Contoh Karya Seni Rupa 2 Dimensi dan Penjelasannya

Diposting pada

Contoh Karya Seni Rupa 2 Dimensi dan Penjelasannya – Karya seni rupa 2 dimensi adalah karya seni yang bentuknya memiliki ukuran panjang dan lebar, sehingga karya seni rupa dua dimensi hanya bisa dinikmati dari satu sisi saja, yaitu depan. Karya seni rupa 2 dimensi tidak memiliki volume atau ruang dan hanya bersifat datar saja. Lain halnya dengan karya seni rupa 3 dimensi yang memiliki volume dan ruang sehingga bisa dinikmati dari berbagai sisi.

Contoh Karya Seni Rupa 2 Dimensi dan Penjelasannya
Contoh seni rupa 2 dimensi

Jika kita telusuri secara seksama, terdapat banyak sekali contoh karya seni rupa 2 dimensi yang dibuat oleh seniman seniman terkemuka. Terlebih lagi jika kita masih duduk di bangku sekolah, dengan mudah kita bisa menemukan contoh seni rupa dua dimensi ini di buku LKS. Namun apakah ada contoh nyata dalam konteks kehidupan sehari hari?

Tentu saja ada, sebenarnya kita sering melihat contoh karya seni rupa 2 dimensi ini. Hanya saja, kita tidak menyadarinya dan cenderung acuh. Karena itulah kita akan mempelajari berbagai contoh seni rupa dua dimensi yang dapat ditemukan dalam kehidupan sehari hari.

Contoh Karya Seni Rupa 2 Dimensi dan Penjelasannya

Seperti yang telah kita ketahui bahwa seni rupa dua dimensi berbeda dengan seni rupa tiga dimensi. Perbedaan ini dapat ditinjau dari segi pengertian, ciri ciri maupun contohnya. Lantas apa yang dimaksud seni rupa dua dimensi itu? Seni rupa dua dimensi merupakan karya seni rupa yang mempunyai dua batas sisi yakni sisi lebar dan sisi panjang. Dari pengertian ini kita dapat mengetahui unsur unsur seni rupa dua dimensi yang berupa garis, warna, tekstur, titik, bidang, bentuk dan warna.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai contoh karya seni rupa 2 dimensi dan penjelasannya. Semoga dengan adanya artikel ini, kita sebagai penikmat seni rupa menjadi bertambah wawasan mengenai contoh karya seni rupa 2 dimensi.

Baca juga: Cara Memperkecil Ukuran File PDF Kurang Dari 200 KB

Berikut ini adalah contoh karya seni rupa 2 dimensi, penjelasan, beserta contoh dari karya seni rupa dua dimensi tersebut. Mungkin di antara kita ada yang pernah menjumpai karya seni rupa 2 dimensi seperti di bawah ini.

Gambar

Bentuk gambar lebih cenderung menekankan unsur garis, bentuk, dan aspek kegunaan, tanpa adanya ekspresi. Seperti contoh gambar ilustrasi, desain, dekorasi, arsitektur, atau yang lainnya. Penggunaan gambar dalam kehidupan sehari hari sangat mudah untuk ditemui. Secara umum, gambar merupakan salah satu contoh karya seni rupa 2 dimensi yang mudah untuk kita temukan.

Contoh Karya Seni Rupa 2 Dimensi dan Penjelasannya
Contoh Gambar Karya 2 Dimensi 

Seni Rupa Lukisan

Lukisan adalah gambar dengan komposisi dan nilai subjektif yang mengungkapkan bentuk objektif melalui ekspresi dan kreatifitas. Lukisan juga merupakan salah satu karya seni yang banyak diminati karena nilai artistiknya.

Pelukis yang membuat seni rupa dua dimensi berupa lukisan biasa disebut seniman. Terdapat berbagai seniman terkemuka dan terkenal di dunia ini yang telah menciptakan berbagai maha karya dalam bidang seni rupa 2 dimensi. Seperti contoh picasso, davinci, dan lain sebagainya.

Contoh Karya Seni Rupa 2 Dimensi dan Penjelasannya
Contoh Lukisan Karya 2 Dimensi

Sketsa

Sketsa adalah garis sederhana yang dibuat secara spontan namun mengandung makna. Artinya, sketsa yang dibuat memiliki fungsi dan tujuan yang jelas. Sketsa bisa berupa rencana lukisan atau lukisan yang bergaya sketsa.

Meskipun hanya terbuat dari kumpulan garis, namun sketsa diklaim menjadi salah satu contoh karya seni rupa 2 dimensi yang artistik. Tanpa diberi warna sekalipun sketsa bisa membuat orang yang melihatnya menjadi terpukau.

Contoh Karya Seni Rupa 2 Dimensi dan Penjelasannya
Contoh Sketsa Karya 2 Dimensi

Siluet

Siluet adalah gambar hitam atau bayangan sebuah objek seperti manusia, hewan, tumbuhan dengan atau tanpa modifikasi. Siluet sendiri sudah diperkenalkan sejak jaman dahulu dan menjadi karya seni rupa 2 dimensi yang populer di awal tahun 2000an.

Hingga sekarang ini, siluet banyak digunakan sebagai hadiah untuk orang orang tercinta. Karena teknik pembuatan yang tidak terlalu rumit siluet juga mulai dipelajari oleh seniman pemula. Bagaimana, apakah anda juga tertarik untuk belajar membuat siluet?

Contoh Karya Seni Rupa 2 Dimensi dan Penjelasannya
Contoh Siluet Karya 2 Dimensi

Vinyet (Vignet)

Vinyet adalah gambar dekoratif yang memiliki maksud tidak jelas. Vinyet merupakan kreasi improvosatif pengisian halaman kosong. Umumnya vinyet atau vignet ini berhubungan dengan imajinasi dari sang seniman. Dalam kehidupan nyata, vinyet sangat sulit ditemui sebagai contoh seni rupa 2 dimensi.

Contoh Karya Seni Rupa 2 Dimensi dan Penjelasannya
Contoh Vinyet Karya 2 Dimensi

Kartun

Kartun adalah gambar yang telah diubah bentuknya dari bentuk aslinya sehingga memiliki kesan lucu. Singkatnya kartun merupakan seni rupa 2 dimensi yang bertolak belakang dengan sifat asli dari objek gambar.

Contoh Karya Seni Rupa 2 Dimensi dan Penjelasannya
Contoh Kartun Karya 2 Dimensi

Poster

Poster adalah jenis reklame dalam bentuk lembaran kertas yang berisi tulisan dengan dukungan gambar yang dibuat semenarik mungkin. Hal ini dilakukan agar bisa menarik perhatian orang, karena biasanya poster ditempelkan di tempat yang umum dan ramai orang.

Contoh Karya Seni Rupa 2 Dimensi dan Penjelasannya
Contoh Poster Karya 2 Dimensi

Grafiti

Grafiti adalah coret-coretan pada dinding, kayu, atau beton dengan menggunakan komposisi garis, volume, bentuk, dan warna untuk menuliskan kata atau simbol tertentu denan cat semprot atau biasa disebut pilox.

Contoh Karya Seni Rupa 2 Dimensi dan Penjelasannya
Contoh Grafiti Karya 2 Dimensi

Kaligrafi

Kaligrafi adalah seni tulis indah dengan mengubah gaya huruf dan tulisan sehingga terlihat menarik namun tetap tidak boleh mengubah makna dari tulisan aslinya. Umumnya kaligrafi akan mengambil ayat suci Al-Qur’an sebagai obyek gambar. Ini merupakan salah satu contoh karya seni rupa 2 dimensi modern.

Contoh Karya Seni Rupa 2 Dimensi dan Penjelasannya
Contoh Kaligrafi Karya 2 Dimensi

Fotografi

Fotografi adalah seni grafis yang proses pembuatannya menggunakan kamera, ragam seni grafis ini termasuk seni rupa modern. Tentunya kita sering melihat berbagai hasil fotografi sebagai contoh karya seni rupa 2 dimensi modern.

Bahkan kebanyakan orang selalu mengabadikan momen berharganya melalui foto. Secara tidak langsung mereka sudah menciptakan karya seni rupa dua dimensi. Namun untuk menjadikan foto tersebut menjadi karya seni yang bernilai jual tinggi sangatlah sulit. Kita memerlukan skill fotografi yang mumpuni dan dikombinasi dengan berbagai teknik fotografi.

Contoh Karya Seni Rupa 2 Dimensi dan Penjelasannya
Hasil Fotografi

Nah, mungkin hanya ini yang bisa saya tuliskan mengenai contoh karya seni rupa 2 dimensi dan penjelasannya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita mengenai contoh karya seni rupa 2 dimensi dan penjelasannya. Terima kasih.

Baca Juga  Seni Kriya (Pengertian, Fungsi, Jenis Jenis dan Contoh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.