November 12, 2017

Macam-Macam Sistem Operasi Desktop yang Banyak Digunakan

Tags
Sistem operasi adalah sebuah program yang berfungsi untuk mengendalikan seluruh fungsi pada komputer, baik itu perangkat lunak maupun perangkat lunak. Sistem operasi juga berfungsi untuk memanajemen perangkat keras, pengelolaan file, manajemen interaksi user, dan juga manahemen aplikasi. Sistem operasi terbaru saat ini juga sudah dilengkapi dengan kemampuan multi user, multi tasking, multi processing, dan multi threading.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan artikel mengenai macam-macam sistem operasi desktop yang ada dan banyak digunakan. Semoga dengan adanya artikel ini, wawasan kita mengenai sistem operasi desktop menjadi bertambah.

Macam-Macam Sistem Operasi Desktop

Macam-Macam Sistem Operasi Desktop

Sistem operasi memiliki karakteristik mampu mendukung penggunaan oleh satu user dan mampu melakukan berbagi file dan folder dalam jaringan kecil dengan keamanan minimal. Sistem operasi desktop yang saat ini banyak digunakan adalah Windows, Mac Os, dan Linux. Berikut ini adalah penjelasan dari ketiga sistem operasi tersebut.

1. Windows

Windows adalah sistem operasi yang paling populer dan banyak digunakan di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Windows dikembangkan oleh perusahaan Microsoft dengan pendirinya yaitu Bill Gates. Versi pertama Windows adalah Windows 1.01 yang dirilis pada tahun 1985. Dan sistem operasi Windows yang paling terbaru saat ini adalah Windows 10.

Microsoft merupakan sebuah perusahaan besar paling sukses yang bergerak di bidang pengembangan sistem operasi. Sudah banyak versi Windows yang sukses dan populer di antaranya Windows XP, Windows 7, Windows 8, dan Windows 10. Menurut saya pribadi, Windows 7 merupakan versi paling stabil.

Saya yakin, kebanyakan dari Anda semua pertama menggunakan komputer atau laptop, sistem operasi yang dipakai perangkat tersebut adalah Windows. Ya memang wajar saja, mungkin ini disebabkan karena Windows sangat user friendly dan mudah digunakan oleh orang awam sekalipun.

2. Mac Os atau Macintosh

Mac OS atau Apple adalah sistem operasi yang sama-sama populer dengan Windows. Mac OS dikembangkan oleh perusahaan Apple. Apple Inc didirikan pada tanggal 1 April 1976 dan diinkonporasikan pada 3 Januari 1977 dengan nama Apple Computer Inc. Kemudian pada tanggal 9 Januari 2007, kata Computer dihapus sehingga menjadi Apple Inc lagi.

Desain Apple Mac OS sangat ramah dan user friendly, sama halnya dengan Windows. Mac OS menjadi pilihan sistem operasi terbaik selain Windows, namun kebanyakan para pengguna Mac OS adalah orang yang banyak uang karena memang harganya yang tidak bisa dibilang murah.

3. Linux

Linux adalah sistem operasi open source yang diperkenalkan pada akhir tahun 1960-an dan merupakan salah satu sistem operasi tertua. Kode program sistem operasi Linux dibuka (open source) sehingga dapat dikembangkan atau diadopsi oleh berbagai perusahaan. Linux dikembangkan pertama kali oleh Linus Torvalds. untuk versi 0.0.01 dirilis pada tahun 1961.

Dari sistem operasi Linux, masih sangat banyak turunan-turunannya karena banyak yang mengembangkannya. Beberapa contoh turunan Linux (distro) adalah Debian, Redhat, Ubuntu, Backtrack, Arch Linux, dan masih banyak lainnya. Kelebihan utama dari Linux menurut saya adalah Gratis, ya sistem operasi Linux memang gratis.

Nah, itulah artikel mengenai macam-macam sistem operasi desktop yang banyak digunakan. Dari sistem operasi di atas, mana yang pernah Anda gunakan? Kalau saya pribadi baru menggunakan Windows dan Linux saja, untuk Mac OS mungkin menyusul.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua mengenai macam-macam sistem operasi desktop yang banyak digunakan.
Terima kasih.

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon