November 12, 2017

Jenis Pengalamatan IP Address IPv6

Tags
Selamat datang teman-teman TKJ semuanya, pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan artikel mengenai jenis pengalamatan IP Address IPv6. Teman-teman pasti sudah tau dong kalau tipe IP Address itu ada 2 yaitu IPv4 dan IPv6. Dari kedua tipe itu, IPv4 adalah IP yang sering dipakai untuk memberi pengalamatan pada piranti jaringan. Karena yang paling sering dipakai adalah IPv4, mungkin masih banyak yang belum tahu IPv6.

Pengalamatan pada IPv4 hanya ada satu namun masih dibagi menjadi 5 kelas yaitu kelas A, B, C, D, dan E. Dari kelima kelas tersebut, hanya kelas A, B, dan C saja yang dapat digunakan karena kelas D digunakan untuk multicasting sedangkan kelas E digunakan untuk eksperiment.
Jenis Pengalamatan IP Address IPv6

Jenis Pengalamatan IP Address IPv6

IPv6 tidak mengenal sistem kelas seperti IPv4. IPv6 menyediakan 3 tipe kelas yaitu Unicast, Anycast, dan Multicast. Berikut ini adalah penjelasan dari tipe pengalamatan IPv6.

1. Unicast

Pengalamatan unicast sama halnya dengan IPv4 yaitu menggunakan beberapa kumpulan alamat dengan bit continue yang sama seperti alamat subnet serta class-less Interdomain Routing atau CIDR. Berikut ini adalah beberapa tipe pengalamatan unicast pada IPv6:
  • Alamat Link Local : adalah alamat yang digunakan dalam satu link yaitu jaringan local yang sama-sama tersambung dalam satu level.
  • Alamat Site Local : adalah alamat yang digunakan terbatas dalam satu site hingga terbatas pemakaiannya hanya di dalam satu site hingga tidak bisa digunakan untuk mengirimkan alamat di luar site ini.
  • Alamat Global : adalah alamat yang digunakan untuk semisal seperti yang digunakan untuk ISP (Internet Service Provider).

2. Anycast

Pengalamatan anycast dipakai untuk mengantar packet ke salah satu anggota dari anycast yang paling dekat. Jadi, satu alamat anycast dipakai oleh sebagian interface serta tiap-tiap paket anycast akan terkirim ke interface anggota yan paling dekat. Jenis pengalamatan pada anycast hampir sama dengan jenis unicast. Hanya saja, satu alamat anycast dipakai oleh lebih dari 1 host. Berikut ini adalah persyaratan khusus dari pengalaman anycast.
  • Satu alamat anycast tidak bisa dipakai menjadi alamat sumber dari satu packet IPv6.
  • Satu alamat anycast tidak bisa dipakai menjadi alamat interface pada router.

3. Multicast

Alamat multicast IPv6 dipakai untuk identitas satu grup node. Jika salah satu packet dikirim ke alamat multicast, maka packet itu akan diterima oleh seluruh node anggota dari grup itu. Satu node bisa menjadi anggota banyak grup multicast.

Nah, itulah artikel mengenai jenis pengalamanat IP Address IPv6. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.
Terima kasih.

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon