November 07, 2017

Pembahasan Kitab-Kitab Allah dan Penjelasannya

Pada kesempatan kali ini, yang akan kita bahas adalah kitab-kitab Allah dan penjelasannya. Kitab yang diturunkan oleh Allah SWT berjumlah 4 yaitu Taurat, Zabur, Injil, dan Al-Qur'an. Sebagai umat Islam, kita wajib percaya dan mengimani keempat kitab tersebut bahwa pernah diturunkan oleh Allah kepada para Nabi dan Rasulnya.

1. Kitab Taurat

Kitab Taurat merupakan tulisan berbahasa Ibrani yang berisikan syariat (hukum) dan kepercayaan yang benar. Kitab Taurat diturunkan oleh Allah kepada Nabi Musa. Isi pokok kitab Taurat adalah 10 Firman Allah bagi bangsa Israel. Selain itu, Taurat berisi tentang sejarah Nabi-Nabi terdahulu hingga Nabi Musa dan kumpulah hukum.
Kitab-Kitab Allah dan Penjelasannya

Di bawah ini merupakan 10 Firman Allah yang diterima oleh Nabi Musa dalam kitab Taurat:
  1. Hormati dan cintai Allah saja
  2. Sebutkan nama Allah dengan hormat
  3. Kuduskan hari Tuhan (hari ke-7 atau hari Sabtu)
  4. Hormati Ibu dan Bapakmu
  5. Jangan membunuh
  6. Jangan berbuat cabul
  7. Jangan mencuri
  8. Jangan berdusta
  9. Jangan ingin berbuat cabul
  10. Jangan ingin memiliki barang orang lain dengan cara yang tidak halal

2. Kitab Zabur

Kitab Taurat merupakan tulisan berbahasa Qibti yang berisikan mazmur (nyanian pujian bagi Allah). Kitab Taurat diturunkan oleh Allah kepada Nabi Daud. Kitab Zabur tidak mengamdung syariat karena Nabi Daud diperintahkan untuk meneruskan syariat yang telah dibawa oleh Nabi Musa.

Di bawah ini merupakan nyanyian rohani dalam garis besar yang disenandungkan Nabi Musa dalam kitab Zabur:
  1. Nyanyian untuk memuji Tuhan
  2. Nyanyian perorangan sebagai tanda syukur
  3. Ratapan-ratapan jamaah
  4. Ratapan do'a dan individu
  5. Nyanyian untuk raja

3. Kitab Injil

Kitab Injil pertama ditulis menggunakan bahasa Suryani melalui murid-murid Nabi Isa untuk bangsa Israel sebagai penggenap ajaran Nabi Musa. Kata Injil berasal dari bahasa Yunani yaitu Euangelion yang berarti Kabar Gembira. 

Kitab Injil tidak mempunyai pembahasan sistematis tentang satu tema atau tema tertentu, meskipun dalam kitab Injil banyak membahas hal kerajaan Surga. Selain itu, kitab Injil juga menjelaskan bahwa akan ada di akhir zaman, lahir Nabi terakhir dan penutup para Nabi dan Rasul yaitu Ahmad atau Nabi Muhammad SAW.

4. Kitab Al-Qur'an

Kitab Al-Qur'an diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril secara berangsur-angsur. Waktu turun Al-Qur'an kurang lebih 23 tahun, atau lebih tepatnya 22 tahun, 2 bulan, 22 hari. Al-Qur'an terdiri dari 30 Juz, 114 Surat, 6.236 Ayat, 74.437 Kalimat, dan 325.345 Huruf.

Al-Qur'an yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW menghapus sebagian syariat yang ada pada kitab terdahulu dan melengkapinya dengan tuntunan yang sesuai dengan perkembangan zaman. Wahyu pertama yang turun adalah Surah Al-Alaq ayat 1-5 yang diturunkan pada 17 Ramadhan tahun 610 Masehi di Gua Hira.

Nah, itulah artikel mengenai kitab-kitab Allah dan Penjelasannya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Mohon, jika ada kesalahan dalam penjelasan harap segera lapor melalui kolom komentar.
Terima kasih.

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon