini termasuk seni rupa modern.

Contoh Seni Rupa 2 Dimensi Fotografi

Nah, mungkin hanya ini yang bisa saya tuliskan mengenai contoh karya seni rupa 2 dimensi dan penjelasannya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita mengenai contoh karya seni rupa 2 dimensi dan penjelasannya.
Terima kasih.

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon